Doa Mengusap Wajah Setelah Salam

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Kincaimedia – Pada saat kita bermohon kepada Allah, kita disunnahkan untuk mengangkat kedua tangan kita. Juga disunnahkan untuk mengusap wajah dengan kedua tangan kita setelah selesai berdoa. Nah berikut angan mengusap wajah setelah salam.

Ini berasas sabda riwayat nan berasal dari Sayidina Umar, dia berkata;

كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا مَدَّ يَدَيْهِ فِي اَلدُّعَاءِ, لَمْ يَرُدَّهُمَا حَتَّى يَمْسَحَ بِهِمَا وَجْهَهُ

Rasulullah Saw membentangkan tangannya ketika berdoa, beliau tidak menurunkannya sampai beliau mengusap kedua tangan tersebut ke wajahnya.

Begitu juga disunnahkan mengusap wajah tangan kanan kita setelah salam dalam shalat. Hal ini tak lain lantaran prinsip shalat adalah bermohon kepada Allah. Adapun angan saat mengusap wajah setelah salam, sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Azkar, adalah sebagai berikut;

أَشْهَدُ أَنْ لَا إلهَ إلَّا هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيْمُ اَللَّهُمَّ اذْهَبْ عَنِّي الْهَمَّ وَالْحَزَنَ

Asyhadu alla ilaha illa huwar rohmanur rahim. Allohummazhab ‘annil hamma wal hazana.

Saya bersaksi tiada Tuhan selain Dia Zat nan maha Pengasih dan penyayang. Ya Allah, hilangkan dariku kebingungan dan kesusahan.

Mengusap wajah dengan kedua tangan setelah salam merupakan corak rasa syukur atas nikmat nan telah Allah SWT berikan. Saat sujud dalam sholat, doa-doa nan dipanjatkan telah dikabulkan Allah SWT. Mengusap wajah dengan tangan nan telah dimohonkan kepada Allah SWT melambangkan penerimaan atas rahmat dan keberkahan-Nya.

Selain itu, mengusap wajah setelah salam juga merupakan corak penghormatan kepada Allah SWT. Dengan mengusap wajah, seakan-akan kita sedang membasuh air mata penyesalan atas dosa dan kelalaian nan telah dilakukan. Hal ini menunjukkan ketulusan hati dan kemauan untuk selalu berbenah diri menjadi hamba nan lebih baik.

Manfaat lain dari mengusap wajah setelah salam adalah untuk mendatangkan ketenangan dan ketentraman jiwa. Usapan tangan nan lembut di wajah dapat membantu merilekskan otot-otot wajah dan pikiran, sehingga membikin kita merasa lebih tenang dan damai.

Oleh lantaran itu, marilah kita biasakan diri untuk mengusap wajah setelah salam dalam sholat. Amalan sunnah ini mudah dilakukan namun mempunyai makna dan faedah nan besar bagi diri kita sebagai umat muslim.

Selengkapnya
Sumber Bincang Syariah
Bincang Syariah