Doa Minta Hujan Ketika Terjadi Kekeringan

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Kincaimedia – Saat musim tandus panjang melanda dan kekeringan terjadi, umat Islam diajarkan untuk memanjatkan angan minta hujan kepada Allah SWT. Doa ini merupakan corak ikhtiar dan tawakal kepada Allah atas segala hal, termasuk memohon rahmat berupa turunnya hujan. 

Kekeringan merupakan salah satu bencana bagi kehidupan manusia, juga makhluk hidup nan lain. Karena itu, jika kekering sudah mulai menyapa, maka kita kudu memperbanyak taubat dan memohon maaf kepada Allah, seraya bermohon agar segera diturunkan air hujan. Berikut adalah angan minta hujan ketika terjadi kekeringan;

اَللَّهُمَّ اَنْتَ اللهُ لَاإِلَهَ إِلاَّ اَنْتَ اْلغَنِيُّ وَنَحْنُ اْلفُقَرَاءُ ، أَنْزِلْ عَلَيْنَا اْلغَيْثَ ، وَاجْعَلْ مَا اَنْزَلْتَ لَنَا قُوَّةً وَبَلاَغاً إِلَى حِيْنٍ

Allohumma antallahu la ilaha illa antal ghaniyyu wa nahnul fuqoro-u anzil ‘alainal ghaitsa waj’al ma anzalta lana quwwatan wa balaghan ila hinin.

Ya Allah, Engkau adalah Allah, tiada Tuhan melainkan Engkau nan Maha Kaya dan kami sangat butuh, turunkan atas kami hujan dan jadikan apa Engkau turunkan sebagai kekuatan bagi kami dan bekal sampai masa nan ditetapkan.

Musim tandus panjang membawa kekeringan nan mendera, tanah retak, tanaman merana, dan keresahan di hati masyarakat. Di tengah situasi ini, angan menjadi tumpuan angan dan pengingat bakal kuasa Allah SWT.

Langkah pertama adalah dengan beristigfar dan bertaubat kepada Allah SWT. Kekeringan bisa jadi merupakan teguran atas dosa dan kelalaian manusia. Oleh lantaran itu, memohon pembebasan dan memohon agar Allah SWT kembali melimpahkan rahmat-Nya menjadi langkah awal nan tepat.

Perlu diingat bahwa Allah SWT adalah Dzat nan Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Dia bakal mendengarkan angan hamba-Nya nan memohon dengan penuh ketulusan. Oleh lantaran itu, janganlah putus asa dalam memohon hujan kepada Allah SWT. Teruslah bermohon dengan penuh kepercayaan dan optimisme, niscaya Allah SWT bakal mengabulkan angan tersebut.

Sejatinya, yakinlah bahwa Allah SWT Maha Mendengar dan Maha Pengasih. Doa nan dipanjatkan dengan penuh kepercayaan dan hati nan bersih, insyaallah bakal dikabulkan. Hujan nan turun membawa berkah dan kesuburan, menjadi tanda kasih sayang Allah SWT kepada hamba-Nya.

Selengkapnya
Sumber Bincang Syariah
Bincang Syariah