El Salvador Cuan Besar Dari Bitcoin, Ini Jumlah Total Keseluruhannya!

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Kincaimedia – El Salvador negara nan berkawasan di Amerika Tengah nan dipimpin oleh Presiden Nayib Bukele, sekarang mengalami untung besar atas hasil dari kebijakannya.

Hal ini, lantaran di pasar mata uang digital telah terlihat lonjakan besar dalam Bitcoin (BTC), dan negara tersebut telah mempunyai jumlah aset berbobot lebih dari US$ 200 juta. Ini berkah inisiatif-inisiatif baru dan strategi beli nan pandai dari pemerintahnya.

Seperti diketahui, keputusan Nayib Bukele untuk menetapkan Bitcoin sebagai perangkat pembayaran sah pada September 2021 lampau rupanya sangat berfaedah bagi negara ini. Meskipun dulu sempat banyak pihak nan ragu, namun El Salvador mulai membeli Bitcoin.

Kripto utama pertama kali dibeli oleh El-Salvador sebanyak 200 koin saat nilai Bitcoin sekitar US$ 51.769. Namun, ketika nilai Bitcoin turun tajam, hingga mencapai US$ 16.000, disitulah strategi Bukele diuji.

Alhasil, strategi pembelian ini membuktikan nilainya ketika nilai Bitcoin melonjak ke rekor tertinggi baru di atas US$ 72.000 pada 11 Maret 2024 lalu. Pendekatan pemerintah El Salvador dalam membeli Bitcoin rata-rata nilai dolar telah menghasilkan untung besar, sekitar US$ 85 juta.

Total aset mata uang digital milik El Salvdaro, ialah sekitar 2.861 BTC, menunjukkan komitmen El Salvador terhadap mata duit digital. 

“Ada beragam sumber pendapatan Bitcoin, termasuk program paspor, konversi Bitcoin ke dolar AS untuk upaya lokal, aktivitas penambangan, dan jasa pemerintah,” ungkap Nayib Bukele, seperti dilansir dari website cointelegraph.com.

Kebijakan progresif ini tidak terbatas pada Bitcoin saja. El Salvador juga memberikan kebangsaan sigap kepada orang asing nan menyumbang Bitcoin untuk program-program pemerintah. Sebagai informasi, negara ini juga telah meluncurkan mining pool Bitcoin pertamanya.

Kemandirian finansial potensial El Salvador tergantung pada jalur Bitcoin, dengan venture capitalist Tim Draper mengusulkan bahwa penilaian Bitcoin sebesar $100,000 bisa memungkinkan negara itu untuk melunasi pinjaman nan terhutang kepada Dana Moneter Internasional (IMF).

Kendati demikian, Bukele juga baru saja memenangkan pemilihan kembali sebagai presiden, dan mengesampingkan kritik bahwa langkah-langkahnya dalam Bitcoin bisa berisiko.

Disclaimer: Semua konten nan diterbitkan di website Cryptoharian.com ditujukan sarana informatif. Seluruh tulisan nan telah tayang di Kincaimedia bukan nasihat investasi alias saran trading.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada mata duit kripto, senantiasa lakukan riset lantaran mata uang digital adalah aset volatil dan berisiko tinggi. Kincaimedia tidak bertanggung jawab atas kerugian maupun untung anda.

Iqbal Maulana

Penulis nan senang mengawasi pergerakan dan pertumbuhan cryptocurrency. Memiliki pengalaman dalam beberapa kategori penulisan termasuk sosial, teknologi, dan finansial. Senang mempelajari perihal baru dan berjumpa dengan orang baru.

Selengkapnya
Sumber Berita Bitcoin, Kripto dan Bisnis
Berita Bitcoin, Kripto dan Bisnis