Fatwa Mui; Boikot Kurma Produk Israel

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Kincaimedia– Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan umat Islam untuk menghindari produk nan terafiliasi dengan Israel. Ini sebagai corak support terhadap perjuangan Palestina. Nah berikut fatwa MUI boikot produk Israel, terutama kurma.

Sajian unik nan biasanya ada di bulan Ramadhan adalah buah kurma. Kurma sendiri apalagi disunnahkan oleh Rasulullah SAW sebagai hidangan takjil manis nan cocok untuk mengawali buka puasa. 

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى رُطَبَاتٍ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَتُمَيْرَاتٌ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تُمَيْرَاتٌ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

“Dari Anas bin Malik, dia berbicara : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah),  jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air“ HR Abu Dawud (no. 2356), Ad-Daruquthni (no. 240) dan Al-Hakim (I/432 no. 1576). Dihasankan oleh Imam Al-Albani dalam Irwa-ul Ghalil fi Takhrij Ahaadits Manaaris Sabiil IV/45 no. 922

Selain itu menurut Syekh Muhammad Ali Al-Bakri, makan kurma dan air saat berbuka puasa adalah sunnah. Rasulullah SAW bersabda, 

“Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, maka berbukalah dengan kurma, karena kurma itu mendatangkan berkah” (HR. Abu Dawud). MasyaAllah!

Fatwa MUI; Boikot Produk Israel

Akan tetapi berbeda hukumnya jika kalian menyantap kurma dari produk-produk keluaran Israel. Dimana dalam perihal ini, penjualan mereka mendukung segala corak kekejaman Israel terhadap kerabat muslim kita di Palestina.

Jelas hukumnya tidak boleh (haram), ikut membeli segala macam produk pro-Israel. Bahkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendukung penuh tindakan boikot barang-barang nan memberikan support alias terafiliasi dengan Israel, termasuk kurma Israel. 

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Sudarnoto mengatakan, produk kurma buatan Israel hukumnya haram. “Jangan di bulan Ramadhan menjual produk-produk Israel.

Kurma itu halal, enak, saya juga pecinta kurma, legal zatnya, tapi jadi haram lantaran duit hasil penjualannya itu untuk membunuh penduduk Palestina,” jelasnya dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (13/3).

Selaras dengan pendapat Ketua PBNU Ahmad Fahrur Rozi (Gus Fahrur) mendukung penuh fatwa haram MUI terhadap produk kurma Israel. PBNU menilai, tindakan boikot produk Israel tersebut sebagai corak support terhadap kemerdekaan Palestina. 

“Kita mendukung boikot produk Israel untuk kemerdekaan Palestina. Ini adalah langkah tenteram untuk menekan ekonomi Israel agar berakhir melakukan pelanggaran HAM berat di Palestina,” jelasnya.

Selengkapnya
Sumber Bincang Syariah
Bincang Syariah