Oleh Scott Beaumont, Presiden Asia Pasifik, Google




AI tidak hanya telah mengubah langkah orang menjalankan bisnis, tetapi juga langkah kita bekerja. Di Asia-Pasifik, AI — beserta komputasi cloud dan keamanan cyber — merupakan salah satu keahlian digital tingkat lanjut nan paling dibutuhkan, sehingga menjadi kelebihan krusial bagi para pencari kerja. Secara global, lowongan kerja nan melibatkan teknologi AI telah meningkat drastis hingga 21 kali lipat pada tahun 2023.



Google berkomitmen untuk memastikan semua orang dapat memanfaatkan AI, dan kami percaya bahwa langkah pertama nan kudu dilakukan adalah peningkatan keterampilan. Hari ini, kami meluncurkan AI Essentials, sebuah kursus baru untuk membantu lebih banyak orang mendapatkan keahlian AI untuk masa depan.



Kursus AI baru bagi pemula



Google AI Essentials adalah kursus online berdikari kami nan baru, diampu oleh para mahir AI dari Google. Kursus ini tidak mensyaratkan peserta mempunyai pengalaman AI, dan didesain untuk membantu orang dari beragam pekerjaan dan industri untuk belajar melalui praktik penggunaan alat-alat AI.



Dengan kursus ini, orang bakal belajar menggunakan perangkat AI generatif untuk mencari buahpikiran dan mempercepat tugas kerja sehari-hari. Mereka juga dapat belajar menulis perintah nan efektif dan menggunakan AI secara bertanggung jawab dengan mengenali potensi bias AI. Google AI Essentials tersedia secara dunia di Coursera dalam bahasa Inggris, sementara bahasa lain bakal segera menyusul.






Selain Google AI Essentials, kami juga mempunyai Google Career Certificates (GCC) nan menyiapkan para peserta untuk mengisi pekerjaan tingkat pemula di bidang-bidang nan berkembang pesat, seperti Analisis Data, Keamanan Cyber, alias Pemasaran Digital. Kami telah menambahkan materi baru ke dalam program sertifikat ini untuk membantu peserta mempelajari langkah pekerja ahli di bagian mereka memanfaatkan AI, sekaligus memberi mereka pengalaman praktik menerapkan AI dalam skenario kerja.



Lebih dari 80% dari 230.000 lulusan GCC di Asia-Pasifik telah melaporkan dampak positif dalam pekerjaan mereka. Kini, sebagai bagian dari program GCC lokal kami di Asia-Pasifik, kami bakal terus menawarkan danasiwa untuk memastikan lebih banyak orang dari golongan masyarakat nan kurang terlayani mendapatkan akses ke beragam keahlian di atas. Beasiswa GCC nan tersedia saat ini maupun nan selanjutnya juga bakal memberikan akses ke kursus AI Essentials.



Dampak kolaboratif kami di Asia-Pasifik



Kolaborasi intensif kami dengan mitra lokal telah memungkinkan kami menjangkau beragam macam golongan dengan program training digital dan materi belajar kami.



Gemini Academy adalah salah satu program peningkatan keahlian AI kami, tempat para pengajar belajar menggunakan AI secara kondusif dan bertanggung jawab. Melalui program ini, kami telah melatih lebih dari 16.000 pengajar di Indonesia, Thailand, dan Filipina. Kemudian, satu lagi program kami adalah Generative AI for Educators, kursus berdikari sepanjang dua jam nan didesain untuk membantu pengajar menghemat waktu, mempersonalisasi pengajaran, dan mengembangkan pelajaran dengan alat-alat AI generatif.



Bermitra dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia, kami telah menyelenggarakan Bangkit Academy, program cuma-cuma bagi siswa untuk belajar keahlian teknis nan banyak dibutuhkan. Sejak tahun 2020, lebih dari 15.000 mahasiswa sarjana maupun kejuruan telah mengikuti program ini dan memperoleh sertifikat di bagian Machine Learning, Pengembangan Seluler, serta Komputasi Cloud. Pada tahun ini, sebuah kurikulum AI unik bakal ditambahkan ke program tersebut bagi 9.000 peserta angkatan 2024.



Kami juga berkolaborasi dengan lembaga akademis untuk berbagi pengetahuan seputar AI. Di Taiwan, kami berkolaborasi dengan National Taiwan University dan Dewan Sains dan Teknologi Nasional Taiwan (sebelumnya berjulukan Kementerian Sains dan Teknologi) untuk mengadakan AI Boot Camp tahunan bagi peneliti, dosen, dan mahasiswa. Dalam enam tahun terakhir, program ini telah menghadirkan 100+ sesi presentasi oleh 71 saintis Google dari seluruh dunia, menjangkau lebih dari 1.700 peserta. Kolaborasi ini telah menghasilkan setidaknya 10 proyek riset AI berbareng tentang topik seperti humaniora digital, machine learning, dan riset chip.



Potensi pertumbuhan bagi bisnis



Keunggulan Google Cloud dalam perihal AI bagi upaya telah meningkatkan dengan pesat minat orang untuk mempelajari keahlian Google Cloud. Hingga kini, kami telah memberikan 1,5 juta Badge Keahlian dan menghasilkan nyaris 90.000 konsultan Google Cloud baru nan berketerampilan AI generatif di ekosistem kami.



Google juga mempunyai sejumlah inisiatif berfokus AI nan unik ditujukan untuk membantu startup berkembang. AI Startup School di Jepang dan Korea memberikan pengetahuan dan perangkat nan dibutuhkan untuk mengembangkan upaya kepada entrepreneur nan tetap berada di tahap awal. Women Founders Fund mendukung wanita nan memimpin startup AI di Asia-Pasifik dengan memberikan pendanaan tanpa ekuitas untuk menumbuhkan upaya mereka, serta keahlian AI dan teknis nan diperlukan untuk menyajikan produk mereka ke hadapan audiens global.



Untuk memanfaatkan kesempatan AI dengan maksimal, kami kudu ikut berupaya membekali orang dan upaya dengan keahlian nan tepat. Dengan support para mitra kami, kami mau menjembatani kesenjangan keahlian AI di Asia-Pasifik dan memberi semua orang kesempatan nan setara.


http://1.bp.blogspot.com/-mX0dxJxp8dg/Vo8MSdxypWI/AAAAAAAARsI/EjaFhvgAEgc/s1600/Beutler_Google_Giftwrap_-v2TW.png -->