Pada Google I/O Mei lalu, kami memperkenalkan NotebookLM, asisten riset dan penulis berkekuatan AI. Sekarang kami menghadirkan NotebookLM jenis terbaru - menggunakan Gemini 1.5 Pro - ke lebih dari 200 negara dan wilayah di seluruh dunia.



Tujuan kami dengan NotebookLM adalah menciptakan perangkat untuk membantu memahami dan menjelajahi materi nan kompleks, membikin hubungan baru dari informasi, dan mencapai draft pertama lebih cepat. Anda dapat mengunggah sumber - catatan penelitian, transkrip wawancara, arsip perusahaan - dan NotebookLM langsung menjadi mahir dalam materi nan paling krusial bagi Anda. Peningkatan hari ini memperkenalkan beberapa fitur baru:

  • NotebookLM sekarang mendukung Google Slides dan URL web sebagai sumber, berbareng dengan Google Docs, PDF, dan file teks.

  • Kutipan sebaris kini membawa langsung ke bagian pendukung di sumber Anda, sehingga dapat dengan mudah memeriksa kebenaran tanggapan oleh AI alias menggali lebih dalam pada teks aslinya.

  • Panduan Notebook memberi pemahaman tingkat tinggi tentang sumber dengan mengkonversinya ke format seperti FAQ, Dokumen Briefing, alias Panduan Belajar.



Berkat keahlian multimoda original Gemini 1.5 Pro, sekarang Anda dapat mengusulkan pertanyaan tentang gambar, bagan, dan sketsa di Slides alias Docs Anda. NotebookLM apalagi bakal menyertakan quote untuk gambar sebagai bukti pendukung jika relevan.




Studi kasus dari pengguna



Karena NotebookLM dikembangkan dengan kemitraan erat dengan penulis, siswa, dan pendidik, kami telah memandang banyak pengguna awal nan mengintegrasikan produk ke dalam alur kerja penelitian dan penulisan. Penulis terlaris Walter Isaacson telah bekerja dengan NotebookLM untuk menganalisis jurnal Marie Curie untuk penelitian kitab berikutnya. Antusiasme serupa juga muncul dari peneliti dokumenter dan podcast nan perlu menyaring arsip kompleks untuk menghasilkan skrip alias buahpikiran cerita. Namun kombinasi keahlian penalaran tingkat lanjut Gemini 1.5 Pro dan NotebookLM telah membuka banyak aplikasi potensial lainnya:

  • Dalam pemerintahan lokal, Thomas Gaume membikin buletin hiperlokal, nan menggabungkan peraturan kota, info penggunaan lahan, kode zonasi, dan catatan rapat dewan. NotebookLM memberdayakannya menjadi "ruang redaksi dan penerbit satu orang".

  • Kemampuan NotebookLM untuk meringkas dan mengadaptasi transkrip wawancara membantu pengguna mengidentifikasi pola dan tema dalam transkrip mentah, menghemat waktu berjam-jam untuk kajian manual. Misalnya, konsultan Victor Adefuye menggunakan NotebookLM untuk menganalisis transkrip panggilan penjualan untuk training dan pembinaan nan ditargetkan.

  • Lembaga nonprofit telah menggunakan NotebookLM untuk membantu mereka mengidentifikasi kebutuhan di organisasi nan kurang terlayani dan mengatur info untuk proposal hibah.



Kami juga menemukan beberapa kasus penggunaan dengan support organisasi Discord kami nan beranggotakan 14.000 orang, termasuk:

  • Peminat role-playing menggunakan NotebookLM untuk mengelola penjelasan perincian bumi khayalan dalam game seperti Dungeons and Dragons.




Permulaan


Memulai mengenal NotebookLM sangat mudah: Saat pertama kali mengakses NotebookLM, Anda bakal membikin kitab catatan dan mengunggah arsip untuk proyek alias hasil akhir tertentu. Pada saat itu Anda dapat membaca, membikin catatan, mengusulkan pertanyaan, mengatur ide, alias meminta NotebookLM membikin tinjauan otomatis semua sumber—misalnya, pedoman belajar, alias daftar isi.



Baik digunakan untuk membangun bumi imajinasi, menulis riwayat hidup bestseller, alias membantu penjual menemukan pengguna baru, NotebookLM telah memberi tools nan efektif untuk membikin hubungan dan menghasilkan wawasan dari koleksi arsip nan besar.