Hati-hati! Orang Pendengki Dan Iri Hati Ditimpa Lima Perkara Buruk Ini

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Ilustrasi.

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al-Banteni dalam kitab Nashaihul Ibad menjelaskan akibat jelek nan menimpa enam golongan manusia. Salah satu golongan di antara mereka nan ditimpa sesuatu nan jelek adalah golongan orang hasud atau pendengki.  

Dengki alias hasud adalah penyakit nan berada di dalam hati seseorang. Sifat hasud juga dapat membikin jiwa seseorang menjadi gelap dan susah menerima sinar kebenaran.

Abu Bahr al-Ahnaf bin Qais Radhiyalahu anhu berkata, "Tidak ada kesengajaan jiwa bagi orang nan hasud. Tidak ada nilai diri bagi pendusta. Tidak ada tipu muslihat bagi orang nan kikir. Tidak ada kesetiaan bagi para raja. Tidak ada kemuliaan derajat bagi orang nan bejat akhlaknya. Tidak ada penangkal bagi keputusan Allah SWT." (Syekh Nawawi al-Banteni, Nashaihul Ibad)

Dalam masalah hasud (dengki/iri hati), Abdul Mu'thi As-Samlaw pernah menukilkan dari gurunya. Ia mengatakan, "Orang nan hasud (iri hati) itu bakal ditimpa lima perkara. Yaitu dia bakal selalu dicela orang, perasaannya selalu resah (tidak tenang), pintu taufiq (hidayah) tertutup baginya, musibah kekal nan tidak ada membawa pahala, dan bakal mendapatkan murka (azab) dari Allah."

Al-Mawardi juga mengatakan, "Hakikat hasud itu adalah rasa sangat perih terhadap kebaikan nan dimiliki orang lain nan melampaui dirinya. Sedangkan munafasah adalah berupaya untuk memperoleh keberuntungan sesuai dengan perkara nan ada pada orang lain tanpa memudharatkan orang tersebut."

Nabi Muhammad SAW juga telah bersabda...

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Kincaimedia, Klik di Sini

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam