Hukum Zakat Fitrah Menggunakan Beras Murah

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Kincaimedia – Salah satu tanggungjawab seorang muslim adalah bayar amal fitrah dengan makanan pokok di wilayah tempat dia berdomisili.  Namun, akibat kenaikan nilai beras nan terjadi sejak empat bulan terakhir hingga menyentuh nilai Rp14.000 per kilogram untuk beras medium dan Rp18.000 per kilogram untuk beras premium membikin sebagian penduduk memilih beras kualitas rendah untuk bayar amal fitrah.  Lantas, gimana norma amal fitrah menggunakan beras murah?

Dalam literatur kitab fikih, dijumpai beberapa keterangan nan menjelaskan bahwasanya syarat bahan makanan nan dikeluarkan untuk amal fitrah adalah kudu tidak mengandung abnormal lantaran bakal diberikan kepada orang lain, apalagi andaikan mengeluarkannya dengan kualitas nan mutunya paling utama maka ini adalah nan lebih baik.

Sebagaimana dalam kitab Kifayatul Akhyar Juz 1, laman 189 berikut,

وَاعْلَم أَن شَرط الْمخْرج أَن لَا يكون مسوساً وَلَا معيبا كَالَّذي لحقه مَاء أَو نداوة الأَرْض وَنَحْو ذَلِك كالعتيق الْمُتَغَيّر اللَّوْن والرائحة وَكَذَا المدود. اھ

Artinya : “Ketahuilah, bahwa syarat bahan makanan nan dikeluarkan untuk amal fitrah kudu tidak jelek dan tidak cacat. Seperti bahan makanan nan terkena air alias terkena tanah nan berair dan lain sebagainya. Demikian juga makanan nan sudah berubah warna dan baunya. Demikian juga tidak boleh nan berulat.

Seseorang juga diperbolehkan menggunakan beras murah untuk dijadikan amal fitrah, andaikan tetap tergolong layak untuk dimakan dan tidak mengandung cacat. Meskipun nan lebih utama adalah mengeluarkan amal fitrah dengan beras kualitas terbaik.

Sebagaimana dalam kitab Al- baijuri, juz 1, laman 417,

و يجزئ القوت الاعلى عن القوت الادنى لانه زاد خيرا و لا عكسه لنقصه عن الحق

Artinya : “Dan mencukupi sebagai amal fitrah makanan pokok berbobot tinggi sebagai tukar dari makanan kualitas rendah, lantaran menambah terhadap kebaikan, tidak sebaliknya lantaran kurangnya dari kewenangan nan wajib dipenuhi.”

Dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa syarat bahan makanan pokok nan boleh untuk amal adalah nan tidak mengandung abnormal lantaran bakal diberikan kepada orang lain. Sehingga, seseorang diperbolehkan menggunakan beras murah untuk dijadikan amal fitrah, andaikan tetap tergolong layak untuk dimakan dan tidak mengandung cacat. Meskipun nan lebih utama adalah mengeluarkan amal fitrah dengan beras kualitas terbaik.

Demikian penjelasan mengenai bolehkah amal fitrah menggunakan beras murah. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam. [Baca juga: Doa Menerima Zakat Fitrah]

Selengkapnya
Sumber Bincang Syariah
Bincang Syariah