Idul Fitri Jadi Momen Silaturahim, Ini Pesan Nabi Muhammad Saw

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Sejumlah pemudik antre untuk naik ke kapal antarpulau tujuan Pulau Moti di Pelabuhan Bastiong Ternate, Maluku Utara, Senin (8/4/2024).

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Umat Islam biasanya setelah mudik menjelang hari raya Idul Fitri bakal melakukan silaturahim dengan keluarga, kerabat dan tetangganya di kampung halaman. Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan Muslim untuk menjalin silaturahim.

Ada banyak faedah dan kebaikan dalam menjalin silaturahim. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dia berkata, "Aku pernah mendengar Rasulullah bersabda:

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

"Barangsiapa nan senang untuk dilapangkan dan diberkahi rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaknya dia menyambung hubungan dengan kerabatnya." (HR Imam Bukhari dan Imam Muslim)

BACA JUGA: Naskah Khutbah Idul Fitri 2024: Merayakan Kemenangan dengan Akhlak

Di dalam wasiat nan mulia ini, Nabi Muhammad SAW memerintahkan kita mempelajari (urutan) nasab agar kita bisa menyambung hubungan kerabat yang terputus. Islam sangat memperhatikan upaya menegakkan masyarakat nan saling membantu, bersatu, serta berupaya mengokohkan prinsip-prinsip dan kaidah-kaidah persatuan nan dimulai dari individu, keluarga, hingga mencakup seluruh lapisan masyarakat.

Sementara itu, langkah nan dipakai meraih persatuan dalam Islam bermacam-macam. Di antaranya, menyambung hubungan silaturahim.

Keluarga adalah inti masyarakat. Jika dia baik, masyarakat juga baik. Namun, jika dia rusak, masyarakat juga bakal rusak. Karena itu, Islam menyerukan untuk menyambung hubungan kerabat dan melakukan baik terhadap mereka.

Dikutip dari kitab Wasiat Rasul Buat Lelaki nan ditulis Muhammad Khalil Itani diterjemahkan Ahmad Syakirin diterbitkan AQWAM, 2013, perihal itu merupakan perkara nan dicintai Allah SWT, dan Allah SWT juga bakal memberikan jawaban atasnya dengan jawaban nan baik dan besar. Di samping itu, perkara tersebut juga merupakan karena dari bertambahnya rezeki dan keberkahan.

Ada beragam langkah dalam bersilaturahim...

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam