Imam Mahdi Manusia Biasa Atau Makhluk Allah Swt Yang Istimewa?

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA- Banyak riwayat nan menunjukkan tentang bakal munculnya Imam Mahdi, kelak pada akhir zaman, pertanda hari kiamat. Lantas siapakah Imam Mahdi? 

Ibnu Katsir dalam kitab 'an-Nihayah fii al-Fitani wa al-Malahim' menjelaskan dalam hadits nan diriwayatkan Ali bin Abi Thalib RA, disebutkan mengenai Imam Mahdi.

عن على قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "المهدى منا أهل البيت يصلحه الله فى ليلة" رواه أحمد وابن ماجه، وصححه أحمد شاكر 

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib RA, dia berbicara bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Al Mahdi adalah berasal dari golongan kami, ahlul bait. Allah memperbaikinya dalam satu malam." (HR Ahmad, dan Ibnu Majah. Dishahihkan Ahmad Syakir)

Sebagaimana penjelasan Ibnu Katsir, bahwa Allah SWT mengampuni dan membimbing Al Mahdi. Ini menunjukkan bahwa Al Mahdi adalah manusia biasa tetapi diberikan keistimewaan untuk menebarkan keadilan di muka bumi. Adapun 'yushlihu' (memperbaiki) dalam hadits tersebut adalah:

قال ابن كثير فى كتابه النهاية فى الفتن والملاحم: (أى يتوب الله عليه، ويوفقه ويلهمه، ويرشده بعد أن لم يكن كذلك).

"Maksudnya ialah Allah SWT memberikan pembebasan kepadanya, menuntunnya, dan memberikan ilham kepadanya, serta mengarahkannya, setelah dia tidak seperti itu."

Dari hadits nan diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib itu, Nabi Muhammad SAW menceritakan tentang ujian dan kejahatan nan bakal terjadi di akhir zaman. Ini menandakan bahwa Allah SWT memperbaiki beragam urusan orang-orang beriman.

Lantas siapakah kelak Imam Mahda dan dari mana berasal? Masih menurut Ibnu Katsir, hadits ini menyatakan Imam Mahdi berasal dari Ahlul Bait. Namun gimana penjelasannya? Apa maksud dari ahlul bait ini?

Ibnu Katsir menjelaskan, Ahlul Bait di sini merujuk pada pengertian bahwa Al Mahdi lahir dari keturunan Fatimah putri Nabi Muhammad SAW. 

Namanya pun sama dengan Nabi Muhammad, ialah Muhammad bin Abdullah. Landasan atas penjelasan ini adalah hadits berikut:

 أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: لا تذهب -أو لا تنقضي- الدنيا حتى يملك العرب رجل من أهل بيتي، يواطئ اسمه اسمي، واسم أبيه اسم أبي.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Dunia tidak bakal berakhir, sampai orang Arab diperintah oleh seorang laki-laki dari keluargaku, namanya sama dengan namaku, dan nama ayahnya nama ayahku." (HR Ahmad, At-Tirmidzi, dan Abu Daud)

Setelah kehadiran Imam Mahdi, Allah SWT memperbaikinya dalam satu malam. Artinya, Allah SWT memperbaiki urusannya dan mengangkat takdirnya dalam satu malam.

Sumber: dorar.net, youm7

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam