Ini Dia Stok Makanan Tahan Lama Tanpa Kulkas, Anak Kost Wajib Tahu!

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Grameds, Biasanya makanan disimpan di dalam lemari es untuk tetap menjaga kesegarannya dan dapat memperkuat lama. Tapi apa jadinya jika Anda ini seorang anak kost nan belum tentu di kosan ada lemari es untuk menyimpannya alias apalagi lemari es nan ada di kostan tidak baik dan kotor lantaran dipakai bersama-sama. Biasanya juga anak kost lebih mempunyai menghemat pengeluaran dengan menyetok makanan nan sudah dimasak dan dapat dikonsumsi untuk dua hari kedepan. Nah untuk menghindari makanan nan sigap lama dan dapat tetap dikonsumsi untuk beberapa hari kedepan maka Anda perlu mengetahui beberapa makanan nan tahan lama tanpa kulkas.

Kamu gak usah cemas lagi Grameds, lantaran tulisan ini bakal memberikan Anda makanan apa saja nan bakal tahan lama jika tidak disimpan di dalam kulkas. Simak tulisan dibawah ini ya Grameds!

Stok Makanan Tahan Lama Tanpa Kulkas

Grameds, stok makanan nan tahan lama tanpa lemari es bisa dalam corak makanan instan dan juga makanan nan kudu diolah terlebih dahulu. Maka dari itu berikut ini adalah beberapa makanan nan bisa menjadi stok nan tahan lama tanpa di kulkas.

Stok Makanan Tahan Lama Tanpa Kulkas nan Perlu Diolah Dahulu

Grameds, ada beberapa makanan nan bisa Anda masak terlebih dulu dan menjadi sajian nan nikmat dan tahan lama tanpa kulkas. Nah berikut ini adalah beberapa makanan nan bisa Anda masak dulu dan jadi stok makanan untuk beberapa hari kedepan.

  1.       Kering Tempe

sumber: yummy.co.id

Kering Tempe adalah olahan makanan dengan bahan tempe dan kacang tanah alias ikan teri sebagai tambahan. Kering tempe dapat memperkuat lama lantaran tempe melalui proses penggorengan nan kering dan tipis serta ramuan nan digunakan tidak berair dan kering. Selain itu agar tahan lama, Anda kudu memotong tempe dalam ukuran nan sama sehingga semuanya matang sempurna. Setelah digoreng maka Anda perlu meniriskannya dengan tissue hingga minyak nan ada di tempe berkurang agar tempe dapat tahan lama. Berikut ini adalah resep kering tempe nan bisa Anda buat :

Bahan-bahan

–          2 papan tempe iris tipis

–          3 lembar daun jeruk

–          3cm lengkuas nan sudah di geprek

–          1 batang serai

–          Kacang goreng / ikan teri secukupnya

–          Bumbu lembut (3 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 2 lembar daun jeruk, 1 biji cabe merah, cabe rawit sesuai selera, gula merah alias gula pasir secukupnya, kecap, garam, penyedap rasa)

Langkah-langkah

–          Goreng tempe hingga kering

–          Haluskan ramuan dan tumis hingga tercium aroma wangi, tambahkan lengkuas, serai dan daun jeruk.

–          Bumbui dengan gambar dan penyedap dan tambahkan gula dan air secukupnya

–          Masak hingga mengental

–          Matikan api dan masukkan tempe dan kacang/teri

–          Aduk hingga rata dan simpan di toples ketika sudah dingin.

  1.       Kering Kentang

sumber: shutterstock

Kering kentang adalah salah satu makanan nan juga digemari oleh masyarakat Indonesia loh Grameds. Kering kentang sendiri berbahan dasar kentang nan diiris tipis dan dicampur bumbu. Makanan ini bisa Anda jadikan pendamping nasi alias tambahan untuk lauk lain juga. Biasanya kering kentang bisa memperkuat hingga 1 minggu diluar kulkas. Kamu perlu menaruhnya pada toples rapat udara agar dapat memperkuat lama. Berikut ini adalah resepnya nan bisa Anda contoh :

Bahan-bahan

–          1 kg kentang

–          Bumbu Halus (10 siung bawang putih. 7 siung bawang merah, 3 buah cabe merah, 2 ruas lengkuas, gula dan garam secukupnya, penyedap rasa secukupnya)

Langkah-langkah

–          Kupas kentang dan parut kentang menjadi potongan seperti korek api.

–          Rendam di air dengan garam agar warna kentang tidak berubah dan tiriskan

–          Goreng kentang hingga kering dan menguning

–          Haluskan ramuan dan tumis hingga wangi dan kecoklatan

–          Koreksi rasa

–          Matikan api dan campurkan kentang ke dalam bumbu

–          Aduk hingga rata

–          Simpan di dalam toples rapat udara setelah dingin

  1.       Teri Kacangsumber: kurio

Selanjutnya adalah teri kacang. Kamu bisa membikin teri kacang sebagai makanan pendamping alias makan dengan nasi hangat. Teri kacang mempunyai rasa nan beragam seperti pedas, asin, manis dan gurih. Kamu tidak perlu selalu memasaknya dan bisa Anda simpan di toples rapat udara. Tips untuk teri kacang tahan lama adalah Anda kudu menggoreng teri dan kacang secara terpisah baru digabungkan dengan ramuan nan sudah ditumis. Nah untuk membuatnya berikut ini adalah resepnya :

Bahan-Bahan

–          200 gr teri kering

–          200 gr kacang tanah

–          Bumbu Halus (100 gr cabe merah keriting, 125 gr cabe merah besar, 30 gr cabe rawit merah, 50 gr bawang merah, 60 gr bawang putih, Bumbu penyedap)

Langkah-langkah :

–          Goreng kacang dan ikan teri hingga matang

–          Goreng semua ramuan lembut hingga kecoklatan dan matang

–          Tambahkan penyedap dan koreksi rasa

–          Matikan api dan tunggu hingga dingin

–          Masukan api dan kacang tanah ke dalam ramuan halus.

–          Simpan di dalam toples rapat udara.

  1.       Dendeng

sumber: kurio

Selanjutnya adalah dendeng, Anda bisa membikin dendeng lampau Anda simpan untuk stok makanan Anda beberapa hari kedepan loh Grameds. Dendeng adalah makanan dengan bahan dasar daging sapi nan sudah digoreng kering. Dendeng biasanya dicampur dengan sambal untuk menambah cita rasa masakan itu sendiri. Dendeng dapat disimpan dengan waktu nan lama lantaran daging dendeng bakal dipotong tipis dan digoreng sehingga tidak ada tempat nan cukup air untuk bertumbuhnya bakteri.

Nah Kamu bisa membikin dendeng dengan resep berikut ini :

Bahan-Bahan :

–          500 gr daging sapi nan sudah diiris tipis

–          3 siung bawang merah dan bawang putih

–          1 st merica, ketumbar dan garam

–          Bumbu Halus Balado (15 buah cabe rawit merah, 5 buah cabe merah besar, 5 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 2 cm lengkuas nan sudah digeprek, 2 lembar daun salam, 1 batang serai dan geprek, minyak goreng)

Langkah-Langkah :

–          Haluskan ramuan ketumbar dan 3 siung bawang merah dan bawang putih

–          Rebus daging dengan ramuan nan sudah dihaluskan

–          Setelah matang, goreng daging hingga kering dan garing

–          Tumis ramuan lembut balado dan masukan daun salam, serai dan lengkuas dan tumis kembali hingga matang

–          Masukkan dendeng sapi dan kombinasi rata dengan ramuan balado

–          Setelah dingin masukan dendeng ke dalam toples rapat udara.

Stok Makanan Tahan Lama Tanpa Kulkas nan Tidak Perlu Diolah Dahulu

Grameds, Anda juga bisa membeli beberapa makanan nan tahan lama dan tidak perlu diolah terlebih dulu loh. Kamu bisa membelinya di supermarket untuk menambah kawan makan nasi dan lauk. Berikut ini adalah makanannya.

  1.       Abon

sumber: istock

Grameds, siapa nan tidak tahu makanan nan satu ini? Makanan ini berasal dari Pulau Bali dan Jawa dengan bahan dasar daging. Abon biasanya mempunyai warna hitam kecoklatan terang lantaran dari ramuan dan dari gula Jawa. Selain itu biasanya abon juga diberikan tambahan seperti bawang goreng untuk menambah tekstur garing. Abon biasanya dapat didapatkan di supermarket terdekat, biasanya abon juga ada beberapa rasa seperti rasa pedas dan rasa original.

Abon sendiri mempunyai tekstur seperti serat-serat kapas perihal ini disebabkan lantaran serat-serat otot nan mengering ketika daging disuwir-suwir. Abon mempunyai tekstur kering dan tidak mempunyai kadar air, maka abon dapat memperkuat dalam waktu nan lama untuk disimpan meski tanpa dimasukan ke dalam kulkas. Abon bisa menjadi tambahan lauk alias makanan pendamping nan dicampurkan dengan nasi, bubur, lemper, roti dan lain-lain.

  1.       Telur Asin

sumber: hellosehat

Selanjutnya adalah telur asin. Telur asin adalah makanan nan banyak sekali disukai banyak orang. Telur asin sendiri terbuat dari telur bebek nan diasinkan dengan metode fermentasi. Telur asin adalah salah satu telur nan mempunyai protein, lemak, kalsium, dan potasium dari telur bebek segar.

Telur asin dapat memperkuat lama tanpa masuk lemari es jika disimpan dalam keadaan nan baik. Kamu bisa menyimpan telur asin di suhu ruangan 12-15 derajat dan dibungkus dengan karton.

  1.       Sarden

sumber: detik

Grameds, Sarden bisa menjadi salah satu pilihan stok makanan nan bisa tahan lama tanpa kulkas. Biasanya sarden bakal dijual dalam corak kalengan nan bisa dikonsumsi langsung setelah dipanaskan alias diberi tambahan bahan penyedap lainnya. Sarden mempunyai rasa nan lezat dan dapat dibeli dengan nilai nan terjangkau.

Biasanya sarden disimpan pada suhu dibawah 21 derajat celcius jika Anda menyimpannya pada suhu nan tinggi maka kaleng sarden berpotensi meledak dan rusak. Kamu tidak perlu menaruhnya pada freezer lantaran itu bakal membikin sarden menjadi busuk ketika kelak dicairkan.

  1.       Mie Instan

sumber: pexels

Grameds, mie instan menjadi makanan jagoan anak kost nan sudah mendekati akhir bulan. Selain lantaran harganya nan murah mie instan juga mempunyai beragam rasa nan bisa Anda pilih jika Anda jenuh dengan rasa nan biasa saja. Selain itu jenis mie instan juga ada nan kuah dan goreng dan bisa Anda sesuaikan dengan kemauan kamu.

Mie Instan juga bisa Anda tambahkan beragam toping sebagai protein pelengkap seperti telur dan juga serat seperti sayuran. Nah Grameds, Anda juga bisa membikin beragam resep mie instan nan ada di google seperti carbonara, alias mie nyemek. Semua bisa Anda buat sesuai dengan kemauan dan seleramu.

Perlu Anda perhatikan juga bahwa Mie Instan tidak boleh terbuka lama, dia kudu tertutup rapat tanpa ada sobekan di bungkusnya. Kamu juga bisa menyimpannya di tempat nan gelap dan kering.

Penutup

Nah Grameds, itu dia adalah beberapa makanan nan bisa Anda jadikan stok makanan di kostan alias rumah nan tahan lama tanpa masuk ke kulkas. Stok makanan nan instan perlu Anda lihat lagi kadaluarsanya dan stok makanan nan sudah Anda masak sebelumnya kudu Anda lihat kondisi kesegarannya. Selamat mencoba Grameds!

Semua rekomendasi kitab nan sudah dijelaskan sebelumnya, bisa Anda dapatkan di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berbobot dan original agar Grameds mempunyai info #LebihDenganMembaca.

Penulis: Devina

Rekomendasi Buku Terkait

Resep Makanan Rumahan Paling Digemari – Lezatnya Variasi Lauk Kering

Resep Makanan Rumahan Paling Digemari - Lezatnya Variasi Lauk Kering

Lauk kering adalah salah satu hidangan ‘wajib sedia’ di meja makan rumah Anda. Mudah membuatnya, praktis menyimpannya, lezat rasanya. Cukup disimpan dalam toples, meski beberapa hari rasanya selalu nikmat, baik disantap dengan maupun tanpa nasi. Buku ini berisi 25 resep ragam lauk kering, nan pasti digemari family Anda, seperti + Serundeng Udang, + Abon Ikan Tongkol, + Kering Paru Bumbu Pedas, + Keripik Jamur,Dendeng Ragi Vegetarian.

Variasi Lauk Kering Untuk Usaha

Variasi Lauk Kering Untuk Usaha

Lauk kering sangat memungkinkan untuk dijual. Alasannya lantaran banyak nan menyukai. Saat enggan memasak, lauk kering sering kali jadi pengganti hidangan. Tak hanya itu, lauk kering dapat dijadikan camilan.

Baking At Home: 50 Resep Simpel & Anti Gagal Ala Luvita Ho

 50 Resep Simpel & Anti Gagal Ala Luvita Ho

Apakah Anda sedang jenuh dengan aktivitas nan itu – itu saja? Yuk, coba aktivitas baru! Salah satu aktivitas baru nan menyenangkan adalah baking. Proses pembuatan kue tentu berbeda dengan memasak pada umumnya, selain dari takaran bahan-bahan nan pasti, proses pembuatan kue condong lebih panjang. Selain menambah keahlian dan pengalaman memasak, belajar baking juga bisa menjadi kesempatan upaya nan menjanjikan. Namun, terkadang beberapa dari Anda di rumah sering mengandalkan video tutorial saja untuk membikin roti alias kue. Sehingga kemungkinan hasil kandas di setiap membikin kue/roti menjadi besar. Inilah saatnya Anda membeli kitab Buku Baking at Home-50 Resep Simpel & Anti kandas ala Luvita Ho.

ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog