Minggu ini lebih dari satu miliar umat Islam di seluruh bumi mulai merayakan bulan suci Ramadan, berpuasa dari fajar hingga mentari terbenam. Di negara dengan lebih dari seribu golongan etnis, beragam minat dan style hidup; Masyarakat mempunyai tradisi dan langkah nan berbeda-beda dalam merayakan Ramadan. Dari Google Trends selama satu tahun terakhir saja kami memandang minat masyarakat terhadap Ramadan, Idul Fitri, dan Mudik beragam. Ada nan mencari “ceramah singkat ramadhan dan judulnya”, “puncak arus mudik 2023”, bersiap tampil segar dengan “baju lebaran” baru; hingga merencanakan rutinitas “olahraga calisthenic” di bulan spesial ini, pengalaman membikin “karpet tufting” selagi ngabuburit, dan menemukan “resep buat buka puasa dan sahur”. Bagi banyak orang, Ramadan lebih dari sekadar menjalankan puasa dan shalat; ini juga merupakan momen spesial untuk berkumpul berbareng kawan dan keluarga, bekerja bahu membahu menjadikan bulan ini penuh kehangatan dan kenangan bagi semua orang.


Berikut adalah beberapa pengalaman unik Ramadan nan kami hadirkan dalam beragam produk kami:


Berbelanja sesuai dengan apa nan Anda lihat dengan mudah

Berpenampilan baru telah menjadi tradisi Lebaran tersendiri, baik tampilan diri ataupun rumah. Dengan menggunakan kamera ponsel, Anda dapat mencari jenis makanan penutup lezat nan pernah Anda coba di rumah kawan Anda, alias menemukan peralatan hiasan favorit untuk dibeli. Cukup dengan membuka aplikasi Google di ponsel Anda dan mengetuk ikon kamera. Lalu, jepret foto alias mengambil tangkapan layar untuk menemukan hasil nan sama alias mirip dengan support Google Lens.



Mencari resep jagoan untuk buka puasa alias sahur 



Salah satu tradisi Ramadan nan paling melekat adalah makanannya. Jika Anda seorang pecinta kuliner dan berencana untuk meningkatkan keahlian memasak Anda dengan bereksperimen di bulan Ramadan ini, silakan jelajahi resep hidangan dari seluruh bumi nan tersedia di genggaman. Cukup ketikkan nama hidangan ke Google Search, dan kata resep di sebelahnya. Anda bakal memandang daftar resep untuk mendapatkan inspirasi dan petunjuk tentang langkah menguasai setiap hidangan.


Selain itu, Anda juga bisa mencari aplikasi nan mempunyai resep pilihan, main game asyik, nonton movie seru, ngedit video pas ngabuburit, hingga eksplor takjil berbuka - semua ada di sorotan game dan aplikasi di Google Play.


Merencanakan perjalanan mudik dengan lebih baik



Mudik merupakan budaya unik Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri, arena kembali ke kampung halaman. Untuk mempersiapkan diri dan menemukan rute mudik terbaik, Google Maps kembali menghadirkan beberapa info relevan seperti: letak fasilitas temporer dan permanen nan relevan seperti: masjid, tempat istirahat, toilet, SPBU, dan bengkel kendaraan; tempat pengisian bahan bakar listrik (EV charging stations), nilai tol, hingga fitur nan memungkinkan Anda untuk menambahkan beberapa poin tujuan. Dalam beberapa waktu menjelang mudik, Maps bakal menampilkan info seputar rekayasa lampau lintas, seperti tahun 2022 silam.


Menemukan info menunjang kelancaran ibadah puasa dengan mudah



Ketika kita sedang dalam perjalanan, seringkali ibadah tehalangi dengan terbatasnya informasi; salah satunya adalah mencari arah kiblat untuk sholat. Qibla Finder, aplikasi web nan menggunakan augmented reality dapat menunjukkan arah kiblat di mana pun Anda berada. Kami telah mengaktifkan penggunaan offline dan pintasan untuk menambahkan Pencari Kiblat ke layar beranda Android Anda, sehingga Anda dapat menemukan letak Mekah saat Anda sedang bepergian.


Selain itu, Anda juga dapat memeriksa waktu sholat, buka puasa dan saur, menyiapkan salam dan menemukan video seputar Ramadan nan relevan di Google Search!





Minat, hobi, dan style hidup masyarakat terus mengalami evolusi. Tak jarang, perihal tersebut menimbulkan pertanyaan baru, apalagi di saat-saat unik seperti bulan suci ini. Tahun ini, Google tidak hanya menghadirkan beberapa pengalaman khusus, namun juga membantu Anda menemukan langkah agar tradisi Ramadan sejalan dengan minat Anda; melalui inisiatif #IniRamadanKita. Ini adalah sebuah inisiatif nan menyatukan 2 pujaan ikonik antargenerasi dan lintas genre: Nasida Ria dan JKT48. Inisiatif ini bermaksud untuk mengingatkan kembali bahwa ada banyak langkah untuk kita menjalankan bulan suci - tapi, siapapun organisasi nya, apapun minat nya; krusial untuk kita terus menjadi diri sejati dan berasosiasi dalam keberagaman, terutama di bulan suci ini - dengan sedikit support dari Google. Nantikan kejutan dari 2 pujaan Ramadan ini pada 15 Maret 2024 di beragam kanal media sosial @googleindonesia (1)(2).


Apapun tradisi, minat dan kegemaran nan mau Anda lakukan sepanjang Ramadan; kami berambisi Ramadan kali ini membawa kebahagiaan bagi Anda dan orang-orang nan Anda kasihi. Semoga fitur-fitur Google dapat terus membantu Anda menemukan info nan Anda perlukan untuk memanfaatkan waktu spesial tahun ini sebaik-baiknya. 


Di awal bulan Ramadan ini, kami mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi nan menjalankannya!


http://1.bp.blogspot.com/-mX0dxJxp8dg/Vo8MSdxypWI/AAAAAAAARsI/EjaFhvgAEgc/s1600/Beutler_Google_Giftwrap_-v2TW.png -->