Investasi Gagal, Influencer Kripto Alami Kerugian Jutaan Dolar

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Kincaimedia – Berkaca dari banyaknya kasus kerugian dahsyat nan terjadi oleh banyaknya investor, membikin banyak orang takut untuk berinvestasi di aset kripto. Mata duit kripto, nan termasuk salah satu instrumen investasi baru ini juga dipenuhi dengan beberapa tokoh jahat nan melakukan rugpull hingga peretasan.

Layaknya bumi investasi, seseorang kudu siap dengan kerugian, baik jumlahnya besar maupun kecil. Demikian dengan pasar kripto, nan baru-baru ini mengalami penurunan besar, dan kebanyakan aset mengalami kejatuhan nilai dalam 24 jam terakhir.

Salah satu kejadian nan menarik perhatian adalah seorang influencer mata uang digital terkenal, nan sekarang mengalami kerugian sebesar $8 juta dari investasi pada token ERC-20 berjulukan FRIEND.

Influencer nan dikenal dengan nama samaran Machi Big Brother tersebut, mempunyai 164.400 pengikut di media sosial X. Melansir dari finbold.com, Machi Big Brother mengalami kerugian lebih dari 50 persen dari investasinya.

Kronologi Kerugian

Machi Big Brother mulai membeli token FRIEND pada 3 Mei lalu. Secara total, dia membeli 8,6 juta token FRIEND dengan nilai rata-rata US$ 1,81 per token.

Dalam investasi ini, dia menghabiskan 4.975 ETH alias sekitar US$ 15,6 juta. Namun, nilai token FRIEND telah turun 55 persen, sehingga saat ini token tersebut hanya berbobot US$ 0,808 per token. Akibatnya, nilai investasi Machi Big Brother sekarang hanya US$ 6,95 juta, nan berfaedah dia mengalami kerugian sebesar US$ 8,65 juta dalam sebulan terakhir.

Baca Juga: 12 Presale Koin Meme Solana Berujung Terbengkalai Bikin Investor Rugi Jutaan Dolar

Saat nilai FRIEND mengalami penurunan drastis, Machi Big Brothers bukan satu-satunya orang nan mengalami kerugian. Seorang trader mata uang digital terkenal lainnya dengan nama julukan Ansem, menyebut FRIEND sebagai koin meme dan “koin budaya”.

Ansem memposting di X pada 4 Mei lalu, dimana dia menunjukkan bahwa dia mungkin membeli token ini pada waktu nan nyaris berbarengan dengan Machi Big Brother.

Token FRIEND memang sempat mencapai puncak ketenaran dan nilai pada awal Mei, namun setelah itu terus mengalami penurunan. Data dari Santiment menunjukkan bahwa FRIEND mengalami peningkatan singkat dalam ketenaran dan harga, tetapi kemudian mulai turun dan mengalami kerugian besar.

Koin Meme Jadi Ajang Judi

Koin meme seperti FRIEND dan lainnya mempunyai akibat nan sangat tinggi lantaran sifatnya nan spekulatif. Harga koin ini sering kali tidak mempunyai nilai nyata dan hanya didorong oleh hype dan ketenaran di media sosial.

Influencer dan pedagang nan berinvestasi dalam koin meme seperti ini pada dasarnya sedang berjudi. Mereka berambisi bisa menjual dengan nilai lebih tinggi kepada orang lain.

Pendekatan ini disebut “Teori Orang Bodoh nan Lebih Besar”, nan berfaedah untung bisa didapat dari aset nan terlalu tinggi harganya selama tetap ada orang lain nan mau membeli.

Namun, ketika hype berhujung dan permintaan menurun, para trader bisa terjebak pada aset abal-abal. Hal inilah nan sering menyebabkan kerugian finansial nan besar.

Disclaimer: Semua konten nan diterbitkan di website Cryptoharian.com ditujukan sarana informatif. Seluruh tulisan nan telah tayang di Kincaimedia bukan nasihat investasi alias saran trading.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada mata duit kripto, senantiasa lakukan riset lantaran mata uang digital adalah aset volatil dan berisiko tinggi. Kincaimedia tidak bertanggung jawab atas kerugian maupun untung anda.

Selengkapnya
Sumber Berita Bitcoin, Kripto dan Bisnis
Berita Bitcoin, Kripto dan Bisnis