Jadwal Anbk Dan Pos Anbk Tahun 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jadwal ANBK Tahun 2024 dan POS ANBK Tahun 2024

Jadwal ANBK Tahun 2024 dan POS ANBK Tahun 2024, Kemendikbudristek telah merilis Jadwal pelaksanaan ANBK SD SMP SMA SMK dan POS ANBK SD SMP SMA SMK Tahun 2024 dengan menerbitkan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Keputusan Kepala BSKAP) Nomor 019/H/KP/2024 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2024.

Berdasarkan Jadwal ANBK SD SMP SMA SMK Tahun 2024 dan POS ANBK SD SMP SMA SMK Tahun 2024, Asesmen Nasional merupakan sarana untuk pemetaan dan perbaikan berkelanjutan atas mutu sistem pendidikan sehingga dapat mendorong pembelajaran yang menumbuhkan daya logika dan karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, perlu dilakukan pemetaan dan perbaikan berkepanjangan atas mutu sistem pendidikan sehingga dapat mendorong pembelajaran nan menumbuhkan daya nalar dan karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 17 Tahun 2021 tentang Asesmen Nasional menyebut bahwa untuk memetakan mutu pendidikan secara berkala dan mendorong perbaikan mutu pendidikan secara berkepanjangan perlu dilaksanakan asesmen nasional.

Pedoman alias POS Penyelengraan ANBK Tahun 2024 diterbitkan agar pelaksanaan Asesmen Nasional dilaksanakan secara objektif, transparan, akuntabel, dan terstandar. Adapun Ruang lingkup Pedoman alias POS Penyelengraan ANBK Tahun 2024 ini meliputi: Pendahuluan; Persiapan Penyelenggaraan AN; Pelaksanaan AN; dan Pelaporan Hasil AN.

Berdasarkan Pedoman alias POS ANBK Tahun 2024, berikut ini Biaya penyelenggaraan ANBK Tingkat Satuan Pendidikan baik sekolah mandiri, menumpang maupun ditumpangi mencakup komponen sebagai berikut :

a. pengisian dan pengiriman info calon peserta AN ke Pelaksana AN Tingkat Kabupaten/kota;

b. penyiapan sistem ANBK termasuk dengan sistem berbagi sumber daya;

c. penerbitan kartu login;

d. pelaksanaan sosialisasi dan koordinasi penyelenggaraan AN;

e. penyiapan sarana prasarana pendukung penyelenggaraan AN;

f. pengawas an silang penyelenggaraan AN di Satuan Pendidikan;

g. penyusunan dan pengiriman laporan AN;

h. asistensi teknis dan penyelenggaraan ANBK oleh Pengawas, Proktor dan Teknisi, antara lain:

1) Satuan Pendidikan pelaksana AN berdikari menanggung honor pengawas, proktor, dan teknisi di Satuan Pendidikan masing-masing; dan

2) Satuan Pendidikan menumpang menanggung honor pengawas, proktor, dan teknisi di Satuan Pendidikan nan ditumpangi;

i. biaya transportasi dan akomodasi peserta AN nan menumpang ke Satuan Pendidikan lainnya ditanggung oleh Satuan Pendidikan nan menumpang; dan

j. biaya lain nan timbul dari penyelenggaraan berbagi sumber daya berbareng antara Satuan Pendidikan menumpang dan Satuan Pendidikan ditumpangi menjadi tanggungjawab bersama sesuai dengan kesepakatan dan peraturan perundang-undangan.

Dinyatakan dalam Pedoman alias POS ANBK Tahun 2024, bahwa Peserta ANBK dari setiap Satuan Pendidikan pada Jenjang Pendidikan dasar dan Pendidikan menengah terdiri atas:

a. peserta didik nan terdaftar dalam pangkalan Dapodik alias EMIS nan memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NI SN) valid;

b. perwakilan peserta didik kelas 5 (lima), kelas 8 (delapan), kelas 11 (sebelas);

c. peserta didik pada jenjang Sekolah Dasar (SD) / Sekolah Dasar Luar Biasa (SLB) / Madrasah Ibtidaiyah (MI) alias corak lain nan sederajat, mempunyai laporan penilaian hasil belajar mulai semester ganjil kelas 1 sampai dengan semester genap kelas 4;

d. peserta didik pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) / Madrasah Tsanawiyah (MTs) alias corak lain nan sederajat, memiliki laporan penilaian hasil belajar semester ganjil dan genap kelas 7;

e. peserta didik pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB)/Madrasah Aliyah (MA) alias corak lain nan sederajat, memiliki laporan penilaian hasil belajar semester ganjil dan genap kelas 10; dan

f. Peserta didik nan berkewarganegaraan Indon esia (WNI) di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), SPK, dan PKBM di luar negeri.

g. Peserta didik penyandang disabilitas di seluruh satuan pendidikan nan dapat mengikuti AN adalah peserta didik penyandang disabilitas sensorik (disabilitas rungu dan/atau disabilitas wicara) dan/ alias disabilitas bentuk nan tidak memiliki halangan intelektual dan membaca serta dapat mengerjakan Asesmen Nasional secara mandiri.

Adapun peserta AN (Sulingjar) terdiri dari : a) seluruh kepala Satuan Pendidikan dan pendidik nan terdaftar dalam Dapodik atau EMIS; b) seluruh kepala Satuan Pendidikan dan pendidik nan terdaftar secara valid dan mutakhir dengan status aktif menjabat bagi kepala sekolah dan aktif mengajar bagi pendidik pada Satuan Pendidikan; c) seluruh pendidik dan kepala Satuan Pendidikan nan berkewarganegara an Indonesia (WNI) di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), SPK, dan PKBM di luar negeri.

Bagaimana mekanismen pendataan dan pemilihan peserta ANBK tahun 2024 ? Dijelaskan dalam Keputusan Kepala BSKAP tentang Jadwal ANBK SD SMP SMA SMK Tahun 2024 dan POS ANBK SD SMP SMA SMK Tahun 2024, bahwa sistem Pendataan Peserta AN tahun 2024 adalah sbb:

a. Pengelola info di setiap Satuan Pendidikan mendata peserta didik, pendidik, dan kepala Satuan Pendidikan nan ada di Satuan Pendidikannya masing-masing.

b. Satuan Pendidikan dalam bimbingan Kementerian mendata peserta AN (peserta didik, pendidik, dan kepala Satuan Pendidikan) ke Dapodik.

c. Satuan Pendidikan dalam bimbingan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Direktorat Jenderal Bimbin gan Masyarakat Kristen, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu, dan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama mendata peserta (peserta didik, pendidik, dan kepala Satuan Pendidikan) ke EMIS.

d. Pengelola info di setiap Satuan Pendidikan melakukan proses verifikasi dan validasi peserta didik berasas NISN pada sistem verval peserta didik yang disediakan pusat nan membidangi kegunaan pengelolaan info dan teknologi informasi Kementerian.

e. Pengelola info melakukan tarik info dari laman pd.data.kemdikbud.go.id ke laman pendataan AN.

f. Proses sampling peserta utama dan persediaan dilakukan secara otomatis dengan metode nan ditetapkan oleh Kementerian pada laman pendataan asesmen oleh pengelola info kabupaten/kota alias provinsi sesuai kewenangannya.

g. DNS dicetak oleh pengelola info provinsi alias kabupaten / kota sesuai kewenangannya dan diberikan ke Satuan Pendidikan untuk diverifikasi.

h. DNT dicetak oleh pengelola info provinsi untuk diberikan kepada Satuan Pendidikan.

i. Proses sampling, proses cetak DNS dan DNT untuk SILN dan Program Pendidikan Kesetaraan di luar negeri dilakukan oleh pusat nan membidangi kegunaan asesmen pendidikan Kementerian.

j. Pengelola info Satuan Pendidikan melakukan tarik info peserta nan telah ditetapkan dari laman pendataan AN ke Iaman manajemen AN untuk dilakukan penempatan sesi, letak tes, cetak kartu login peserta, dan hal­hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan tes.

Sedangkan sistem Pemilihan Peserta Didik adalah sbb:

a. Peserta didik nan mengikuti AN adalah peserta didik nan terpilih secara acak (random) di setiap Satuan Pendidikan dengan metode nan ditetapkan oleh Kementerian.

b. Jumlah peserta didik nan dipilih untuk mengikuti AN pada setiap Satuan Pendidikan ditentukan sebagai berikut:

1) Sekolah Dasar (SD) / Sekolah Dasar Luar Biasa (SLB)/Madrasah lbtidaiyah (MI) atau corak lain nan sederajat maksimal 30 orang dan persediaan 5 orang;

2) Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Sekolah M enengah Pertama Luar Biasa (SMPLB)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) alias corak lain nan sederajat maksimal 45 orang dan persediaan 5 orang;

3) Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) / Madrasah Aliyah (MA) alias corak lain nan sederajat maksimal 45 orang dan persediaan 5 orang;

c. Tidak ada pen ggantian peserta didik nan dipilih untuk mengikuti AN pada setiap Satuan Pendidikan setelah Daftar Nominasi Tetap (DNT) diterbitkan.

Kapan Jadwal Pelaksanaan ANBK Tahun 2024 ? Asemen Nasional (ANBK) bakal dimulai dari bulan Agustus 2024 sampai dengan Nopember 2024 dengan rincian agenda sebagai berikut:

Adapun Jadwal Pelaksanaan ANBK SD SMP SMA SMK Tahun 2024 adalah sebagai berikut:..

No

Hari

Tanggal 2024

Kegiatan

1

Jumat - Minggu

2 - 4 Agustus 2024

Sinkronisasi Simulasi AN SMA, SMK, SMP sederajat

2

Senin - Kamis

5 - 8 Agustus 2024

Simulasi AN SMA, SMK, SMP sederajat

3

Jumat - Minggu

9 - 11 Agustus 2024

Sinkronisasi Gladi Bersih AN SMA, SMK sederajat

4

Senin - Kamis

12 - 15 Agustus 2024

Gladi Bersih AN SMA, SMK sederajat

5

Jumat - Minggu

16 - 18 Agustus 2024

Sinkronisasi Pelaksanaan AN SMA, SMK sederajat

6

Senin - Kamis

19 - 22 Agustus 2024

Pelaksanaan AN SMA, SMK sederajat

7

Sabtu - Minggu

24 - 25 Agustus 2024

Pelaksanaan AN Paket C

8

Jumat - Minggu

30 Agustus - 1 September

2024

Sinkronisasi Gladi Bersih AN SMP sederajat

9

Senin - Kamis

2 - 5 September 2024

Gladi Bersih AN SMP sederajat

10

Jumat - Minggu

6 - 8 September 2024

Sinkronisasi Pelaksanaan AN SMP sederajat

11

Senin - Kamis

9 - 12 September 2024

Pelaksanaan AN SMP sederajat

12

Sabtu - Minggu

14 - 15 September 2024

Pelaksanaan AN Paket B

13

Jumat - Minggu

20 - 22 September 2024

Sinkronisasi Simulasi AN SD sederajat

14

Senin - Kamis

23 - 26 September 2024

Simulasi AN SD sederajat

15

Jumat - Minggu

11 - 13 Oktober 2024

Sinkronisasi Gladi Bersih AN SD sederajat Tahap I

16

Senin - Kamis

14 - 17 Oktober 2024

Gladi Bersih AN SD sederajat Tahap I

17

Jumat - Minggu

18 - 20 Oktober 2024

Sinkronisasi Gladi Bersih AN SD sederajat Tahap II

18

Senin - Kamis

21 - 24 Oktober 2024

Gladi Bersih AN SD sederajat Tahap II

19

Jumat - Minggu

25 - 27 Oktober 2024

Sinkronisasi Pelaksanaan AN SD sederajat Tahap I

20

Senin - Kamis

28 - 31 Oktober 2024

Pelaksanaan AN SD sederajat Tahap I

21

Sabtu - Minggu

2 - 3 November 2024

Pelaksanaan AN Paket A Tahap I

22

Jumat - Minggu

1 - 3 November 2024

Sinkronisasi Pelaksanaan AN SD sederajat Tahap II

23

Senin - Kamis

4 - 7 November 2024

Pelaksanaan AN SD sederajat Tahap II

24

Sabtu - Minggu

9 - 10 November 2024

Pelaksanaan AN Paket A Tahap II

Tanggal Pelaksanaan Survei Lingkungan Belajar untuk Kepala Satuan Pendidikan dan Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2024 adalah sebagai berikut

No

Hari

Tanggal 2024

Kegiatan

1

Rabu - Selasa

11 - 24 September 2024

Pelaksanaan Sulingjar (Kepala Satuan Pendidikan dan Pendidik) SMA/ SMK Sederajat

2

Rabu - Selasa

25 September - 8 Oktober

2024

Pelaksanaan Sulingjar (Kepala Satuan Pendidikan dan Pendidik) SMP Sederajat

3

Rabu - Selasa

9 - 22 Oktober 2024

Pelaksanaan Sulingjar (Kepala Satuan Pendidikan dan Pendidik) SD Sederajat

Jadwal Pelaksanaan ANBK Tahun 2024 untuk Peserta Didik adalah sebagai berikut

Jadwal ANBK SMK, MAK, SMA, MA, SMALB, dan nan sederajat tahun 2024 adalah sebagai berikut

Hari/ Tanggal

Sesi

Waktu

Jenis Asesmen

Pelaksanaan

Senin - Kamis, 19 s.d. 22 Agustus

2024

1

07.30 - 09.40

Latihan (10 menit)

Literasi Membaca (90 menit)

Survei Karakter (30 menit)

Hari ke-1

2

10.40 - 12.50

3

14.20 - 16.30

1

07.30 - 09.40

Latihan (10 menit)

Numerasi (90 menit)

Survei Lingkungan Belajar (30 menit)

Hari ke-2

2

10.40 - 12.50

3

14.20 - 16.30

Jadwal ANBK Paket C/PKPPS Ulya dan nan sederajat Tahun 2024 adalah sebagai berikut

Hari/ Tanggal

Sesi

Waktu

Jenis Asesmen

Pelaksanaan

Senin - Kamis, 19 - 22 Agustus

2024; dan

Sabtu - Minggu, 24 - 25 Agustus

2024

1

07.30 - 09.40

Latihan (10 menit)

Literasi Membaca (90 menit)

Survei Karakter (30 menit)

Hari ke-1

2

10.40 - 12.50

3

14.20 - 16.30

1

07.30 - 09.40

Latihan (10 menit)

Numerasi (90 menit)

Survei Lingkungan Belajar (30 menit)

Hari ke-2

2

10.40 - 12.50

3

14.20 - 16.30

Jadwal ANBK SMP, MTs, SMPLB dan nan sederajat Tahun 2024 adalah sebagai berikut

Hari/ Tanggal

Sesi

Waktu

Jenis Asesmen

Pelaksanaan

Senin - Kamis, 9 - 12 September

2024

1

07.30 - 09.40

Latihan (10 menit)

Literasi Membaca (90 menit)

Survei Karakter (30 menit)

Hari ke-1

2

10.40 - 12.50

3

14.20 - 16.30

1

07.30 - 09.40

Latihan (10 menit)

Numerasi (90 menit)

Survei Lingkungan Belajar (30 menit)

Hari ke-2

2

10.40 - 12.50

3

14.20 - 16.30

Jadwal ANBK Paket B/PKPPS Wustha dan nan sederajat Tahun 2024 adalah sebagai berikut

Hari/ Tanggal

Sesi

Waktu

Jenis Asesmen

Pelaksanaan

Senin - Kamis, 9 - 12 September

2024; dan

Sabtu - Minggu, 14 - 15 September

2024

1

07.30 - 09.40

Latihan (10 menit)

Literasi Membaca (90 menit)

Survei Karakter (30 menit)

Hari ke-1

2

10.40 - 12.50

3

14.20 - 16.30

1

07.30 - 09.40

Latihan (10 menit)

Numerasi (90 menit)

Survei Lingkungan Belajar (30 menit)

Hari ke-2

2

10.40 - 12.50

3

14.20 - 16.30

Jadwal ANBK SD, MI, SDLB dan nan sederajat Tahap I (Gelombang 1 dan 2) Tahun 2024 adalah sebagai berikut

Hari/ Tanggal

Sesi

Waktu

Jenis Asesmen

Pelaksanaan

Senin - Kamis, 28 - 31 Oktober

2024;

1

07.30 - 09.30

Latihan (15 menit)

Literasi Membaca (75 menit)

Survei Karakter (30 menit)

Hari ke-1

2

10.30 - 12.30

3

13.30 - 15.30

1

07.30 - 09.40

Latihan (15 menit)

Numerasi (75 menit)

Survei Lingkungan Belajar (40 menit)

Hari ke-2

2

10.40 - 12.50

3

13.50 - 16.00

Jadwal ANBK Paket A/PKPPS Ula dan nan sederajat Tahap I Tahun 2024 adalah sebagai berikut

Hari/ Tanggal

Sesi

Waktu

Jenis Asesmen

Pelaksanaan

Senin - Kamis, 28 - 31 Oktober

2024; dan

Sabtu - Minggu, 2 - 3 November

2024

1

07.30 - 09.30

Latihan (15 menit)

Literasi Membaca (75 menit)

Survei Karakter (30 menit)

Hari ke-1

2

10.30 - 12.30

3

13.30 - 15.30

1

07.30 - 09.40

Latihan (15 menit)

Numerasi (75 menit)

Survei Lingkungan Belajar (40 menit)

Hari ke-2

2

10.40 - 12.50

3

13.50 - 16.00

Jadwal ANBK SD, MI, SDLB dan nan sederajat Tahap II (Gelombang 3 dan 4) Tahun 2024 adalah sebagai berikut

Hari/ Tanggal

Sesi

Waktu

Jenis Asesmen

Pelaksanaan

Senin - Kamis, 4 - 7 November

2024

1

07.30 - 09.30

Latihan (15 menit)

Literasi Membaca (75 menit)

Survei Karakter (30 menit)

Hari ke-1

2

10.30 - 12.30

3

13.30 - 15.30

1

07.30 - 09.40

Latihan (15 menit)

Numerasi (75 menit)

Survei Lingkungan Belajar (40 menit)

Hari ke-2

2

10.40 - 12.50

3

13.50 - 16.00

Jadwal ANBK Paket A/PKPPS ULA dan nan sederajat Tahap II adalah sebagai berikut

Hari/ Tanggal

Sesi

Waktu

Jenis Asesmen

Pelaksanaan

Senin - Kamis, 4 - 7 November

2024; dan

Sabtu - Minggu, 9 - 10 November

2024

1

07.30 - 09.30

Latihan (15 menit)

Literasi Membaca (75 menit)

Survei Karakter (30 menit)

Hari ke-1

2

10.30 - 12.30

3

13.30 - 15.30

1

07.30 - 09.40

Latihan (15 menit)

Numerasi (75 menit)

Survei Lingkungan Belajar (40 menit)

Hari ke-2

2

10.40 - 12.50

3

13.50 - 16.00

Link download Jadwal ANBK SD SMP SMA SMK Tahun 2024 dan POS ANBK SD SMP SMA SMK Tahun 2024 (DISINI)

Demikian info tentang Jadwal ANBK SD SMP SMA SMK Tahun 2024 dan POS ANBK SD SMP SMA SMK Tahun 2024. Semiga ada manfaatnya



Selengkapnya
Sumber Jelajah Informasi
Jelajah Informasi