Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Tak Ingin Rezeki Tersendat

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Kemurahan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya hendak dipahami oleh setiap Muslim. Allah adalah Maha Pemberi Rezeki nan tidak hanya menjamin kesiapan rezeki bagi manusia, tetapi juga bagi seluruh makhluk-Nya, termasuk binatang.

Allah SWT mengatur segala aspek kehidupan, termasuk rezeki, sesuai dengan kebijaksanaan-Nya nan sempurna. Pandangan ini memberikan penghiburan dan kepercayaan bagi umat Islam bahwa tidak perlu cemas alias resah terhadap kecukupan rezeki.

Meskipun manusia mempunyai tanggung jawab untuk bekerja dan berusaha, namun pada akhirnya rezeki datang atas kehendak dan kebaikan Allah SWT. Dalam Alquran, Allah SWT mengingatkan manusia untuk berterima kasih atas rezeki nan diberikan-Nya serta menjalankan tanggungjawab berbagi kepada sesama sebagai tanda terima kasih atas nikmat nan telah diberikan.

Dalam Surat Hud ayat 6, Allah SWT berfirman, "Dan tidak ada suatu hewan melata pun di bumi melainkan Allah-lah nan memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam hewan itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab nan nyata (Lauh mahfuzh)."

Riwayat hadits juga menjelaskan soal kepastian rezeki bagi setiap hamba. Dalam hadits nan diriwayatkan dari Abu Umamah Al Bahili, Nabi Muhammad SAW bersabda:

(إنَّ رُوحَ القُدُسِ نفثَ في رُوعِي، أنَّ نفسًا لَن تموتَ حتَّى تستكمِلَ أجلَها، وتستوعِبَ رزقَها، فاتَّقوا اللهَ، وأجمِلُوا في الطَّلَبِ، ولا يَحمِلَنَّ أحدَكم استبطاءُ الرِّزقِ أن يطلُبَه بمَعصيةِ اللهِ، فإنَّ اللهَ تعالى لا يُنالُ ما عندَه إلَّا بِطاعَتِهِ)

"Sungguh ruh qudus (Jibril) telah membisikkan ke dalam batinku bahwa setiap jiwa tidak bakal meninggal sampai telah sempurna rezekinya. Maka bertakwalah kepada Allah dan perbaguslah langkah menjemput rezeki. Jangan sampai tertundanya rezeki mendorong kalian untuk mencarinya dengan langkah bermaksiat kepada Allah. Karena rezeki di sisi Allah tidak bakal diperoleh selain dengan alim kepada-Nya." (HR. Abu Nu'aim, tercantum dalam Shahih Al Jami')

Meski demikian terdapat beberapa perihal nan patut menjadi perhatian, lantaran bisa mencegah alias mempersempit turunnya rezeki kepada seorang hamba. Alquran dan hadits telah memberi pesan mengenai perbuatan nan bisa mencegah rezeki turun. Berikut penjelasannya.

5 Hal nan Menghambat Rezeki

1. Tidak bermohon dengan sungguh-sungguh

Suatu hari Nabi Muhammad SAW memasuki masjid dan menemukan Abu Umamah sendirian dan tampak resah dan tertekan. Dia mengatakan kepada Rasul, "Kecemasan dan utang membebani aku." Lalu Nabi SAW mengajarkan kepadanya tentang angan agar dijauhkan beragam perihal nan buruk.

Nabi SAW memintanya untuk mengucapkan angan berikut ini di saat mau tidur dan selepas bangun tidur:

اللهم إني أعوذ بك من الهم والحزن ، وأعوذ بك من العجز والكسل ، ومن الجبن والبخل ، وأعوذ بك من غلبة الدين وقهر الرجال ،

"Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari kekhawatiran dan kesedihan, dan saya berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, dan dari ketakutan dan kesedihan, dan saya berlindung kepada-Mu dari penindasan." (HR. Abu Daud)

Selanjutnya...

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam