Hari Puisi Nasional nan jatuh pada tanggal 28 April setiap tahunnya menjadi momen spesial bagi masyarakat Indonesia untuk merayakan keelokan dan kekuatan puisi. Tahun ini, Hari Puisi Nasional terasa semakin semarak dengan beragam aktivitas unik nan diselenggarakan di beragam daerah. Dari Sabang sampai Merauke, masyarakat merayakan hari ini dengan beragam cara. Ada dengan lomba baca puisi, lokakarya menulis puisi hingga pameran kitab puisi. 

Sekarang, tidak jarang masyarakat menggunakan Google Search untuk menjelajahi bumi puisi nan luas dan penuh makna. Lewat mesin penelusuran Google, masyarakat bisa mencari dan menemukan info mendalam tentang sejarah Hari Puisi, mencari beragam karya puisi hingga penulis puisi favorit mereka. Bahkan, mereka bisa mencari makna dari kata-kata susah nan kerap digunakan oleh para penyair. 

Tidak hanya itu, Gemini, sebuah model bahasa besar (LLM) nan dikembangkan oleh Google AI, turut datang untuk membantu para penulis, penyair dan pecinta sastra dalam berkarya dan mengeksplorasi ide-ide imajinatif mereka. Berikut adalah beberapa contohnya:



Bagaimana langkah menulis puisi nan baik

Membuat puisi bagi sebagian orang dapat menjadi suatu perihal nan cukup rumit, terkadang kita memerlukan buahpikiran ataupun support untuk membikin hasil karya nan baik. 

Sebagai sebuah seni nan bagus untuk mengekspresikan pikiran, emosi dan imajinasi, puisi bisa membangkitkan emosi, memicu pemikiran dan meninggalkan kesan mendalam bagi pembacanya. Gemini, dapat membantu Anda untuk mendapatkan ide-ide menarik dan menunjukan langkah menulis puisi nan baik.

10 karya puisi Indonesia nan menginspirasi

Selain mencari langkah penulisan puisi nan baik, kita juga bisa mencari inspirasi dari karya-karya tokoh terkenal Indonesia, seperti Chairil Anwar, Sapardi Djoko Damono, Sitor Situmorang, Goenawan Mohamad, Wiji Thukul alias W.S Rendra.  

Gemini bakal memberikan beberapa pilihan puisi nan mungkin paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Kata-kata puitis nan sering digunakan penulis

Puisi merupakan sebuah corak karya sastra nan puitis, nan terdiri atas larik, bait dan juga rima serta irama. Dalam puisi, kerap menggunakan kata-kata konotasi dan kiasan nan bermaksud untuk mengungkapkan pikiran dan emosi seperti kebahagiaan, kesedihan, kegelisahan dan ungkapan memuji dalam kata-kata nan indah.

Terkadang perihal tersebut membikin bingung pembaca, Gemini dapat membantu memperjelas makna dan tafsir dari kata-kata puitis para penyair.

Dukungan dari Tokoh Sastra dan Komunitas

Semaraknya Hari Puisi Nasional tak lepas dari peran aktif para tokoh sastra dan organisasi pecinta puisi. Salah satu tokoh nan turut antusias dalam menyambut Hari Puisi Nasional adalah Marchella FP, seorang penyair, penulis dan aktivis.

"Puisi adalah corak seni nan bagus dan penuh makna. Puisi bisa membangkitkan emosi, memicu refleksi dan membuka alam baru dalam memandang dunia," ujar Marchella FP. "Di Hari Puisi Nasional ini, saya membujuk seluruh masyarakat Indonesia untuk kembali menyelami keelokan puisi dan mendukung para penyair dalam berkarya."

“Hari Puisi Nasional adalah waktu nan tepat untuk kita berbareng mengingat kembali kekuatan puisi, sekaligus meningkatkan minat masyarakat terhadap warisan budaya sastra Indonesia, membikin nya lebih mudah diakses dan dinikmati. Semoga dengan beragam fitur nan tersedia dari Google Search hingga Google Play, juga dengan kemudahan nan di hadirkan oleh Gemini, budaya sastra di Indonesia kian marak digemari oleh beragam khalayak di Indonesia,” tambah Feliciana Wienathan, Communication Manager Google Indonesia

Tingkatkan pengalaman membaca karya favorit Anda dengan langkah menarik lewat Google Play Books nan mempunyai beragam fitur untuk membantu Anda menikmati membaca puisi. Mulai dari menulis catatan tentang baris favorit, mendengarkan bait dibacakan hingga mengatur koleksi kitab puisi digital Anda. 


http://1.bp.blogspot.com/-mX0dxJxp8dg/Vo8MSdxypWI/AAAAAAAARsI/EjaFhvgAEgc/s1600/Beutler_Google_Giftwrap_-v2TW.png -->