Karomah Amir Bin Abd Qais, Mampu Taklukkan Ular Dan Singa

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Karomah merupakan kejadian luar biasa yang dianugrahkan Allah kepada orang-orang saleh, orang-orang pilihan, di mana sepanjang hidupnya betul-betul alim kepada Allah SWT. Hamba-hamba pilihan ini termasuk para waliyullah.

Di antara para waliyullah ini adalah Amir bin Abd Qais. Ia adalah seorang mahir ibadah dan seorang Tabiin nan doa-doanya selalu dikabulkan Allah. Namun demikian, dia tidak pernah mendoakan perihal jelek kepada siapapun, termasuk ketika dia difitnah hingga membuatnya diusir dan diasingkan ke Syam.

Dikutip dari kitab Shalat Orang-Orang Saleh karya Ahmad Mushthafa Ata-Thahthawi, Amru bin Abd Qais termasuk Tabiin nan mempunyai karomah. Salah satunya, konon dia melaksanakan sholat di suatu lembah nan banyak hewan buasnya.

Ada seekor hewan galak mendatanginya dan mencoba menerkamnya dari arah belakang. Binatang itu mencengkeramkan kedua tangan beserta kuku-kuku tajamnya di kedua pundak Amir bin Abd Qais.

Namun, dia tetap saja melanjutkan shalatnya, tanpa bergerak dan menoleh sedikitpun. Ketika itu dia sedang membaca surat Hud ayat 103 "Hari hariakhir itu adalah suatu hari nan semua manusia dikumpulkan untuk (menghadapi)nya, dan hari itu adalah suatu hari nan disaksikan (oleh segala makhluk)."

Ketika memandang Amir bin Abdu Qais tidak menunjukkan reaksi apa-apa, hewan itu pun pergi dengan sendirinya. "Demi Allah, tidakkah Anda takut dengan apa nan barusan Anda lihat?" tanya orang-orang nan memandang kejadian itu. "Saya sungguh malu kepada Allah SWT jika kudu takut kepada selain-Nya," jawab Amir bin Abd Qais.

Selanjutnya...

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam