Kasus Kericuhan Pamulang, Begini Adab Bagi Para Pendatang Dalam Islam

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Ilustrasi pendatang.

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Kericuhan terjadi antara sekelompok mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) dengan masyarakat setempat pada Ahad (5/5/2024) kemarin. Namun, berasas keterangan sejumlah warga, kejadian di Pamulang itu merupakan puncak kejengkelan warga, bukan lantaran golongan mahasiswa melakukan ibadat angan Rosario.

Selama ini penduduk mengaku resah dengan ulah mahasiswa nan kos-kosaan kerap kumpul-kumpul dan ribut sehingga mengganggu warga. Namun, dengan adanya tindak kekerasan, pihak kepolisian menetapkan empat penduduk sebagai tersangka. 

Terlepas dari masalah itu, gimana sebenarnya Islam mengajarkan tentang etika dan tata krama manusia sebagai pendatang atau tamu di negeri orang? Apakah kudu menyesuiakan dengan masyarakat setempat dan norma-norma apa saja nan kudu dipatuhi?

Terlepas dari persoalan norma nan sedang ditangani abdi negara penegak hukum, Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah, Ustadz Fathurrahman Kamal menjelaskan, sebagai kaum terpelajar terlebih sebagai pendatang hendaknya menyadari bahwa mereka sebagai duta terhormat pengetahuan pengetahuan dan penjaga gawang moralitas publik di tengah-tengah masyarakat. 

"Masyarakat tidak menilai mereka semata dari orasi dan narasi ilmiah nan hebat, tetapi dari sikap, tutur kata, serta prilaku nyata sehari-hari. Jangan runtuhkan kepercayaan (trust), terlebih membikin mereka cuek dengan organisasi terpelajar," ujar Ustadz Fathurrahman kepada Republika, Kamis (9/4/2024). 

Lihat laman berikutnya >>>

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam