Keberbakatan Dan Kreativitas Menurut Islam

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Kincaimedia- keberbakatan dan produktivitas merupakan anugerah nan diberikan oleh Allah SWT. Anugerah sendiri merupakan potensi awal nan dimiliki oleh kita sebagai manusia alias fitrah.

Menurut Prof. Dr. Quraish Shihab, fitrah adalah kesucian alias sesuatu nan belum mendapat sentuhan apapun dari cipta karsa manusia, tetap murni sesuai apa nan diberikan oleh Allah SWT. Kita pasti sering mendengar bahwa manusia adalah Ahsani taqwim ialah sebaik-baiknya ciptaan, perihal tersebut dijelaskan dalam Surat At-tin ayat 4.

Meskipun keberbakatan dan produktivitas itu anugerah, tetapi manusia kudu melatih dan mengembangkan talenta dan produktivitas nan diberikan oleh Allah SWT.

Cara mengembangkan keberbakatan dan produktivitas ialah menggunakan akal, seperti
yang kita tahu dan pasti sering mendengarnya bahwa nan membedakan manusia dan
makhluk lainnya adalah akal. Oleh lantaran itu maka akal, kudu difungsikan dengan baik,
seperti berfikir untuk kebermanfaatan dan kemaslahatan manusia.

Dalam Islam sendiri surat nan pertama turun adalah Surat Al-Alaq ayat 1-5, ayat tersebut memerintahkan untuk membaca, dengan kata lain membaca juga menggunakan logika ialah berpikir guna mengetahui apa nan belum diketahui.

Manusia merupakan makhluk nan unik, salah satu karakter nan dimiliki oleh manusia adalah potensi nan dimiliki oleh manusia nan satu dengan manusia nan lainnya itu berbeda, tidak sama, begitu juga dengan keberbakatan dan kreativitas.

Perbedaan tersebut wajar, Al-Qur’an sendiri sudah menjelaskan bahwa Allah menciptakan manusia nan berbeda-beda untuk saling mengenal satu sama lain. Menyikapi perbedaan tersebut nan kudu dilakukan adalah saling belajar satu sama lain dan perbedaan itu merupakan sunnatullah.

Kemudian nan perlu diingat adalah, semakin besar potensi nan dimiliki oleh manusia, maka semakin besar pula tanggung jawabnya di hadapan Allah SWT. Karena segala sesuatu bakal dipertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT di alambaka kelak.

Intinya, keberbakatan dan produktivitas dalam Islam merupakan sesuatu nan penting, nan merupakan hidayah dari Allah SWT untuk menjadikan manusia sebagai manusia nan berfaedah baik untuk diri sendiri maupun untuk masyarakat.

Terhadap keberbakatan dan produktivitas itu sebagai hamba kudu berterima kasih atas apa nan diberikan oleh Allah SWT tersebut. Selain itu, jangan sesekali menyesali alias mengeluh atas segala sesuatu nan diberikan oleh Allah SWT tersebut. Lalu jangan lupa kudu menggunakan keberbakatan dan produktivitas nan ada pada diri kita untuk kemaslahatan.

Selengkapnya
Sumber Bincang Syariah
Bincang Syariah