Kebiasaan Rasulullah Saw Setelah Sholat Subuh Ini Lancarkan Rezeki, Begini Penjelasannya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Ilustrasi sholat Subuh. Rasulullah SAW tidak pernah tidur setelah sholat Subuh

KINCAIMEDIA, JAKARTA— Subuh adalah waktu nan sangat berharga. Sholat Subuh juga banyak mempunyai keutamaan. Termasuk rekomendasi Rasulullah SAW Agar umat Islam tidak tidur setelah melaksanakan sholat Subuh. Mengapa?

Sebab pada pagi hari Allah Subahanahu wa Ta'ala menurunkan banyak keberkahan bagi kita hamba-Nya. Maka jika hamba tersebut mau untuk bergerak, melakukan aktivitas nan bermanfaat, maka orang tersebut bakal memperoleh keberkahan.

Sedang orang nan justru tidur pada pagi hari, maka dia tidak bakal memperoleh keberkahan dan terputusnya rezeki. 

Yang dimaksud terputusnya rezeki bisa jadi orang tersebut kehilangan kesempatan memperoleh untung dalam niaganya, kehilangan kesempatan bekerja, alias apalagi terputusnya rezeki berupa kesehatan.

Contohnya orang nan tetap tidur pada pagi hari tidak bakal memperoleh udara nan segar, hingga sinar mentari pagi nan menyehatkan. 

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: نَوْمُ الصُّبْحَةِ يَمْنَعُ الرِّزْقَ Rasulullah ﷺ bersabda, “Tidur pagi itu menghalangi datangnya rezeki.” (HR Ahmad dan Baihaqi). 

Rasulullah ﷺ mendoakan langsung orang-orang nan mau berkegiatan di pagi hari. Dan Rasulullah ﷺ pun dalam melancarkan serangan melawan musuh lebih memilih di pagi hari. 

Terbukti itu membikin pasukan Muslim meraih kemenangan. Karena pada waktu pagi tubuh para pasukan Muslim tetap segar, kekuatan dan stamina pun tetap prima. 

Sementara musuh ialah orang-orang kafir nan mempunyai kebiasaan bangun siang hari tidak mempunyai kesiapan ketika mendapat gempuran pasukan Muslim di pagi hari. 

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِاُ مَّتِى فِى بُكُوْرِهَاوَكَانَ اِذَابَعَثَ سَرِيَّةً بَعَثَهُمْ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ.

Rasulullah ﷺ bersabda,"Ya Allah berkahilah untuk umatku dalam aktivitas paginya. Dan andaikan Rasulullah mengirimkan pasukan, Rasulullah mengirim sejak pagi-pagi.” (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah). 

sumber : Dokumentasi Republika

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Kincaimedia, Klik di Sini

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam