Keluar Mani Saat Puasa Sebab Menonton Tiktok, Batalkah?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Kincaimedia – Salah satu pekerjaan nan dapat membatalkan puasa adalah mengeluarkan sperma dengan sengaja. Menonton video seksi di Tiktok  diduga kuat dapat memberi rangsangan sehingga meningkatkan syahwat. Lantas, gimana ketika keluar mani saat puasa gara-gara menonton video seksi di tiktok? Apakah perihal ini dapat membatalkan puasa?

Allah SWT menjelaskan secara umum mengenai hal-hal nan dapat membatalkan puasa dalam ayat berikut ini :

اُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ اِلٰى نِسَاۤىِٕكُمْ ۗ هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَاَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ ۗ عَلِمَ اللّٰهُ اَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُوْنَ اَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۚ فَالْـٰٔنَ بَاشِرُوْهُنَّ وَابْتَغُوْا مَا كَتَبَ اللّٰهُ لَكُمْ ۗ وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتّٰى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْاَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِۖ ثُمَّ اَتِمُّوا الصِّيَامَ اِلَى الَّيْلِۚ وَلَا تُبَاشِرُوْهُنَّ وَاَنْتُمْ عَاكِفُوْنَۙ فِى الْمَسٰجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُوْدُ اللّٰهِ فَلَا تَقْرَبُوْهَاۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ اٰيٰتِهٖ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُوْنَ 

Artinya : “Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah busana bagimu, dan Anda adalah busana bagi mereka. Allah mengetahui bahwa Anda tidak dapat menahan dirimu sendiri, tetapi Dia menerima tobatmu dan mengampuni kamu. 

Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa nan telah ditetapkan Allah bagimu. Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, ialah fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam. 

Tetapi jangan Anda campuri mereka, ketika Anda beriktikaf dalam masjid. Itulah ketentuan Allah, maka janganlah Anda mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, agar mereka bertakwa.” [Al-Baqarah: 187]

Ibnu Rusyd berkomentar bahwa ayat tersebut menjadi dasar kesepakatan ustadz mengenai tiga perkara nan membatalkan puasa ialah makan, minum dan jimak (bersenggama). Dalam perihal ini, ustadz memperluas cakupan makna jimak sehingga seseorang nan mengeluarkan sperma dengan sengaja seperti melakukan onani di siang hari bulan Ramadhan maka dapat membatalkan puasa.

Hal ini sebagaimana dalam keterangan Imam Nawawi dalam kitab Nihayatuz Zain berikut,

واستمناء) أى طلب خروج المني وهو مبطل للصوم مطلقا سواء كان بيده أو بيد حليلته أو غيرهما بحائل أولا بشهوة أولا

Artinya : “Bersenang senang artinya mengeluarkan mani dengan sengaja dapat membatalkan puasa baik itu dilakukan dengan menggunakan tangannya sendiri alias menggunakan tangan istrinya alias nan lain. baik perihal tersebut dilakukan dengan penghalang alias tidak dengan syahwat alias tidak tetap membatalkan puasa”

Akan tetapi dalam perihal mengeluarkan sperma dengan sengaja ini ustadz memberi syarat adanya persentuhan (mubasyarah), sehingga andaikan mengeluarkan sperma akibat memandang alias mengkhayal maka tidak sampai membatalkan puasa. 

Hal ini sebagaimana keterangan Imam Nawawi dalam kitab Raudhatut Thalibin wa Umdatul Muftin juz II, laman 247,

المني إذا خرج بالاستمناء أفطر وإن خرج بمجرد فكر ونظر بشهوة لم يفطر وإن خرج بمباشرة فيما دون الفرج أو لمس أو قبلة أفطر هذا هو المذهب وبه قال الجمهور

Artinya, “Sperma jika keluar (ejakulasi) karena onani, maka puasa seseorang batal. Tetapi jika mani keluar dengan semata-mata pikiran dan memandang dengan syahwat, maka puasanya tidak batal. Sedangkan ejakulasi karena kontak bentuk pada selain kemaluan, sentuhan, alias ciuman, maka puasanya batal. Ini pandangan ajaran Syafi’i. Demikian juga pandangan kebanyakan ulama,” 

Alhasil, dari keterangan diatas dapat diketahui bahwa andaikan seseorang mengeluarkan sperma tanpa ada proses persentuhan langsung, seperti ketika keluar mani karena menonton video seksi di tiktok, maka perihal ini tidak membatalkan puasa. 

Namun demikian, di bulan suci ramadhan nan merupakan bulan untuk melatih diri mengekang hawa nafsu, hendaklah kita bersikap lebih berhati-hati. Jangan sampai kita masuk dalam hadits Rasulullah saw tentang mereka nan berpuasa tetapi tidak mendapatkan apapun selain lapar dan dahaga. 

Demikian penjelasan mengenai keluar mani saat puasa akibat menonton video seksi di Tiktok. Semoga bermanfaat. Wallahua a’lam. [Baca juga: Hukum Infus dan Suntik Saat Puasa]

Selengkapnya
Sumber Bincang Syariah
Bincang Syariah