Kepercayaan Yahudi Israel Terhadap Sapi Merah Untuk Ritual

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Warga melangkah di gang dekat rumah family Sub-Laban di area Muslim Kota Tua Yerusalem, Senin (12/6/2023).

KINCAIMEDIA, YERUSALEM -- Israel telah mendapatkan lima sapi betina berwarna merah dengan bentuk sempurna. Sapi merah itu diperlukan untuk ritual penyucian bagi mereka nan telah terkena najis.

Temple Institute menjelaskan sapi dara berwarna merah itu datang ketika persiapan meletakkan dasar bagi pembangunan Kuil Ketiga di Yerusalem. Hal ini dilaporkan The Jerusalem Post pada September 2022.

Sapi merah pertama kali disebutkan dalam Kitab (19:3) nan dipercaya Yahudi Israel. Teks kitab itu berbunyi, "Ketika Tuhan memberi tahu Musa dan Harun, 'Inilah norma ritual nan diperintahkan Tuhan: Perintahkan orang Israel untuk membawakanmu seekor sapi merah tanpa cacat, nan tidak ada di dalamnya abnormal dan tidak ada kuk nan dipasang padanya'.”

Kitab Taurat selanjutnya menjelaskan gimana sapi diolah dan dibakar serta abunya dicampur ke dalam air nan disucikan. Mereka nan menjadi najis lantaran menyentuh mayit manusia bakal disucikan dengan langkah memercikkan air bercampur abu tersebut dua kali. Yakni tiga hari sekali setelah mereka bergesekan dengan mayit tersebut, dan nan kedua tujuh hari setelah mereka kontak dengan mayat.

Kitab Taurat menceritakan bahwa seekor lembu merah dibawa ke Imam Elazar, putra Harun, dan diolah untuk dijadikan abu untuk ritual tersebut. Menurut Talmud, abu tersebut digunakan sejak saat itu hingga akhir periode Kuil Pertama. Selama periode Kuil Kedua, lima hingga tujuh sapi dara merah lainnya dibakar untuk dijadikan abu.

Maimonides menulis dalam ringkasan norma Yahudi, Mishneh Torah (Laws of the Red Heifer, 3:4), bahwa sapi merah berikutnya bakal dibawa oleh Mesias.

Pentingnya sapi merah bagi Yahudi...

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Kincaimedia, Klik di Sini

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam