Ketahui Manfaat Buah Bengkoang Bagi Kesehatan

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Manfaat bengkoang – Apakah grameds pernah mendengar apalagi mencoba buah bengkoang? Pasti pernah, ya! Buah bengkoang ini sebagai salah satu tanaman nan dapat memberikan hasil dalam corak umbian. Buah ini mengandung beragam vitamin, seperti vitamin C, B1, protein hingga serat kasar nan tinggi. Selain itu, buah bengkoang juga mengandung bahan antioksidan nan dapat mencegah kerusakan kulit oleh radikal bebas.

Pada umbi buah bengkoang juga tidak tahan terhadap suhu rendah, sehingga mudah mengalami kerusakan. Maka, disarankan bagi grameds sebagainya untuk menyimpan umbi tersebut pada tempat kering dengan suhu maksimal 16oC. Dalam penyimpanannya, umbi buah bengkoang juga hanya dapat memperkuat sekitar dua bulan dengan keadaan nan lembab serta suhu nan sesuai.

Sudah tahu faedah bengkoang? Nah, biar Grameds nggak penasaran lagi dengan faedah bengkoang, maka simak tulisan ini sampai selesai, ya.

Kandungan Gizi Buah Bengkoang 

Selain mempunyai vitamin C, buah bengkuang terkenal dengan kandungan seratnya nan lumayan melimpah. Berikut ini kandungan gizi dari buah bengkoang dalam 100 gram bahan mentah, antara lain :

  • 38 kalori
  • 8,82 gram karbohidrat
  • 1,80 gram gula
  • 0,09 gram lemak
  • 0,72 gram protein
  • 4,90 gram serat
  • 150 mg potassium
  • 12 mg kalsium
  • 20,20 mg vitamin C

Sehingga buah bengkoang termasuk ke dalam daftar makanan nan ramah berat badan lantaran mempunyai rendah kalori dan gula. Selain itu, buah bengkoang juga mengandung beberapa jumlah mini vitamin E, vitamin B6, kalsium, tiamin, riboflavin, fosfor, seng serta tembaga.

Manfaat Buah Bengkoang Bagi Kesehatan

pixabay.com/lauryann

Berbagai nutrisi nan ada di dalam buah bengkoang menjadikan perihal ini baik untuk dikonsumsi secara rutin. Nah, berikut ini ada beberapa faedah dari buah bengkoang untuk kesehatan. Apa saja, ya? yuk simak penjelasannya di bawah ini.

  • Untuk menurunkan berat badan

Selain mengonsumsi air putih nan cukup banyak, grameds juga perlu menambahkan buah-buahan dalam menjalankan program diet, salah satunya buah bengkoang. Kandungan nan ada di buah bengkoang tergolong relatif rendah ialah hanya sekitar 40 kalori dalam setiap 100 gramnya.

Selain itu, juga dapat membikin grameds merasa kenyang lebih lama. Adanya pengaruh ini membikin buah bengkoang baik dalam membantu menurunkan berat badan. Buah ini dapat dikonsumsi langsung tanpa perlu dimasak terlebih dahulu. Namun perlu diperhatikan, pilihlah buah bengkoang nan mempunyai kualitas tinggi, pastikan setelah dikupas buah tersebut dibersihkan dengan sempurna alias dicuci agar kondusif untuk dikonsumsi.

  • Meningkatkan kegunaan otak 

Meskipun mempunyai kandungan nan cukup kecil, dalam buah bengkoang terdapat vitamin B6 nan mempunyai faedah besar bagi kesehatan. Vitamin ini berfaedah membantu otak serta saraf nan bekerja lebih baik serta membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah dan mengubah protein menjadi energy. Selain itu, kandungan serat dan karbohidrat nan ada pada buah bengkoang juga baik untuk menjaga kelancaran aliran darah pada otak.

  • Menurunkan akibat kanker 

Ketika grameds terjadi paparan radikal bebas dalam jumlah besar, maka bakal meningkatkan akibat kondisi kesehatan nan serius, contohnya seperti glukosuria dan kanker. Di dalam buah bengkoang mengandung antioksidan seperti vitamin C nan berfaedah menangkal paparan radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin C juga berkedudukan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membikin grameds tidak mudah sakit.

  • Mencegah dehidrasi

Buah bengkoang mempunyai kaya bakal kandungan air nan berjumlah sekitar 85%. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi buah bengkoang tidak hanya dapat membikin grameds merasa kenyang, namun juga mencegah dari dehidrasi.

Buah bengkoang menjadi perhatian bagi kalangan masyarakat, lantaran komoditas ini pernah masuk ke dalam rekor muri sebagai bengkoang terberat ialah 21 kg. Selain itu, buah ini juga dijadikan komoditas unggulan wilayah padang nan dijuluki sebagai kota bengkoang, serta pabrikasi pati alias tepung bengkuang bahan baku industri kosmetik di wilayah Kebumen (Jawa Tengah).

Hampir semua bagian buah bengkuang mempunyai peran masing-masing seperti untuk kebutuhan pangan gizi, kesehatan, kecantikan apalagi kelestarian lingkungan. Apabila grameds mau menanam buah bengkoang di pekarangan, maka dapat belajar dari kitab “Kiat Sukses Budi Daya Bengkuang”. Dalam kitab ini grameds bakal menemukan beragam inovasi-inovasi mengenai dengan buah bengkoang serta kesempatan upaya nan tidak terbayangkan sebelumnya.

Grameds, dalam kitab ini juga bakal belajar tentang manfaat, potensi, pengenalan varietas unggul, teknik budi daya, panen hingga jenis olahan bengkoang nan dapat ditemukan di dalam kitab ini. Dengan pedoman nan lengkap, sederhana, sistematis untuk memandu upaya budidaya serta pengolahan buah bengkoang di lapangan. Dapatkan kitab ini hanya di Gramedia.com, ya!

  • Menjaga kesehatan jantung 

Kandungan-kandungan nan ada di buah bengkoang juga berfaedah untuk menjaga kesehatan jantung. Asupan serat nan tercukupi dapat menghalang penyerapan serta mengurangi jumlah kolesterol, sehingga baik untuk mengatasi kolesterol tinggi. Manfaat ini dapat mencegah terjadinya pembentukan plak alias penyumbatan pada pembuluh darah jantung alias aterosklerosis.

  • Melancarkan pencernaan 

Kemudian, faedah selanjutnya adalah untuk melancarkan pencernaan. Serat pada buah bengkoang dapat membikin tinja lebih lunak serta mudah bergerak melalui saluran pencernaan. Selain itu, nutrisi nan ada di dalam buah bengkoang juga berkedudukan untuk melancarkan sistem pencernaan seperti air dan inulin nan dapat mengatasi serta mencegah terjadinya sembelit.

  • Meminimalisir indikasi menopause 

Manfaat buah bengkoang selanjutnya adalah meminimalisir sakit nyeri ketika datang bulan. Buah ini bisa membantu meringankan beberapa indikasi menopause. Dalam studi penelitian nan dilakukan selama 30 hari, 24 wanita setelah menopause bakal beranjak dari makanan pokok nasi menjadi mengkonsumsi buah bengkoang 2-3 kali per hari.

  • Membantu pengobatan diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit nan paling umum terjadi di Indonesia. Diabetes dibedakan menjadi beberapa macam, namun nan paling umum adalah glukosuria jenis 2. Penyakit ini disebabkan oleh penurunan alias defisiensi sekresi insulin. Selain itu, pada buah bengkoang terdapat kandungan allantoin nan dapat memodulasi stress oksidatif. Dalam kandungan ini dapat meningkatkan kegunaan hati nan mempertahankan kadar insulin serta glukosa.

  • Mengatasi masalah peradangan 

Tidak hanya berfaedah pada buah bengkoangnya saja, namun kulit luar bengkoang rupanya mempunyai senyawa nan disebut saponin. Senyawa ini dapat membantu melawan masalah peradangan. Sehingga, faedah dari buah bengkoang untuk kesehatan dapat memerangi peradangan dan membantu mengendurkan otot perut dan panggul.

  • Membentuk tulang dan gigi nan sehat 

Buah bengkoang mempunyai kandungan fosfor dan kalium nan dapat menjaga pertumbuhan tulang dan gigi. Kebutuhan kalsium dan fosfor dapat dipenuhi andaikan grameds rutin mengonsumsi buah bengkoang agar tulang dan gigi tumbuh dengan normal.

  • Membantu mencerahkan wajah kulit

Manfaat buah bengkoang nan lain ialah dapat dipercaya untuk memutihkan serta mencerahkan kulit. Dengan rutin mengkonsumsi buah bengkoang, bisa membikin kulit tetap segar serta menghilangkan noda maupun flek hitam di wajah.

Selain dikonsumsi, buah bengkoang juga dapat digunakan sebagai masker wajah. Grameds dapat mendiamkan sekitar 15 menit dan basuh wajah menggunakan air. Bahan nan satu ini kondusif digunakan untuk ibu mengandung serta tidak bakal berpengaruh pada calon buah hati.

  • Menjaga daya tahan tubuh

Buah bengkoang mempunyai kandungan kaya bakal vitamin C nan dapat memberikan dorongan besar pada sistem kekebalan serta pertahanan tubuh terhadap kuman. Hal ini juga bagus untuk kesehatan mata dan kulit, lho grameds! Di sisi lain, buah bengkoang juga dapat mengurangi peradangan di tubuh nan menyebabkan radang sendi serta penyakit lainnya selama kehamilan.

  • Menjaga gula darah

Apabila grameds mempunyai penyakit gula darah, salah satu solusinya adalah buah bengkoang. Buah ini mempunyai karbohidrat nan tidak terlalu mempengaruhi gula darah grameds.

  • Menenangkan saraf dan otot nan tegang

Pasti grameds pernah merasakan stress, ya? Stres mungkin menjadi salah satu gangguan terbesar saraf dan nyeri otot. Ketika grameds terlalu stress dengan sesuatu, menyebabkan sel-sel tubuh bakal berpengaruh secara negatif. Hal ini bakal berujung pada keahlian nan jelek di lingkungan pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.

  • Memiliki kuman nan baik 

Buah bengkoang mengandung salah satu inulin nan tinggi serat prebiotic. Hal tersebut sebagai unsur nan dapat digunakan kuman dalam tubuh, sehingga berfaedah untuk kesehatan. Pada tubuh, pencernaan tidak dapat menyerap prebiotic seperti inulin, bakal tetapi kuman nan terdapat di usus dapat memfermentasikannya.

Dengan adanya prebiotic, maka dapat meningkatkan populasi kuman baik di usus serta mengurangi jumlah kuman nan tidak sehat. Jenis kuman nan ada di dalam usus dipercaya dapat mempengaruhi berat badan, suasana hati apalagi sistem kekebalan tubuh.

  • Menjadi salah satu menu diet

Selain buah nan lain, buah bengkoang juga menjadi salah satu menu diet. Karena buah ini mempunyai kaya bakal serat nan membikin grameds bakal lebih sigap kenyang saat memakannya. Selain itu, buah bengkuang juga mudah diolah, baik untuk camilan sehat, olahan rujak buah hingga dibuat salad buah.

  • Baik dikonsumsi pada penderita maag

Karena buah bengkoang mempunyai kandungan serat nan tinggi, tidak hanya baik untuk penderita kanker maupun jantung, namun juga dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan penyakit lambung. Maka, ketika grameds mempunyai riwayat maag selain minum obat disarankan untuk mengimbangi dengan pencegahan lain seperti mengelola stress dengan baik dan menghindari makanan pemicu naiknya masam lambung seperti masam dan pedas.

  • Mencegah anemia 

Buah bengkoang juga mengandung sejumlah unsur besi dan folat nan berkedudukan untuk menghasilkan sel darah merah serta meningkatkan pertumbuhan dan kegunaan sel. Adanya kandungan tersebut, faedah mengkonsumsi buah bengkoang bagi kesehatan dapat mencegah anemia. Kondisi ini terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah nan sehat. Ketika grameds mengalami anemia bakal menyebabkan beberapa keluhan seperti sakit kepala, kulit menjadi pucat, kelelahan, sering mengantuk dan lain sebagainya.

  • Meningkatkan produksi ASI

Manfaat buah bengkoang sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI. Hal ini diperoleh dari beberapa penelitian, bahwa dengan mengkonsumsi buah bengkoang secara rutin dapat membantu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

  • Mengurangi stres

Kemudian, faedah buah bengkoang selanjutnya adalah dapat mengurangi stress. Kandungan didalamnya mempunyai potasium nan tinggi, membantu mengurangi stress serta menjaga kesehatan saraf. Selain itu, potassium ini juga dapat mempertahankan keseimbangan elektrolit dan memperkuat sistem saraf.

Dalam budidaya tanaman buah sangat dan tidak memerlukan perawatan khusus. Jika grameds mempunyai pekarangan nan luas, maka langsung dapat menanam tanaman buah tersebut, namun sebaliknya andaikan pekarangan sempit dalam menanam buah hanya dapat dilakukan di dalam pot. Pada tanaman buah dalam pot tidak bakal mengganggu tanaman lainnya, lantaran semua akar hanya hidup dalam pot.

Misalnya seperti tanaman buah bengkuang, grameds dapat meletakkan tanaman tersebut ke dalam pot terlebih dahulu. Ketika sudah besar, dapat dipindahkan ketempat nan lebih luas. lantaran semua nutrisi nan dibutuhkan dapat dipenuhi dengan memberikan pupuk sesuai dengan kebutuhan ke dalam pot serta penanggulangan (benih)penyakit nan sangat mudah dipantau.

Grameds dapat belajar dari kitab “Buah di Pekarangan Rajin Berbuah”, nantinya grameds bakal memilih buah apa saja nan cocok ditanam di pekarangan dengan memperhatikan kondisi ketinggian tempat tinggal. Seperti buah bengkoang nan merupakan salah satu tanaman dengan tumbuh di tempat mana aja serta tidak perlu melakukan perawatan nan terlalu rumit.

  • Memperbaiki kualitas tidur 

Buah bengkoang mempunyai kandungan magnesium nan tinggi, bisa membantu memperbaiki kualitas tidur. Magnesium juga bakal membantu menjaga keseimbangan hormone, mengurangi kekhawatiran hingga meningkatkan kualitas tidur.

  • Menyamarkan noda hitam 

Selain dapat mencerahkan kulit, buah bengkoang juga bisa untuk menyamarkan noda hitam. Noda hitam di wajah sering menjadi tidak percaya diri, ya grameds. Grameds dapat menggunakan masker bengkoang untuk menghilangkan noda hitam ini. Gunakan secara teratur sebanyak 2 hingga 4 kali dalam seminggu. Lihat perbedaannya, ya!

  • Menghilangkan jejak jerawat 

Buah bengkoang rupanya dapat menghilangkan jejak jerawat, lho. Bahkan jerawat nan membandel sekalipun. Caranya nyaris sama dengan masker bengkoang, namun digunakan setiap 2 hari sekali, ya.

  • Mengontrol minyak pada wajah

Karena buah bengkoang mempunyai air nan cukup banyak, maka dapat mengontrol kadar minyak di wajah. Gunakan buah bengkoang ini sebagai bahan untuk masker wajah. Setelah itu dapat diaplikasikan pada wajah secara rutin minimal satu minggu sekali. Kemudian, grameds bakal memandang minyak pada wajah lebih berkurang dibandingkan dengan sebelumnya.

  • Meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala

Di dalam buah bengkoang mengandung unsur besi nan dapat membantu sel darah merah membawa oksigen. Sehingga sirkulasi darah di kulit bakal lebih meningkat. Apabila kadar unsur besi dalam tubuh rendah, maka rambut bakal mudah rontok nan dapat menyebabkan kebotakan. Oleh karena itu, dengan rutin mengonsumsi buah bengkoang secara teratur dapat menghindari kerontokan pada rambut.

Negara Indonesia sebagai salah satu negara nan mempunyai beragam jenis buah-buahan. Ketika musim panen, jumlah buah-buahan sangat banyak, apalagi dapat membusuk salah satunya buah bengkoang. Agar buah-buahan tersebut tidak terbuang dengan percuma, maka grameds perlu mengawetkan buah tersebut agar memperkuat lebih lama.

Tujuannya ialah agar buah-buahan ketika panen tidak mudah busuk, mempermudah pengangkutan, serta menunjang ekonomi dan perdagangan para pertain buah-buahan. Di dalam kitab “Mengawetkan Buah-Buahan” grameds bakal mempelajari dan memahami tentang budidaya buah hingga cara-cara pengawetan pada buah-buahan, terutama pada buah bengkoang tadi, ya!

Tidak hanya belajar secara otodidak dalam mengawetkan buah bengkoang, namun grameds dapat mempelajari dari kitab tersebut. Karena buah bengkoang mempunyai banyak manfaat, maka jangan sampai buah tersebut membusuk!

Nah, itulah penjelasan tentang faedah buah bengkoang, ya grameds.  Buah bengkoang mempunyai banyak faedah bagi kesehatan serta dapat membantu dalam mencegah dan mengatasi beragam masalah kesehatan. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin sebagai bagian dari pola makan sehat, ya grameds!

Jika Grameds tetap bingung, dan memerlukan referensi mengenai faedah dari suatu buah, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami bakal selalu memberikan info terbaik dan terlengkap untuk Grameds. Semoga tulisan ini menginspirasimu ya!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berbobot dan original agar Grameds mempunyai info #LebihDenganMembaca.

Penulis : Rosyda Nur Fauziyah

Sumber tulisan : 

Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat : Pemanfaatan Bengkuang (Pachyrhizus Erosus) Afkir Untuk Pembuatan Bedak Dingin Pada Kelompok Wanita Tani Berkat Yakin Kec. Batang Anai Kab. Padang Pariaman. (http://repo.unand.ac.id/8301/1/document%20%281%29.pdf )

https://www.alodokter.com/manfaat-bengkoang-yang-kaya-serat

https://www.halodoc.com/artikel/tak-hanya-mencerahkan-kulit-ini-5-manfaat-bengkoang-untuk-tubuh

https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-buah-bengkoang

Baca juga:

ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog