Ketahuilah Masjid Al Aqsa Bukan Cuma Dome Of The Rock, Simak 7 Fakta Penting Ini

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA – Masjid Al Aqsa menjadi salah satu masjid nan diabadikan dalam Alquran. Ini tak lain menunjukkan posisi spesial masjid tersebut. 

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

"Mahasuci Allah, nan telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Masjid Al Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Mahamendengar lagi Mahamengetahui." (QS Al Isra ayat 1) 

Al Aqsa adalah kiblat pertama bagi umat Islam di era kenabian pertama, dan merupakan tempat nan dimuliakan Allah SWT.

Ada sejumlah perihal nan patut diketahui oleh setiap Muslim tentang Masjid Al Aqsa. Setidaknya terdapat delapan perihal mengenai perihal tersebut, seperti dilansir Masrawy.

Pertama, Masjid Al Aqsa adalah kiblat pertama dari dua kiblat. Setelah itu, kiblat dipindah ke Masjidil Haram. Masjid Al Aqsa terletak di sebuah bukit di perspektif tenggara tembok Kota Tua Yerusalem (Kota Tua). Lokasinya di sebelah timur Yerusalem di Tepi Barat, dan panjang tembok masjid sekitar 144 kilometer persegi.

Kedua, Masjid Al Aqsa sebetulnya dikenal dengan banyak nama, ialah ada sekitar 20 nama. Nama nan paling terkenal adalah Masjid Al Aqsa sendiri, Baitul Maqdis, dan Elia.

Ketiga, jumlah pintu Masjid Al Aqsa adalah 14. Empat di antaranya ditutup. Pendudukan Israel telah menyita kunci Jalur Bab Al-Maghariba sejak 1967, dan mengontrol buka dan tutupnya, lantaran pintu ini adalah nan paling dekat ke ruang sholat masjid. Orang-orang Yahudi bermaksud membongkar ruang tersebut dan membangun sebuah kuil Yahudi sebagai gantinya.

Keempat, pintu Masjid Al Aqsa nan terbuka adalah Bab al-Asbat, Bab Hatta, Bab al-Atam, Bab al-Ghawanimah, Bab al-Mutahara, Bab al-Qattanin, Bab al-Silsilah, Bab al-Maghariba, Bab al-Hadid, dan Bab al-Nazir. Ini adalah pintu-pintu antik nan arsitekturnya diperbarui pada era Islam. Bab dalam bahasa Indonesia berfaedah pintu.

Kelima, Masjid Al Aqsa mempunyai empat menara nan berasal dari era Dinasti Mamluk. Tiga di antaranya terletak sejajar di sebelah barat masjid, dan satu lagi di sisi utara, dekat Bab Al Asbath.

Keenam, adalah mengenai nan mana Masjid Al Aqsa. Ada nan beranggapan bahwa Al Aqsa adalah gedung nan berkubah emas, dan ada pula nan beranggapan bahwa Al Aqsa adalah gedung nan kubahnya berwarna hitam. Padahal konsep Al Aqsa nan sebenarnya adalah segala sesuatu nan berada di dalam tembok nan mengelilingi kompleks Al Aqsa.

Ketujuh, berangkaian dengan cakupan Masjid Al Aqsa. Masjid Al Aqsa meliputi Kubah Shakhrah alias Dome of the Rock (yang berkubah emas), nan terletak di jantung Masjid Al Aqsa (dan sekarang digunakan sebagai ruang sholat wanita pada hari Jumat.

Masjid Al Aqsa juga mencakup tempat sholat Al Qibli, nan kubahnya berwarna hitam, dan terletak di titik paling selatan Masjid Al Aqsa, searah dengan kiblat.

Selain dua gedung masjid itu, apa nan disebut Masjid Al Aqsa juga meliputi sekitar 200 landmark lainnya. Di antaranya saluran air, teras, koridor, sekolah, pohon, relung, mimbar, menara, pintu, sumur, perpustakaan, halaman, dan instansi Departemen Wakaf Komite Zakat dan Komite Warisan Damai, Pusat Al-Qur’an dan Hadits, ruang pribadi untuk para pemimpin dua masjid besar dan penjaga Masjid Al Aqsa serta instansi polisi.

Sumber: Masrawy

photo

Rahasia Masjid Al Aqsa - (Republika)

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam