Keutamaan Memuliakan Anak Yatim

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Sejumlah anak yatim saat menikmati hidangan takjil di Jakarta, Kamis (28/3/2024).

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Di Indonesia banyak panti-panti didikan bagi anak yatim berdiri baik nan didirikan oleh perseorangan maupun golongan dan lembaga. Ada pula nan bergerak secara individu mengasuh anak yatim tanpa mendirikan panti asuhan.

Apa keistimewaan mengasuh anak yatim?

Ahli hadis, As-Samarqandi dalam bukunya 200 Motivasi Nabi & Kisah Inspiratif Pembangun Jiwa mengatakan mengasuh anak yatim merupakan perbuatan mulia. Rasulullah saw apalagi menyebut surga adalah janji bagi mereka nan mengasuh anak yatim.

Abu Hurairah berkata, Rasulullah bersabda, "Orang nan menjamin anak yatim dan nan lainnya, maka saya dan dia seperti ini di surga." Beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya. (HR Bukhari dan Muslim).

Meskipun anak yatim hidup tanpa kelengkapan keluarga, namun mereka mempunyai syafaat luar biasa. Itu sebabnya mereka nan merawatnya dijanjikan surga.

Diceritakan, seorang saleh berkata, "alasan nan membuatku bertobat dari suka meneggak minuman keras dan berbaur dengan para pengangguran, adalah lantaran suatu hari saya berjumpa dengan seorang anak yatim nan telanjang, lampau saya memakaikannya pakaian. Ia kelaparan, lampau saya memberinya makan. Dan, saya juga memandikannya. Malam harinya, saya bermimpi seolah hariakhir sudah datang. Aku didatangkan berbareng makhluk nan lain. Setelah amalku dihisab, saya diperintahkan ke neraka. Di tengah perjalanan, saya memandang anak yatim itu

Ia berbicara kepada malaikat Zabaniyah, 'Wahai malaikat Tuhanku, orang ini telah melakukan baik kepadaku di dunia. Tunggulah sebentar, saya bakal memintakan syafaat untuknya kepada Tuhanku.' Malaikat berkata, 'Aku tidak diperintahkan untuk menunda-nunda.' Tiba-tiba terdengar suara, 'Lepaskan dia. Kami telah memberinya nan layak untuknya berkah syafaat si anak yatim nan dia perlakukan dengan baik.' Setelah terbangun, saya bertobat dan berakhir dari perbuatan jelek nan selalu kulakukan. Selanjutnya, saya lebih giat lagi mencurahkan kasih sayang dan membantu anak-anak yatim."

Selanjutnya...

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam