KincaiMedia– Shalat Jumat adalah shalat dua rakaat yang dikerjakan di hari Jumat pada waktu Dzuhur. Untuk itu, khutbah kali ini bertema “Khutbah Jumat: Keutamaan Berangkat Lebih Awal di Hari Jumat”.
Khutbah Pertama
الحَمْدُ لِلّٰهِ الْمَلِكِ الدَّيَّانِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ سَيِّدِ وَلَدِ عَدْنَانَ، وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَتَابِعِيْهِ عَلَى مَرِّ الزَّمَانِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ الْمُنَـزَّهُ عَنِ الْجِسْمِيَّةِ وَالْجِهَةِ وَالزَّمَانِ وَالْمَكَانِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ كَانَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ أَمَّا بَعْدُ، عِبَادَ الرَّحْمٰنِ، فَإنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ المَنَّانِ، الْقَائِلِ فِي كِتَابِهِ الْقُرْآنِ: وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ
Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat yang dirahmati Allah
Shalat jumat merupakan paling utamanya shalat dan berjamaah-Nya adalah paling utamanya berjamaah. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa melakukan shalat jumat, karena shalat jumat sampai jumat berikutnya bisa menjadi penebus dosa-dosa yang kita lakukan, sebagaimana sabda Rasulullah Saw;
١. الصَّلَاةُ الْخَمْسُ وَالْجُمْعَةُ إِلَى الْجُمْعَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُنَّ مَا لَمْ تُغْشَ الْكَبَائِرُ
Artinya: Shalat lima waktu dan shalat Jumat sampai jumat berikutnya adalah penghapus untuk dosa antara keduanya selama tidak melakukan dosa besar. (HR. Muslim)
٢. الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمْعَةُ إِلَى الْجُمْعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ
Artinya: Shalat lima waktu, shalat Jumat sampai jumat berikutnya, dan Ramadhan sampai ramadhan berikutnya adalah penghapus untuk dosa antara keduanya andaikan dia menjauhi dosa besar. (HR. Muslim)
٣. اﻟﺼﻠﻮاﺕ اﻟﺨﻤﺲ، ﻭاﻟﺠﻤﻌﺔ ﺇﻟﻰ اﻟﺠﻤﻌﺔ، ﻭﺃﺩاء اﻷﻣﺎﻧﺔ، ﻛﻔﺎﺭﺓ ﻟﻤﺎ ﺑﻴﻨﻬﺎ ﻗﻠﺖ: ﻭﻣﺎ ﺃﺩاء اﻷﻣﺎﻧﺔ، ﻗﺎﻝ: «ﻏﺴﻞ اﻟﺠﻨﺎﺑﺔ، ﻓﺈﻥ ﺗﺤﺖ ﻛﻞ ﺷﻌﺮﺓ ﺟﻨﺎﺑﺔ»
Artinya: Shalat lima waktu, shalat jumat sampai jumat berikutnya dan menunaikan amanah adalah penghapus dosa. Aku bertanya: “Apa yang dimaksud dengan menunaikan amanah?” beliau menjawab: “Mandi janabah, sesungguhnya di bawah setiap rambut itu terdapat janabah.” (HR. Ibnu Majah)
Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat yang dirahmati Allah
Selain keistimewaan di atas, tetap banyak lagi keistimewaan di hari jumat, di antaranya adalah berangkat lebih awal untuk menunaikan ibadah shalat jumat, karena orang yang berangkat di awal waktu dalam setiap langkahnya di hitung ibadah puasa dan shalat selama setahun, seperti yang di sabdakan Rasulullah Saw;
١. مَنْ غَسَّلَ وَاغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَبَكَّرَ وَابْتَكَرَ وَمَشَى وَلَمْ يَرْكَبْ فَدَنَا مِنْ الْإِمَامِ وَاسْتَمَعَ وَلَمْ يَلْغُ كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ عَمَلُ سَنَةٍ أَجْرُ صِيَامِهَا وَقِيَامِهَا
Artinya; Barang siapa mandi pada hari Jum’at, datang lebih awal (ke masjid), melangkah kaki dan tidak berkendaraan, mendekat kepada pemimpin dan mendengarkan khutbah-Nya, dan tidak melakukan lagha (sia-sia), maka dari setiap langkah yang ditempuhnya dia bakal mendapatkan pahala puasa dan shalat selama setahun. (HR. Abu Dawud)
٢. من اغتسل يوم الجمعة وغسل وبكر وابتكر ودنا واستمع وأنصت كان له بكل خطوة يخطوها أجر سنة صيامها وقيامها
Artinya: Barang siapa yang mandi pada hari jum’at, datang lebih awal, mendekat kepada imam, dan mendengarkan khutbah serta diam, maka pada setiap langkahnya mendapatkan pahala puasa dan shalat selama setahun. (HR. Tirmidzi)
Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat yang dirahmati Allah
Kenapa dalam penyelenggaraan shalat jumat, kita di perintah untuk berangkat lebih awal? Sebab di dalamnya terdapat keistimewaan yang sangat agung, ialah orang yang berangkat di waktu pertama alias permulaan siang seakan-akan dia berkurban seekor unta, sebagaimana sabda Rasulullah Saw;
ﻣﻦ اﻏﺘﺴﻞ ﻳﻮﻡ اﻟﺠﻤﻌﺔ ﻏﺴﻞ اﻟﺠﻨﺎﺑﺔ ﺛﻢ ﺭاﺡ، ﻓﻜﺄﻧﻤﺎ ﻗﺮﺏ ﺑﺪﻧﺔ، ﻭﻣﻦ ﺭاﺡ ﻓﻲ اﻟﺴﺎﻋﺔ اﻟﺜﺎﻧﻴﺔ، ﻓﻜﺄﻧﻤﺎ ﻗﺮﺏ ﺑﻘﺮﺓ، ﻭﻣﻦ ﺭاﺡ ﻓﻲ اﻟﺴﺎﻋﺔ اﻟﺜﺎﻟﺜﺔ، ﻓﻜﺄﻧﻤﺎ ﻗﺮﺏ ﻛﺒﺸﺎ ﺃﻗﺮﻥ، ﻭﻣﻦ ﺭاﺡ ﻓﻲ اﻟﺴﺎﻋﺔ اﻟﺮاﺑﻌﺔ، ﻓﻜﺄﻧﻤﺎ ﻗﺮﺏ ﺩﺟﺎﺟﺔ، ﻭﻣﻦ ﺭاﺡ ﻓﻲ اﻟﺴﺎﻋﺔ اﻟﺨﺎﻣﺴﺔ، ﻓﻜﺄﻧﻤﺎ ﻗﺮﺏ ﺑﻴﻀﺔ، ﻓﺈﺫا ﺧﺮﺝ اﻹﻣﺎﻡ ﺣﻀﺮﺕ اﻟﻤﻼﺋﻜﺔ ﻳﺴﺘﻤﻌﻮﻥ اﻟﺬﻛﺮ.
Artinya: Barang siapa mandi pada hari Jum’at seperti mandi junub, kemudian berangkat ( ke masjid ) pada waktu yang pertama (permulaan siang), maka seakan-akan dia berkurban dengan seekor unta. Dan peralatan siapa yang datang pada waktu kedua, maka seakan-akan dia berkurban dengan seekor sapi. Dan peralatan siapa yang datang pada waktu yang ketiga, maka seakan-akan dia berkurban dengan seekor domba yang bertanduk. Dan peralatan siapa yang datang pada waktu yang keempat, maka seakan-akan dia berkurban dengan seekor ayam. Dan peralatan siapa yang datang pada waktu yang kelima, maka seakan-akan dia berkurban dengan sebutir telur. Maka, jika pemimpin telah keluar, malaikatpun bergegas untuk mendengarkan khutbah. (HR. Bukhari dan Muslim)
أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللّٰهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ
Khutbah Kedua
اَلْحَمْدُ لِلهِ حَمْدًا كَمَا أَمَرَ. أَشْهَدُ أَنْ لَااِلَهَ اِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، اِلٓهٌ لَمْ يَزَلْ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ وَكِيْلًا. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَحَبِيْبُهُ وَخَلِيْلُهُ، أَكْرَمُ الْأَوَّلِيْنَ وَالْأَخِرِيْنَ، الْمَبْعُوْثُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ أٓلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ كَانَ لَهُمْ مِنَ التَّابِعِيْنَ، صَلَاةً دَائِمَةً بِدَوَامِ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِيْنَ
أَمَّا بَعْدُ: فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَذَرُوْا الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ. وَحَافِظُوْا عَلَى الطَّاعَةِ وَحُضُوْرِ الْجُمْعَةِ وَالْجَمَاعَةِ وَالصَّوْمِ وَجَمِيْعِ الْمَأْمُوْرَاتِ وَالْوَاجِبَاتِ. وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ بِنَفْسِهِ. وَثَنَّى بِمَلَائِكَةِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ. إِنَّ اللّٰهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً
اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِيْ العَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وِالْأَمْوَاتِ. اَللّٰهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَةً، اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
عِبَادَ اللهِ، اِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ وَاِيْتَاۤئِ ذِى الْقُرْبٰى وَيَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوْا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.