Kisah Kedermawanan Rasulullah Hingga Membuat Suatu Kaum Masuk Islam

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Nabi Muhammad.

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Rasulullah merupakan manusia paling sempurna. Dia adalah manusia nan paling dicintai Allah. Karena sifat-sifat mulianya banyak orang memeluk Islam secara sukarela.

Al-Ghazali dalam bukunya Akhlak Mulia Rasulullah mengatakan, Rasulullah orang nan paling dermawan. Dengan kedermawanannya, dua orang laki-laki membujuk kaumnya untuk memeluk kepercayaan Islam.

Laki-laki tersebut baru saja mendapatkan pemberian sekawanan kambing nan memenuhi sisi di antara buah bukit. Kedua laki-laki itu berbicara kepada kaumnya, "Masuklah kalian kepada Islam, lantaran sesungguhnya Muhammad telah memberikan suatu pemberian seperti orang nan tidak pernah takut miskin."

Ada kisah lain nan mengungkapkan tentang kedermawanan Rasulullah yang luar biasa. Pada suatu hari, dibawakan duit 90 ribu dirham kepada Rasulullah. Uang itu diletakkan di atas tikar. Rasulullah kemudian berdiri dan membagikan duit itu kepada orang nan membutuhkan.

Rasulullah juga tidak menolak orang nan meminta sampai duit tersebut habis. Sikap mulia Rasulullah juga ditunjukkan kepada orang-orang nan membencinya. Salah satu contohnya ketika kembali dari Perang Hunain.

Ketika itu datang orang-orang Badui datang meminta secara paksa kepada Rasulullah sampai terdesak ke pohon dan kain selendangnya diserobot. Rasulullah kemudian berkata, "Kembalikanlah kain selendangku itu, seandainya saya mempunyai kekayaan sebanyak padang ilalang ini, niscaya saya bakal bagikan kepada kalian. Aku bukanlah termasuk orang nan kikir, pembohong dan penakut." (HR. Bukhari dari Jubair bin Muthi'im).

'Ali k.w bilamana melukiskan sifat-sifatnya mengatakan, "Rasulullah adalah orang nan murah tangan, nan paling lapang dada, nan paling jujur, nan paling menepati janji, nan paling lemah lembut tabiatnya dan nan paling mulia dalam bergaul."

Mulianya sifat-sifat Rasulullah tersebut, membikin siapapun nan menjumpainya bakal merasakan kegembiraaan bercampur takut. Dan orang nan mengenalnya bakal mencintainya.

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam