Kultum Ramadhan Singkat ; Keutamaan Sedekah Subuh

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Kincaimedia– Artikel berikut tentang “Kultum Ramadhan Singkat ; Keutamaan Sedekah Subuh“. Kita berterima kasih pada Allah, kita telah memasuki separuh perjalanan dalam menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Namun perlu diingat jangan sampai kendor semangat dalam ibadah Ramadhan ini, agar kita memperoleh keberkahan dan pahala nan berlimpah dari Allah SWT.

Nah salah satu ibadah alias kebaikan saleh nan dicintai oleh Allah dan Rasul-Nya adalah bersedekah. Contohnya seperti bersedekah subuh, ialah ibadah infak unik di waktu subuh alias ketika mentari bakal terbit. Lantas apa keistimewaan dan faedah melakukan ibadah bersedekah subuh menurut Islam?

Dilansir dari kitab Dongkrak Rezeki karya Dedik Kurniawan, dijelaskan bahwa bersedekah nan paling bagus adalah infak di waktu subuh. Pendapat kitab tersebut selaras dengan sabda Rasulullah SAW: “Tidak ada satu subuh pun nan dialami hamba-hamba Allah SWT, selain turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu diantara keduanya berdoa;

‘Ya Allah berilah tukar rugi bagi orang nan bersedekah,’ sedangkan nan satu lagi berdoa, ‘Ya Allah berilah kerusakan bagi orang nan menahan hartanya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Begitulah keistimewaan dari infak subuh nan disampaikan oleh sabda Nabi Muhammad SAW di atas, lantas gimana faedah infak subuh?

Manfaat Sedekah Subuh

Dikutip dari laman Berbuat Baik terdapat 4 faedah infak subuh, diantaranya:

1. Mendapat Ridha Allah SWT

Pada surah Al-Baqarah ayat 245, Allah menjanjikan pahala bagi hambanya nan suka infak dengan tulus dan ikhlas.

Surah Al-Baqarah Ayat 245:

مَّن ذَا ٱلَّذِى يُقْرِضُ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَٰعِفَهُۥ لَهُۥٓ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَٱللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۜطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Artinya: “Siapakah nan mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman nan baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah bakal meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat dobel nan banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah Anda dikembalikan.”

2. Didoakan oleh Malaikat

Ketika waktu subuh tiba, malaikat bakal turun ke bumi untuk mendoakan orang-orang nan melakukan infak subuh.

3. Perlindungan dari Bahaya

Sedekah subuh dapat menjadi pertolongan bagi orang nan melakukannya, sehingga mereka terhindar dari bahaya. Mengutip dari hadits Ahmad bin Hambal, infak bukan hanya memberi harta, melainkan juga tindakan-tindakan kebaikan sehari-hari.

4. Melancarkan Rezeki

Allah berjanji kepada hambanya nan murah hati bakal diberikan rezeki nan berlimpah dan berlipat ganda. 

Selain itu, perlu diketahui rupanya faedah infak subuh sangatlah dasyat bagi mereka nan melakukannya. Diantaranya yaitu, dikabulkan permintaannya oleh Allah SWT, didoakan langsung oleh dua malaikat, dapat pahala dan kebaikan nan berlipat ganda, rezeki semakin bertambah, dihapuskan dosa-dosanya, dihindarkan dari malapetaka.

Lebih lanjut, memperoleh kedudukan nan tinggi di hadapan Allah SWT, disembuhkan penyakit, didekatkan pada pintu surga, dijauhkan dari api neraka, mendapatkan naungan di Padang Mahsyar, mendapatkan pahala jariyah, terakhir hati kitapun menjadi lapang. 

Demikian semoga bermanfaat.

Selengkapnya
Sumber Bincang Syariah
Bincang Syariah