Kunci Memperbaiki Akhlak, Begini Penjelasannya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Umat Muslim kudu memiliki adab yang baik lantaran adab merupakan inti dari aliran Islam. Akhlak nan baik mencerminkan hubungan nan selaras dengan Allah SWT dan sesama manusia. 

Dengan adab nan baik, umat Muslim dapat menjadi teladan dalam memperjuangkan kebaikan, menghormati hak-hak orang lain, dan membangun masyarakat nan tenteram dan berkeadilan. 

Di sisi lain, adab nan baik juga merupakan bagian krusial dalam menjaga gambaran Islam di mata dunia. Oleh lantaran itu, krusial bagi setiap Muslim untuk senantiasa berupaya meningkatkan akhlaknya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagaimana Nabi Muhammad diutus ke bumi untuk menyempurnakan akhlaknya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّمَا بُعِثْتُ ِلأُتَمِّمَ صَالِحَ اْلأَخْلاَقِ

Sesungguhnya Aku diutus untuk menyempurnakan adab nan baik. (HR. Al-Bukhari). 

Salah satu kunci utama memperbaiki adab adalah dengan memperbaiki hati. Hati merupakan pusat dari segala tindakan dan sikap nan kita lakukan. Ketika hati seseorang baik, segala aspek kehidupan, termasuk akhlak, bakal mengikuti kebaikan hati tersebut.

Memperbaiki hati bukan perihal nan mudah, lantaran melibatkan proses introspeksi nan jujur, di mana seseorang kudu mengenali dan menerima kelemahan serta kesalahan diri sendiri. 

Lihat laman berikutnya >>>

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam