Lima Cara Menambah Nikmat Allah

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Setiap umat Muslim bisa dengan mudah menambah nikmat dalam setiap hidupnya dengan beberapa cara. 

Pertama, berterima kasih kepada Allah

Ketika bersyukur, manusia mengakui kebaikan dan karunia-Nya dalam hidup kita. Hal ini tidak hanya menciptakan rasa terima kasih nan mendalam, tetapi juga membuka pintu untuk menerima lebih banyak berkah dari Allah.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُلُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا رَزَقْنٰكُمْ وَاشْكُرُوْا لِلّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ اِيَّاهُ تَعْبُدُوْنَ

Wahai orang-orang nan beriman, makanlah apa-apa nan baik nan Kami anugerahkan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah jika Anda betul-betul hanya menyembah kepada-Nya. (QS. Al-Baqarah: 172). 

Kedua, bermohon kepada Allah

Doa merupakan ungkapan rasa syukur, permohonan, dan introspeksi diri. Melalui doa, manusia menyadari keterbatasannya dan berjuntai sepenuhnya pada Allah.

Allah berfirman dalam Surat Al-Ghafir ayat 60, bahwa setiap umat Muslim kudu selalu bermohon kepada Allah agar bisa dimudahkan dalam segala urusannya. 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ ࣖ

Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya bakal Kuperkenankan bagimu.” Sesungguhnya orang-orang nan sombong tidak mau menyembah-Ku bakal masuk neraka Jahanam dalam keadaan buruk dina. (QS. Al-Ghafir: 60). 

Ketiga, selalu berdzikir

Allah berfirman dalam Surah An-Nahl ayat 18, nan berbunyi:

وَاِنۡ تَعُدُّوۡا نِعۡمَةَ اللّٰهِ لَا تُحۡصُوۡهَاؕ اِنَّ اللّٰهَ لَـغَفُوۡرٌ رَّحِيۡم

Jika Anda menghitung nikmat Allah, niscaya Anda tidak bakal bisa menghitungnya. Sungguh, Allah betul-betul Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS. An-Nahl: 18). 

Berdzikir membantu melatih pikiran dan hati agar tetap konsentrasi pada kehadiran Allah dalam setiap aspek kehidupan, sehingga membantu seseorang untuk menghadapi tantangan dan ujian dengan ketenangan dan kekuatan. 

Selain itu, berdzikir juga membawa kebahagiaan dan kedamaian dalam hati, lantaran mengarahkan perhatian kita pada nan Maha Kuasa nan mempunyai kekuatan untuk mengatasi segala hal.

Keempat...Lihat laman berikutnya >>>

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam