Memahami Konsep Pendidikan Sepanjang Hayat, Manfaat Dan Caranya

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Grameds, setiap manusia berkuasa mendapatkan pendidikan nan layak. Ada nan bisa melanjutkan ke tingkat nan tinggi seperti universitas alias institut alias ada nan melanjutkan hingga gelar magister, namun ada juga nan terpaksa berakhir pada tingkat sekolah dasar alias menengah pertama alias atas. Meski tidak semua orang mendapat kesempatan nan sama, namun pendidikan mempunyai kegunaan nan sama ialah untuk memperoleh pengetahuan nan dapat menambah kecerdasan, meski demikian, tidak bisa dijamin juga bahwa setiap pengetahuan nan kita dapatkan juga bisa saja dilupakan kemudian hari. Maka dari itu, ada istilah pendidikan sepanjang kehidupan nan membikin kita tidak mudah melupakan pengetahuan nan kita dapatkan.

Nah Grameds, apa sebenarnya pendidikan sepanjang hayat? Berikut ini adalah penjelasan mengenai pendidikan sepanjang kehidupan nan perlu Anda ketahui.

Apa itu Pendidikan Sepanjang Hayat?

(Sumber foto: www.pexels.com)

Pendidikan sepanjang kehidupan merupakan sebuah konsep dimana proses pendidikan dapat dilakukan kapan saja, dimana saja dan tidak dibatasi oleh usia. Konsep pendidikan sepanjang kehidupan ini memandang ke depan dan berupaya untuk menghasilkan manusia dengan pengetahuan dan pemikiran nan baru. Konsep pendidikan ini cocok untuk orang-orang nan saat ini hidup dalam masa transformasi dan info ialah masyarakat modern. Manusia kudu bisa menyesuaikan dirinya dengan situasi nan baru terus menerus.

Dengan kata lain, pendidikan seumur hidup ini adalah sebuah konsep pendidikan nan menjelaskan mengenai seluruh peristiwa belajar dan mengajar nan dilakukan dan berjalan kontinu dalam kehidupan manusia sejak dia dilahirkan hingga meninggal alias seumur hidup. Pendidikan ini bisa ditempuh dengan jalur pendidikan formal, non umum alias informal. Dengan mengikuti konsep pendidikan sepanjang kehidupan maka seseorang bisa meningkatkan kualitas hidupnya dan bisa mengikuti perkembangan ilmu, teknologi, masyarakat dan budaya untuk menghadapi tantangan masa depan.

Tujuan Pendidikan Sepanjang Hayat

Konsep pendidikan sepanjang kehidupan ini diadakan bukan tanpa tujuan, ada beberapa tujuan nan menjadi sasaran konsep pendidikan sepanjang kehidupan ini. Tujuan dari pendidikan sepanjang kehidupan adalah untuk mengembangkan j potensi manusia dengan optimal. Pendidikan juga bermaksud untuk menyelaraskan antara pendidikan wajib belajar dengan proses pengembangan kepribadian manusia nan berubah-ubah.

Penerapan Pendidikan Sepanjang Hayat

Grameds, sekarang Anda bisa mengetahui bahwa pendidikan sepanjang kehidupan ini perlu dan mempunyai tujuan nan baik juga untuk kehidupan. Maka dari itu, ada beberapa langkah penerapan nan bisa dilakukan ialah mulai di lingkungan rumah tangga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Pihak nan bertanggung jawab atas pendidikan sepanjang kehidupan ini tidak hanya family namun juga dibantu sekolah dan juga pemerintah.

Pendidikan sepanjang kehidupan dapat diterima dan semua manusia berkuasa atas itu dan bisa diterapkan dalam pendidikan baca tulis, pendidikan vokasi, pendidikan inovasi, pendidikan profesi, dan pendidikan kewarganegaraan.

Cara Memulai Menerapkan Pendidikan Sepanjang Hayat

(Sumber foto: www.pexels.com)

1. Membuat Daftar Pendidikan nan bakal Dijalani

Grameds sebelum memulai konsep pendidikan sepanjang hayat, Anda perlu tahu apa nan mau Anda pelajari dan dari mana Anda bakal mendapatkan materi pembelajaran. Kamu juga perlu membikin daftar apa saja nan mau Anda kuasai, sehingga pembelajaran bakal meraih hasil akhir nan diharapkan.

2. Ciptakan Tujuan Pembelajaran

Grameds sebelum memulai pembelajaran, Anda kudu mempunyai tujuan nan mau Anda capai. Tujuan itu pun sesuai dengan kebutuhan dan kemauan kamu. Tujuan ini berfaedah agar Anda tetap pada langkah nan tepat dan menghindarkan sesuatu nan tidak perlu. Kebutuhan itu bisa Anda sesuaikan dengan jenjang pekerjaan nan mau Anda tempuh alias gelar pendidikan nan mau Anda raih.

3. Mulai dari Hal Kecil

Saat memulai pendidikan sepanjang kehidupan Anda perlu memulai dari hal-hal kecil. Tidak perlu menghabiskan waktu seharian untuk belajar, namun Anda bisa memulai dengan menyediakan waktu selama 10 hingga 15 menit sehari untuk membaca buku. Dengan memulai kebiasaan mini ini nantinya Anda bakal menjadikan perihal ini sebagai kebiasaan dan itu bakal terjadi dengan sendirinya. Buku-buku nan bisa Anda baca adalah buku-buku pengetahuan tentang nan mau Anda kuasai alias buku-buku self improvement yang dapat membantu Anda untuk menjadi pribadi nan lebih baik lagi.

4. Ubah Cara Belajar menjadi Lebih Menyenangkan

Grameds, kamu bisa menentukan sendiri proses belajar nan nyaman dan menyenangkan perihal ini dapat membantu Anda sehingga Anda tidak merasa bahwa belajar adalah suatu beban. Beberapa langkah nan bisa Anda lakukan seperti memilih kitab nan berangkaian dengan apa nan Anda sukai, berbincang mengenai minat nan sama dengan kolega, mengikuti forum online, belajar dengan video edukasi alias mendengarkan podcast yang membantu meningkatkan keahlian dan menumbuhkan motivasi. Anda juga bisa mengikuti kelas alias kursus nan berasosiasi dengan minat nan Anda miliki.

5. Membuat Komitmen

Grameds, komitmen adalah langkah terakhir nan sangat krusial dalam proses pendidikan sepanjang hayat. Ketika Anda sudah mempunyai tujuan dan motivasi maka Anda kudu mempunyai komitmen untuk bisa mewujudkan perihal itu sehingga apa nan Anda lakukan tetap sesuai dengan tujuan dan apa nan mau Anda raih.

Contoh Pendidikan Sepanjang Hayat 

(Sumber foto: www.pexels.com)

Grameds,  meski seseorang sudah mempunyai umur nan dapat dikatakan bukan sebagai umur produktif untuk belajar, namun dengan konsep pendidikan sepanjang hayat, semua orang berkuasa untuk mempelajari hal-hal baru. Tidak hanya mempelajari tentang kurikulum di sekolah formal, namun pendidikan sepanjang kehidupan juga merupakan pendidikan alias pembelajaran nan dapat langsung diterapkan dan disesuaikan dengan kehidupan kita masing-masing, berikut ini contohnya :

  • Belajar Keterampilan Baru

Sebagai manusia nan berkembang tentu keahlian menjadi salah satu perihal nan mungkin bakal dipelajari. Contohnya, seorang wanita nan sebelum menikah tidak bisa memasak, namun setelah menikah mempunyai kemauan untuk memasak di rumah dan mempelajari keahlian tentang memasak.

Contoh lainnya adalah seseorang nan mau mencari skill baru alias lantaran ada tanggungjawab dalam urusan pekerjaan seperti belajar pemrograman, public speaking, marketing, dan lain-lain.

  • Belajar dengan Otodidak

Grameds, belajar tidak hanya dengan mengikuti kursus alias berasosiasi dengan organisasi alias kumpulan minat nan sama. Grameds juga bisa belajar otodidak dengan berlangganan podcast atau video pembelajaran dan memahami nya sendiri dirumah.

Contoh dari pembelajaran otodidak ini seperti disaat mau mempelajari bahasa baru dimana jika mengikuti kursus maka biaya nan dibutuhkan lebih mahal dibandingkan berlangganan video di platform pembelajaran.

  • Memperoleh Pengetahuan Baru

Grameds, pendidikan tidak mengenal usia dan waktu, Anda bisa menguasai pendidikan baru dengan melakukan beragam perihal seperti mengikuti kursus bahasa asing alias kursus finance dan lain-lain. Hal ini bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pengetahuan baru.

  • Menguasai Olahraga alias Aktivitas Baru

Grameds setiap orang pasti mempunyai aktivitas alias olahraga nan mereka minati. Namun, tak jarang juga ada nan mau menguasai olahraga alias aktivitas lainnya. Contohnya adalah ketika seseorang mempelajari olahraga baru seperti basket, bela diri, dan lain-lain.

  • Belajar Menggunakan Teknologi Baru

Grameds, orang tua nan hidup pada perubahan era saat ini tentu bakal kesulitan menyesuaikan dan mempelajari teknologi baru. Pada masa lampau mereka bakal terbiasa dengan surat alias telepon genggam jadul alias pesawat telepon rumah alias telepon umum. Namun, saat ini perubahan teknologi sudah semakin maju muncul beragam gadget nan mempunyai banyak jenis seperti smartphone, tab, smart tv, dan lain-lain nan saat ini tentu memudahkan aktivitas sehari-hari.

Manfaat Pendidikan Sepanjang Hayat

(Sumber foto: www.pexels.com)

Grameds, dengan menguasai konsep pembelajaran sepanjang kehidupan alias sepanjang hidup maka ada manfaat-manfaat nan bisa Anda dapatkan seperti :

  • Memperbaiki Motivasi Diri

Dengan konsep pendidikan sepanjang kehidupan maka Anda bisa memperbaiki dan mengingat kembali motivasi diri Anda untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Terkadang kita melakukan aktivitas sehari-hari terpacu lantaran tanggungjawab nan kudu kita jalani seperti bekerja, sekolah dan membereskan rumah. Namun, dengan pendidikan sepanjang kehidupan Anda bisa mempunyai motivasi baru untuk menguasai suatu perihal tertentu dan keluar dari kebiasaan nan Anda lakukan.

  • Pengakuan Kepentingan dan Tujuan Pribadi

Grameds, dengan pendidikan sepanjang kehidupan bakal membikin Anda lebih menghidupkan apa nan sebenarnya mau Anda lakukan perihal ini untuk mengurangi kebosanan, meningkatkan kualitas diri nan juga berfaedah untuk membuka kesempatan dari segala sisi di masa depan. Dengan pendidikan sepanjang kehidupan Anda bisa memulai mempelajari dan melakukan apa nan mau Anda lakukan tanpa memandang umur, status dan lainnya.

  • Meningkatkan Keterampilan Pribadi

Dengan kita mempelajari dan mendapatkan pengetahuan baru maka kita juga bakal membangun kesempatan nan dapat membantu kita dalam perihal pribadi alias profesional.  Hal ini lantaran ketika kita mempelajari perihal baru maka bakal ada keahlian nan digunakan seperti saat belajar menjahit nan memerlukan pemecahan masalah dan konsentrasi, saat kita belajar bahasa asing maka kita memerlukan kemauan dan ketekunan.

  • Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Grameds, dengan pendidikan sepanjang kehidupan maka kita bakal mendapatkan pengetahuan dan keahlian nan bertambah juga. Dengan mempunyai pengetahuan dan keahlian nan lebih maka kita bakal semakin lebih percaya diri. Dalam kehidupan pribadi, percaya diri bisa belajar dari kepuasan dan upaya untuk belajar, sehingga ada pencapaian nan diraih. Namun, pada kehidupan profesional, percaya diri didapatkan dari rasa kepuasan pada pengetahuan nan dimiliki dan pada saat pengetahuan itu dapat diimplementasikan.

Penutup

Sekarang kita sudah tahu nih apa itu pendidikan sepanjang hayat, manfaat, tujuan hingga langkah dan contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Grameds, pendidikan sepanjang kehidupan merupakan konsep pembelajaran nan dapat dilakukan oleh siapapun dan kapanpun. Maka dari itu untuk meningkatkan kualitas hidup maka pendidikan sepanjang kehidupan ini dapat membikin Anda mempunyai pengetahuan lebih.

Kamu bisa mendapatkan buku-buku mengenai pendidikan hanya di gramedia.com alias toko kitab gramedia di kotamu! Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, gramedia selalu menyediakan buku-buku berbobot dan original agar Grameds memiliki info #LebihDenganMembaca

Penulis : Devina

Rekomendasi Buku Terkait

74 Resep Favorit Kursus NCC (Natural Cooking Club)

74 Resep Favorit Kursus NCC

Apakah pernah Anda sangat mau mengikuti kursus masak dan membikin kue tapi terkendala jarak dan waktu?Atau sering membaca resep tapi ketika dipraktikkan malah kandas total? Buku ini berisi resep-resep kursus di Natural Cooking Club (NCC).Ada 74 resep pilihan di dalam kitab ini. Resep nan biasa diajarkan di kelas kursus NCC. Resep juga sudah diuji oleh para personil Komunitas NCC nan berjumlah lebih dari 85.000 netter. 

Panduan Lengkap Kuasai Bahasa Jepang Tanpa Kursus

Panduan Lengkap Kuasai Bahasa Jepang

Buku ini adalah kitab standar bagi Anda nan mau mempelajari bahasa Jepang dan kebudayaan di sana secara otodidak alias tanpa guru. Buku ini terdiri dari materi-materi nan sangat dibutuhkan bagi pembelajar bahasa Jepang, mulai dari gimana langkah menulis huruf Jepang (hiragana, katakana, kanji), tata bahasa Jepang, mulai dari level dasar hingga menengah, dan contoh-contoh percakapan nan dapat diaplikasikan dalam aktivitas sehari-hari. Di dalam kitab ini juga dilengkapi dengan info krusial seputar negara Jepang, seperti info geografi, budaya Jepang, pariwisata Jepang, salam dan perkenalan bahasa Jepang, jenis kata bahasa Jepang, waktu dan lokasi, ragam bahasa Jepang, dan latihan-latihan soal.

Kursus Mandiri Python

Kursus Mandiri Python

Python merupakan bahasa pemrograman multifungsi nan dapat digunakan untuk membikin beragam jenis program, seperti program jasa (service) nan ditempatkan di mesin server, program desktop, program berbasis web, maupun program antarmuka untuk mengontrol jalannya perangkat keras tertentu.Buku ini menjelaskan tentang konsep-konsep inti nan dibutuhkan dalam pemrograman Python. Pembahasan dilakukan secara berjenjang mulai dari dasar agar seluruh materi dapat dipahami dengan mudah. Dengan memahami seluruh materi nan disampaikan dalam kitab ini.

ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog