Mengapa Agama Jadi Kriteria Utama Calon Istri Menurut Islam? Begini Penjelasannya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA – Sering mendengar ustadz mengatakan bahwa syarat utama memilih wanita untuk dinikahi adalah agamanya. Yakni wanita nan alim dalam menjalankan kepercayaan Islam alias disebut wanita salehah.

Imam Al Ghazali berjulukan komplit Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ahmad al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin menjelaskan kenapa kepercayaan menjadi syarat pertama alias utama wanita untuk dinikahi.

Imam Al Ghazali dalam mahakaryanya menjelaskan bahwa wanita nan bakal dinikahi hendaknya beragama, maksudnya salehah dan beradab baik. Inilah syarat utama dari seorang wanita nan hendak dinikahi.

Di era Nabi Muhammad SAW dikisahkan ada seorang laki-laki pernah menghadap kepada Rasulullah SAW sembari berkata, "Ya, Rasulullah, saya mempunyai istri nan tidak menolak andaikan ada orang lain nan mengajaknya bersalaman."

Rasulullah SAW menjawab, "Jika begitu, ceraikanlah dia."

Kemudian, laki-laki itu berkata, "Akan tetapi, saya tetap sangat mencintainya."

Selanjutnya, Rasulullah SAW bersabda, "Jika demikian, maka jagalah (bimbinglah) dia (kembali menuju jalan nan diridhai Allah SWT). (Diriwayatkan Imam Abu Dawud dan Imam An-Nasa'i dari hadits Ibnu Abbas radhiyallahu anhu)

Pada kasus ini, Nabi Muhammad SAW akhirnya memerintahkan kepada laki-laki (suami) itu untuk mempertahankan istrinya, bukan justru memerintahkan untuk menceraikannya.

Sebab, jika diceraikan maka dikhawatirkan nafsu laki-laki itu bakal mengikuti si wanita (istri), lantaran dia tetap sangat mencintai istrinya. Jika demikian kondisinya, maka menjadi rusak adab sang suami berbareng istrinya itu.

Oleh lantaran itu, Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan bagi setiap laki-laki (demikian pula setiap wanita-penerj) menikahi wanita (laki-laki) nan alim atas perintah kepercayaan Islam. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda.

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لِمَالَهَا وَجَمَالَهَا وَحَسَبهَا وَدِينِهَا فَعَلَيْكَ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرَبَتْ يَدَاكَ 

"Wanita itu dinikahi lantaran empat kriteria. Hartanya, kecantikannya, keturunannya, dan agamanya. Maka nikahilah wanita lantaran agamanya. Sebab, perihal itu dapat menyelamatkanmu dari kebinasaan (lebih utama dan dapat menutupi kekurangannya)." (Diriwayatkan Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu anhu)

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam