Mengapa Sholat Dan Zakat Hukumnya Wajib Dalam Islam?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Ilustrasi sholat.

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Setiap Muslim diperintahkan menjalankan sholat dan amal sering diulang-ulang dalam Alquran. Sholat merupakan ibadah nan menghubungkan langsung antara hamba dan Allah SWT, alias hubungan vertikal dengan Tuhan (hablumminallah).

Adapun amal adalah ibadah berupa berbagi kekayaan kepada delapan golongan nan berkuasa menerimanya, nan dikenal sebagai hubungan mendatar dengan sesama manusia (hablumminannas).

Zakat disebutkan sebanyak 30 kali dalam Alquran. Dan dari 30 itu, ada 27 kali penyebutan sholat dan amal secara bersandingan. Salah satunya adalah ayat 110 Surat Al Baqarah, sebagai berikut:

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ ۗ وَمَا تُقَدِّمُوْا لِاَنْفُسِكُمْ مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوْهُ عِنْدَ اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

"Dan laksanakanlah sholat dan tunaikanlah zakat. Dan segala kebaikan nan Anda kerjakan untuk dirimu, Anda bakal mendapatkannya (pahala) di sisi Allah. Sungguh, Allah Maha Melihat apa nan Anda kerjakan." (QS. Al Baqarah ayat 110)

Sesungguhnya urusan sholat itu sangat utama, dan meninggalkannya termasuk dosa besar lantaran sholat adalah tiang agama, ialah rukun Islam kedua setelah dua kalimat syahadat. Urusan sholat ini bukan urusan nan ringan.

Para ustadz sepakat bahwa orang nan meninggalkan sholat lantaran mengingkarinya adalah kafir, namun mereka berbeda pendapat mengenai apakah orang nan meninggalkan sholat lantaran malas termasuk kafir alias tidak. Wajibnya sholat dalam Islam tentu membawa hikmah.

Hikmah tanggungjawab sholat...

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam