Mengapa Yahudi Dilaknat Oleh Allah Swt? Ini Penjelasan Alquran

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA— Kaum Yahudi Bani Israel adalah salah satu kaum nan mendapatkan laknat dari Allah SWT. Lantas, kenapa mereka mendapat laknat tersebut? 

Jawaban pertanyaan tersebut ada di dalam Alquran. Kita bakal menemukan bahwa mereka telah melanggar banyak patokan dan melakukan tindakan nan zalim.

Mereka condong menyembunyikan kebenaran, sering kali melakukan kerusakan, dan banyak terlibat dalam bentrok dan perang. Lebih jauh lagi, Alquran menyatakan bahwa mereka adalah kaum nan tidak segan-segan membunuh para Nabi dan Rasul.

Allah SWT menjelaskan di dalam Alquran bahwa kaum Bani Israel telah dilaknat oleh lisan Nabi Daud dan Nabi Isa alaihimassalam lantaran mereka selalu melampaui pemisah dan durhaka. Allah SWT berfirman 

لُعِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ بَنِي إِسْرَائِيلَ عَلَىٰ لِسَانِ دَاوُودَ وَعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ ۚ ذَٰلِكَ بِمَا عَصَوْا وَكَانُوا يَعْتَدُونَ

“Telah dilaknati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Daud dan Isa putra Maryam. nan demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas.” (QS Al Maidah ayat 78)

Dalam ayat lain, dijelaskan pula bahwa kaum Yahudi adalah kaum nan senantiasa terlibat dalam pengingkaran dan pembunuhan para nabi. Allah SWT berfirman:

أَفَكُلَّمَا جَاءَكُمْ رَسُولٌ بِمَا لَا تَهْوَى أَنْفُسُكُمُ اسْتَكْبَرْتُمْ فَفَرِيقًا كَذَّبْتُمْ وَفَرِيقًا تَقْتُلُونَ

“Apakah setiap datang kepadamu seorang rasul membawa sesuatu nan tidak sesuai dengan kemauan kalian, lampau kalian bersikap sombong; kemudian beberapa orang (diantara Nabi itu) kalian dustakan dan beberapa Nabi kalian bunuh?” (QS Al-Baqarah ayat 87)

Bahkan tidak hanya sekali Allah SWT berfirman mengabarkan kepada kita tentang kelakuan orang-orang Yahudi nan telah membunuh beberapa nabi dan orang-orang shaleh. Dalam ayat lain Allah SWT berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ يَكْفُرُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ وَيَقْتُلُونَ النَّبِيِّينَ بِغَيْرِ حَقٍّ وَيَقْتُلُونَ الَّذِينَ يَأْمُرُونَ بِالْقِسْطِ مِنَ النَّاسِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ

“Sesungguhnya orang-orang nan mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa kewenangan (alasan nan benar) dan membunuh orang-orang nan menyuruh manusia melakukan adil, sampaikanlah kepada mereka berita ceria ialah balasan nan pedih.” (QS Ali Imran: 21)

Imam Jalaluddin As-Suyuthi dalam kitabnya, ad-Durr al-Mantsur fi Tafsir al-Ma’tsur (1/178) menyebut bahwa Bani Israil dalam satu hari mereka membunuh 300 Nabi, kemudian mereka beraktivitas di pasar pada sore harinya seolah-olah tidak terjadi apa-apa.

Dengan keterangan tersebut, maka bertambah jelaslah keburukan orang Yahudi terdahulu. Sulit bagi mereka mencari argumen untuk membersihkan diri dan menyatakan sebagai kaum beriman. Kejahatan mereka telah terbukti dalam sejarah dan apalagi tetap bersambung hingga kini. Itulah nan menyebabkan mereka mendapat hinaan dan kutukan.

Sumber: (Penggalan dari naskah khutbah Fachrur Rozy, Staf Pengajar Ma’had Aly An-Nuur, nan juga dipublikasikan di laman resmi Ma’had Aly An-Nuur Sukoharjo pada 9 November 2023).

sumber : Harian Republika

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam