Mengenal 5 Negara-negara Terbesar Di Asia Tenggara: Profil, Kekayaan Alam, Hingga Budaya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Grameds, Asia Tenggara merupakan area tenggara di Benua Asia. Benua Asia sendiri merupakan benua terluas di bumi. Benua Asia mempunyai luas mencapai 44 juta kilometer persegi alias sama saja dengan seperempat luas wilayah daratan dunia. Luas wilayah Asia Tenggara sendiri mencapai 4.494.810 kilometer persegi alias nyaris 10% dari wilayah Asia itu sendiri. Asia Tenggara mempunyai batas-batas mulai dari bagian utara nan berbatasan langsung dengan Tiongkok, bagian timur nan berbatasan dengan Samudra Pasifik, bagian selatan nan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia dan bagian barat nan berbatasan dengan Teluk Belangga dan Anak Benua India. 

sumber: pixabay

Kawasan Asia Tenggara terdiri dari beberapa di dalamnya seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, Laos, Kamboja, Myanmar, dan Filipina. 10 Negara ini semuanya tergabung dalam ASEAN (Association of Southeast Asia Nations) alias bisa juga disebut dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara nan merupakan organisasi geopolitik dan ekonomi.

Nah Grameds, apakah Anda tahu negara mana sih nan merupakan negara terbesar di Asia Tenggara? Simak penjelasan tulisan dibawah ini nan bakal membahas mengenai negara terbesar di Asia Tenggara.

Negara Terbesar di Asia Tenggara

Grameds ini dia adalah urutan negara terbesar di Asia Tenggara,

1. Indonesia

sumber: pixabay

Profil Umum Negara

Negara nan pertama adalah Indonesia, area Indonesia sendiri mempunyai luas wilayah sebesar 1.904.569 km persegi. Indonesia berbatasan langsung dengan beberapa negara, Sebelah utara berbatasan dengan Malaysia, Filipina, dan Laut Cina Selatan. Kemudian sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia dan Timor Leste. Kemudian sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia, Sebelah timur berbatasan dengan Papua New Guinea dan sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia.

Ibukota dari Indonesia adalah DKI Jakarta saat ini jumlah masyarakat Indonesia mencapai 273,8 juta jiwa. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah pulau mencapai 17.001 pulau. Indonesia mempunyai ideologi Pancasila nan menjadi pedoman hidup oleh seluruh penduduk negara Indonesia. Indonesia merupakan negara Republik maka sering disebut dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena Indonesia mempunyai asas kerakyatan maka sistem pemerintahannya adalah presidensial.

Kekayaan Alam

Sumber alam Indonesia tidak terbatas pada keanekaragaman hayati, Indonesia juga dikenal dengan hasil tambang seperti timah, petroleum, gas alam, nikel, tembaga, bauskit, batu bara, emas dan perak. Indonesia mempunyai tanah nan subur dan ditanami beragam jenis tanaman. Indonesia dikenal sebagai negara agraris dimana sebagian penduduknya mempunyai mata pencaharian dalam bagian pertanian dan perkebunan. Selain itu Indonesia mempunyai wilayah perairan nan mencapai 7,9 juta km persegi dan menyediakan potensi alam untuk ekonomi nan sangat besar.

Kebudayaan

  • Rumah budaya dibangun dengan langkah nan sama dari jaman ke jaman, generasi ke generasi, Di Indonesia sendiri setiap wilayah mempunyai rumah tradisional sesuai dengan wilayahnya alias suku. Rumah budaya juga dijadikan sebagai gambaran budaya nan terbentuk dari penyesuaian langkah hidup, ekonomi, dan religi.
  • Mayoritas masyarakat Indonesia memeluk kepercayaan Islam, selain itu juga terdapat beberapa kepercayaan nan diakui di Indonesia seperti Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu
  • Makanan unik Indonesia biasanya dikenal dengan rempah-rempah nan banyak dan juga rasa nan kuat. Selain itu biasanya bakal ada rasa sedikit pedas untuk setiap masakannya. Contohnya adalah rendang, makanan unik Indonesia nan sudah mendunia,
  • Setiap wilayah di Indonesia mempunyai tarian budaya masing-masing dengan tujuan nan berbeda. Ada tarian untuk menyambut tamu agung, menyambut panen, upacara kematian, upacara keagamaan, dan sebagainya.

2. Myanmar

sumber: pixabay

Profil Umum Negara

Selanjutnya adalah Myanmar nan mempunyai luas wilayah 676.578 km persegi. Myanmar berbatasan langsung pada bagian utara dengan China kemudian di sebelah timur dengan Laos, di sebelah selatan dengan Teluk Benggala dan disebelah barat dengan Bangladesh. 

Ibukota dari negara Myanmar adalah Naypyidaw saat ini jumlah masyarakat Myanmar mencapai 54,2 juta jiwa. Myanmar mempunyai corak pemerintahan republik dengan kepala pemerintahannya adalah presiden. Namun sampai pertengah tahun 2021 Myanmar berada dibawah kekuasaan junta militer lantaran kemelut politik.

Kekayaan Alam

Myanmar mempunyai sumber daya alam unggulan dalam bagian pertanian dan juga menjadi sumber penghasilan penduduk negaranya perihal ini lantaran myanmar mempunyai sungai nan besar nan mendukung aktivitas pertanian. Selain itu Myanmar merupakan negara di ASEAN nan kaya bakal mineral seperti biji besi, minyak bumi, gas alam dan batu mulia seperti giok, jade, safir, berlian, ruby. Bahkan diperkirakan myanmar mempunyai persediaan batu giok paling besar di dunia. Cadangan minyak bumi di myanmar mempunyai perkiraan 50 juta barel minyak bumi dan membuatnya menjadi negara ke 79 dengan persediaan minyak bumi paling besar di dunia.

Kebudayaan

  • Mayoritas kepercayaan di Myanmar adalah kepercayaan Buddha Theravada sama seperti thailand. Namun ada juga beberapa kepercayaan lain seperti Islam, hindu, Kristen dan katolik.
  • Di Myanmar bahasa burma sangat berorientasi pada usia, menggunakan julukan kehormatan sebelum nama pribadi adalah perihal nan wajar dan dianggap tidak sopan juga memanggil dengan namanya saja.
  • Masakan Myanmar terpengaruhi oleh India, China dan Thailand. Biasanya masakan-masakan myanmar mempunyai rasa nan pedas dan menggunakan rempah terbatas.
  • Pakaian unik orang Myanmar adalah Lungi atau Longyi India, merupakan sarung nan dikenakan oleh laki-laki alias wanita. Ini menggantikan paso tradisional untuk laki-laki dan wanita pada abad ke 20.
  • Di Myanmar Anda bakal memandang bahwa melepas dasar kaki sebelum memasuki rumah alias tempat ibadah umat Buddha adalah perihal nan wajar. Selain itu ada beberapa tempat kerja juga menerapkan perihal tersebut.

3. Thailand

sumber: pixabay

Profil Umum Negara

Selanjutnya adalah negara nan belakangan ini menjadi tujuan wisata bagi penduduk Indonesia ialah Thailand. Negara gajah putih ini menempati urutan ketiga sebagai negara terbesar di Asia Tenggara dengan luas mencapai 513.120 km persegi. Thailand mempunyai batas-batas negara ialah di sebelah utara berbatasan langsung dengan Laos, di sebelah timur berbatasan langsung dengan Kamboja, di sebelah selatan berbatasan dengan malaysia dan di sebelah barat berbatasan dengan Myanmar.

Thailand adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara nan tidak pernah merasakan dijajah dari negara manapun loh, Grameds. Ibu Kota Thailand adalah Bangkok dengan jumlah masyarakat mencapai 70 juta jiwa. Thailand mempunyai sistem pemerintahan monarki konstitusional nan memperkuat hingga saat ini. Bentuk pemerintahan ini membikin Thailand dipimpin oleh seorang raja sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan.

Kekayaan Alam

Selain Indonesia, Thailand juga terkenal sebagai lumbung padi Asia Tenggara. Thailand merupakan penghasil beras terbesar di Asia dengan jumlah ekspor beras mencapai 7,58 ton per tahun. Selain pertanian sumber daya Thailand beberapa kali dijadikan komoditas ekspor seperti dibidang industri kayu ialah kayu jati dan kayu besi. Thailand juga mempunyai beragam hasil tambang dan utamanya adalah timah. Selain itu ada tembaga, bijih besi, seng, emas, batubara, gas dan minyak.

Kebudayaan

  • Budaya tradisional Thailand sebagian besar dari Buddhisme Theravada meski Anda juga bisa merasakan sentuhan negara lain seperti India, Korea dan China. Salah satu contoh budaya istiadat di Thailand, Mengunjungi rumah seseorang tanpa bingkisan apa pun alias memasuki rumah tanpa melepas sepatu dianggap sebagai tanda tidak hormat.
  • Dari segi arsitektur, Thailand sudah mengalami reformasi dan memegang teguh buaya nan dapat dilihat dari banyaknya kuil dan istana. Thailand mempunyai banyak sekali ragam arsitektur mulai dari kuil dengan unik buddha di ayutthaya hingga gedung pencakar langit di Bangkok.
  • Masakan Thailand mempunyai bahan dasar seperti nasi, rempah-rempah, dan kelapa. Mirip dengan makanan indonesia, masakan Thailand juga banyak nan mempunyai rasa pedas.Selain itu thailand dikenal dengan makanan jalanannya tau street food nan unik seperti dancing shrimp, cumi mentah apalagi hingga kalajengking.
  • Lebih dari 95% masyarakat Thailand menganut kepercayaan Buddha Theravada. Selain Buddha kepercayaan nan dianut paling banyak adalah islam dan kepercayaan seperti  Hindu, Kristen, dan Yudaisme datang dalam jumlah nan lebih sedikit.
  • Ada salah satu pagelaran nan bakal membikin Anda tertarik ketika ke thailand ialah pagelaran lentera. Langit bercahaya sementara orang-orang melepaskan lentera kertas sebagai simbol menangkal musibah di tahun lalu. Hal ini biasanya dirayakan di kota Chiang Mai.

4. Filipina

sumber: holidify

Profil Umum Negara

Kemudian urutan nan keempat adalah Filipina dengan luas wilayah mencapai 343.448 km persegi. Filipina juga mempunyai batas-batas negaranya, dimana di sebelah utara berbatasan dengan Taiwan, di sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, di sebelah selatan berbatasan dengan Laut Sulu, dan di sebelah barat berbatasan dengan Laut Cina Selatan. 

Filipina juga merupakan negara kepulauan dengan mempunyai kurang lebih 7.000 pulai dan menjadi salah satu pelopor dalam pembentukannya organisasi ASEAN. Ibu Kota Filipina adalah Manila dengan jumlah masyarakat Filipina mencapai 109,6 juta jiwa. Filipina mempunyai sistem pemerintahan presidensial dimana presiden merupakan kepala negara. 

Kekayaan Alam

Selanjutnya adalah Filipina nan mempunyai tanah nan subur. Sumber daya alam Filipina juga merupakan sumber daya agraris seperti jagung, gula, dan buah-buahan. Produk unggulan Filipina adalah serat manila alias abaka. Serat abaka ini berasal dari batang daun tanaman abaka alias pisang abaka, tanaman ini juga endemic Filipina. Sebanyak 85% kebutuhan abaka di bumi disuplai oleh Filipina. Selain sektor agraris, Filipina juga mempunyai potensi tambang seperti emas, perak, bijih besi dan keramik.

Kebudayaan

  • Orang Filipina dikenal dengan sikap kekeluargaannya, mereka bangga dengan keluarganya masing-masing. Semua family berkumpul untuk acara-acara krusial di organisasi mereka. 
  • Sebagian besar orang Filipina menganut kepercayaan Katolik, namun selain itu juga ada beragam kepercayaan salah satunya adalah islam. 
  • Ada nan membikin unik masyarakat Filipina adalah salah satu tradisinya ialah sabung ayam, di Filipina perihal ini sangat wajar meski di Indonesia sendiri ini termasuk perbuatan terlarangan ya, Grameds. 
  • Selain itu Filipina juga mempunyai tradisi parade jalanan dimana parade dengan kendaraan nan dihias kemudian dirancang dengan musik, tarian, dan hidangan lokal nan lezat. 
  • Untuk makanan sendiri, Filipina mencerminkan pengaruh cita rasa Spanyol, India, Cina, dan cita rasa original masyarakat asli. 

5. Vietnam

sumber: pexels

Profil Umum Negara

Selanjutnya adalah Vietnam di urutan ke 5 negara terbesar di Asia Tenggara. Vietnam merupakan negara nan mempunyai luas sebesar 331.210 km persegi. Vietnam mempunyai batas-batas negara ialah di sebelah utara berbatasan dengan China, disebelah timur dan selatan berbatasan dengan Kamboja, di sebelah barat berbatasan dengan Laos dan disebelah barat berbatasan dengan Kamboja.

Ibu Kota Vietnam adalah Hanoi dengan masyarakat mencapai 97 juta jiwa. Vietnam mempunyai corak pemerintahan republik komunis dengan satu partai nan berkuasa dan kepala pemerintahannya adalah presiden nan dibantu oleh perdana menteri. 

Kekayaan Alam

Selanjutnya adalah Vietnam nan kaya bakal sumber daya laut. Inilah nan menjadi argumen kenapa Vietnam tetap unggul dalam ekspor hasil laut seperti udang, cumi, lobster dan kepiting. Namun Vietnam juga tetap mempunyai sumber daya lain ialah dalam bagian agraris seperti beras, tebu, singkong, ubi, jagung, dan kacang. 

Kebudayaan

  • Dari segi budaya, Vietnam mempunyai baju tradisional berjulukan Ao Dai nan saat ini digunakan pada acara-acara unik alias seragam sekolah dan seragam kerja. Selain itu ada juga busana berjulukan Non-La yaitu topi nan bentuknya kerucut. 
  • Masyarakat Vietnam kebanyakan mempunyai 3 kepercayaan besar ialah Taoisme, Budha, dan Konghucu. Namun ada juga beberapa kepercayaan lain seperti Katolik dan Kristen nan masuk Vietnam lantaran pengaruh Perancis dan beberapa kuil hindu untuk masyarakat menganut Hindu Chams.
  • Bahasa Vietnam adalah bahasa kebanyakan bahasa ini dipengaruhi oleh bahasa Cina namun ada juga pengaruh Perancis, Rusia dan Inggris. Selain bahasa Vietnam, ada juga bahasa lain seperti Tay, Khmer, Muong dan Cham.

Penutup

Asia Tenggara mempunyai beragam negara nan berbeda namun semuanya mempunyai beberapa kemiripan mulai dari agama, makanan, hasil alam hingga tradisi dan nilai-nilai nan dianut. Nah Grameds, sekarang sudah tahu kan mengenai negara apa saja dan gimana sejarah serta kebudayaan dan keanekaragaman alamnya? Jadi, kira-kira negara mana nan menarik perhatian untuk dikunjungi, Grameds?

Semua negara di Asia Tenggara ini mempunyai karakter dan juga karakter khasnya sendiri, Anda bakal mendapatkan pengalaman nan berbeda ketika mengunjungi setiap negara nan ada.

Semua rekomendasi kitab nan sudah dijelaskan sebelumnya, bisa Anda dapatkan di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berbobot dan original agar Grameds mempunyai info #LebihDenganMembaca

Penulis: Devina

Rekomendasi Buku Terkait

Backpacking: Thailand Malaysia Singapura Di Bawah 2 Juta

backpacking

Malaysia? Singapura? Atau Thailand? Ah, jika satu sepertinya kurang. Bagaimana jika ketiganya sekaligus? Sebagai seorang backpacker, rasanya bakal kurang komplit jika Anda hanya menjejakkan kaki di satu negara, apalagi ada negara nan berdekatan dengan akses transportasi nan bisa dibilang cukup mudah dengan nilai terjangkau. Buku ini bakal memberikan tipsnya grameds.

Sejarah Modern Awal Asia Tenggara

sejarah modern awal asia tenggara

Ada tiga perihal menarik dari kitab “Sejarah Modern Awal Asia Tenggara” karya Anthony Reid ini. Pertama, bahwa penunggu Asia Tenggara adalah para pelaut hebat, apalagi sebelum pelaut China, India dan Eropa memasuki wilayah ini. Kedua adalah adanya produk niaga nan sangat eksotik di wilayah ini; ialah rempah-rempah, khususnya pala dan lada. Ketiga adalah sikap toleransi orang Asia Tenggara sehingga wilayah ini menyerap beragam kebudayaan dari beragam sumber.Ketiga aspek ini menjadi pembentuk Asia Tenggara menjadi seperti sekarang ini. Penasaran grameds? segara dapatkan bukunya.

Rijsttafel: Budaya Kuliner di Indonesia masa Kolonial 1870 – 1942

rijstaffel

Perkedel, sup, bistik, dan semur adalah beberapa contoh nama makanan nan berkawan dengan lidah masyarakat Indonesia. Pun, dalam perihal penyajian, masyarakat Indonesia sudah terbiasa menyajikan hidangan dengan style prasmanan. Lantas, sejak kapan beragam makanan itu mulai dinikmati dan style prasmanan mulai dipraktikkan? Dan siapa saja nan berkedudukan mewariskan pengaruh makanan dan penyajian itu bagi gambaran kuliner Indonesia sekarang ini? Buku ini menjawab pertanyaan di atas melalui pengungkapan sejarah rijsttafel, sebuah budaya makan.

ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog