Mengenal 6 Perbedaan Kartu Debit Dan Kartu Kredit

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Perbedaan kartu debit dan kredit—Grameds tentunya sudah tidak asing dengan kartu debit dan juga kartu kredit, lantaran kedua jenis kartu ini memang umum digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Adapun, kegunaan kedua kartu ini sama-sama untuk membantu proses transaksional, menggantikan duit sebagai perangkat tukar nan berbentuk nyata.

Melansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kartu debit adalah kartu elektronik nan dikeluarkan oleh bank sebagai akomodasi untuk para pengguna alias pemegang rekening tabungan dan juga giro, nan bisa dimanfaatkan untuk beragam transaksi perbankan di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) maupun shopping di toko nan mempunyai mesin Electronic Data Capture (EDC).

Sementara itu, kartu angsuran adalah kartu nan diterbitkan oleh pihak bank alias lembaga finansial nan sejenis sebagai akomodasi bagi para pemegang kartu, untuk melakukan transaksi pembayaran tanpa kudu menggunakan duit tunai.

Supaya Grameds lebih mengerti bakal perbedaan keduanya, di bawah ini telah dirangkum 6 perbedaan kartu debit dan juga kartu kredit. Selain itu, ada juga penjelasan tentang kelebihannya masing-masing. Yuk, simak penjelasan berikut!

Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit

(Sumber foto: www.pexels.com)

1. Kepemilikan Kartu

Dari arti kartu debit dan kartu angsuran nan ada di atas, dapat diketahui perbedaan mendasar kartu debit dan kartu angsuran terletak pada kepemilikan kartu. Kartu debit dikeluarkan secara langsung oleh pihak bank untuk pemegang rekening tabungan alias giro.

Sementara, kartu angsuran diterbitkan oleh pihak bank alias lembaga finansial sejenis bagi pemegang kartu, tanpa mensyaratkan keharusan untuk mempunyai rekening tabungan alias giro. Dengan begitu, tak heran jika Anda dapat mempunyai satu alias banyak kartu angsuran dari sebuah bank walaupun tidak mempunyai rekening nan tercatat di bank tersebut.

Pemilik kartu angsuran memang tak diwajibkan untuk menjadi pengguna bank dengan syarat jumlah saldo tertentu. Dengan memenuhi beragam syarat nan telah ditentukan, Anda sudah bisa mempunyai dan menggunakan kartu angsuran sebagai perangkat pembayaran nan sah.

Beda halnya dengan kartu debit, Grameds tidak mungkin mempunyai kartu debit sebuah bank tanpa menjadi pemegang rekening tercatat dari bank nan menerbitkannya. Grameds diwajibkan untuk menjadi pengguna dengan mempunyai sejumlah saldo tertentu agar bisa memakai kartu debit sebagai langkah pembayaran nan sah.

2. Perbedaan pada Tampilan Kartu

Dari segi tampilan kartu, perbedaan kartu debit dan angsuran cukup sebetulnya tidak terlalu terlihat jelas. Secara sekilas, ukuran, posisi logo, jumlah digit, dan fitur utama pada bagian depan dan belakang kedua kartu ini nyaris serupa.

Namun, tetap ada beberapa perbedaan nan bisa Grameds temukan. Secara umum, kreasi kartu angsuran lebih elegan dan level jenis kartunya juga bervariasi, seperti Gold alias Platinum. Warna dan desainnya pun lebih ramai dibandingkan kartu debit nan secara umum lebih polos. Meskipun, pada era ini juga sudah banyak bank nan berkompetisi untuk menerbitkan kartu debit dengan kreasi nan lebih ramai dan estetik.

Kartu angsuran juga biasanya menyertakan info nama pemilik rekening di bagian depannya. Hal ini menjadi salah satu syarat untuk menggunakan kartu kredit, baik secara langsung ataupun online. Syarat ini dibuat untuk memastikan identitas pengguna kartu.

Sementara, pada kartu debit, info nama pemilik kartu tidak selalu dicantumkan, lantaran tidak selalu relevan dengan proses pembayaran, baik itu secara langsung ataupun online. Pada kartu angsuran juga dicantumkan info masa bertindak kartu tersebut, nan menandakan kartu itu bakal otomatis tidak bisa digunakan ketika sudah melewati masanya.

Umumnya, kartu debit tidak mempunyai info tentang masa berlaku. Perbedaan lainnya, penerapan chip nan ada pada kartu angsuran tak selalu ada di semua jenis kartu debit. Namun, Bank Indonesia saat ini telah menargetkan banyak bank di Indonesia untuk mulai beranjak dari menerapkan pita magnetik menjadi chip pada kartu debit nan diterbitkan.

3. Penggunaan Kartu

Secara sederhana, kartu debit merupakan corak ringkas dari rekening tabungan nan Anda miliki dalam sebuah bank. Jadi, Anda bisa memakai kartu debit sebagai perangkat pembayaran dan juga perangkat pemindahan (transfer) duit ke rekening lain nan banknya sama alias antar bank. Kamu juga dapat menggunakan kartu debit untuk menarik duit tunai dari tabungan Anda pada mesin ATM penyedia, tanpa dikenakan biaya tertentu.

Sementara itu, Anda tidak disarankan untuk memandang alias memakai kartu angsuran sebagai biaya tunai nan tersedia pada tabungan Grameds. Sebab, kartu angsuran bisa dikatakan merupakan pinjaman, bukan kepemilikan.

Walaupun kartu angsuran juga bisa dipakai sebagai perangkat pembayaran, kartu angsuran tak dapat digunakan untuk memindahkan duit ke rekening lain. Kartu angsuran diketahui bisa digunakan sebagai perangkat tarik tunai pada mesin ATM, tetapi bakal dikenakan biaya nan kudu dibayarkan atas pinjaman duit tunai tersebut.

Penggunaan kartu debit juga dapat dipindahtangankan kepada orang lain dengan menunjukkan akses nomor pin. Namun, Grameds tidak disarankan untuk memindahtangankan alias meminjamkan kartu angsuran kepada orang lain, untuk menghindari penyalahgunaan.

4. Fasilitas nan Tersedia

Baik kartu debit dan kartu kredit, keduanya sama-sama menyediakan akomodasi berupa kemudahan bagi para pemiliknya. Namun, tentunya ada beberapa perbedaan pada akomodasi nan disediakan kartu debit dan kartu kredit.

Secara umum, akomodasi kartu debit adalah berupa kemudahan pembayaran. Sejumlah bank juga mungkin bakal memberikan promo kerjasama dengan vendor alias marketplace. Sementara, kartu angsuran mempunyai banyak akomodasi nan cukup menarik, seperti promo potongan harga, pengumpulan poin, reward, dan lain sebagainya.

5. Limit Pemakaian

Sebagai sesama perangkat pembayaran nan sah, ada perbedaan nan cukup signifikan antara kartu debit dan kartu angsuran dari segi limitnya. Kartu debit tak menerapkan batas penggunaan, selama pemilik kartu tetap mempunyai saldo di rekeningnya.

Sementara, kartu angsuran biasanya mempunyai batas alias batas penggunaan, sesuai dengan jenis dan kebijakan masing-masing bank nan menerbitkannya. Jumlah batas kartu angsuran dapat dimulai dari 3 juta rupiah sampai ratusan juta, sesuai dengan jenis kartu dan kebijakan akomodasi nan disesuaikan dengan kajian bank penerbit.

6. Biaya Kartu

Baik kartu debit alias kartu kredit, memberikan banyak akomodasi dan kemudahan bagi pemiliknya. Maka dari itu, wajar saja jika ada biaya nan dikenakan untuk itu. Adapun perbedaan kartu debit dan angsuran dari segi biaya adalah sebagai berikut.

Biaya nan mungkin dikenakan atas pemakaian kartu debit, yaitu:

  • Biaya cetak kartu ATM
  • Biaya manajemen bulanan bank
  • Biaya penarikan tunai di ATM berbeda
  • Biaya transfer ke bank lain
  • Biaya penggantian kartu lantaran rusak alias hilang
  • Biaya penutupan rekening

Biaya nan mungkin dikenakan atas pemakaian kartu kredit, yaitu:

  • Biaya manajemen tahunan
  • Biaya pembayaran tagihan
  • Biaya keterlambatan pembayaran
  • Biaya pembatalan cicilan
  • Biaya melampaui batas penggunaan
  • Biaya tarik tunai
  • Biaya cetak tagihan
  • Biaya penggantian kartu akibat lenyap alias rusak

Adanya perbedaan antara kartu debit dan kartu angsuran membikin pengguna kudu bijak ketika melakukan transaksi dengan kedua kartu tersebut. Terutama untuk kartu angsuran nan sifatnya meninggalkan hutang dan kudu dibayarkan setiap bulan. Hal ini perlu diperhatikan, agar Grameds kiranya bisa menyesuaikan penggunaan kartu, dan tidak menjadi boros.

Keuntungan Menggunakan Kartu Debit

(Sumber foto: www.pexels.com)

Dengan beragam akomodasi nan dimilikinya, kartu debit tentunya mempunyai banyak kelebihan. Berikut telah dirangkum beberapa untung menggunakan kartu debit nan bisa Grameds pertimbangkan.

1. Praktis

Keuntungan pertama dalam menggunakan kartu debit, ialah mempermudah Grameds dalam melakukan transaksi. Dengan membawa satu kartu saja, Anda dapat shopping tanpa perlu membawa duit tunai dalam jumlah nan besar. Namun, Anda kudu memastikan tempat Anda berbelanja mendukung sistem transaksi non tunai dengan menggunakan kartu debit. Biasanya perihal ini ditandai dengan mempunyai mesin EDC.

2. Mendukung Tarik Tunai

Keuntungan selanjutnya jika menggunakan kartu debit, ialah Anda Grameds melakukan tarik tunai tanpa dikenai biaya apapun. Selama Grameds masih mempunyai saldo di rekening tabungan dan belum mencapai pemisah penarikan, Grameds dapat melakukan beberapa kali penarikan tunai dalam satu hari. Grameds bisa melakukan tarik tunai di mesin ATM alias minimarket nan menyediakan akomodasi ini.

3. Tidak Perlu Cicil Bulanan

Jika kartu angsuran mengharuskan kita mencicil hutang atas penggunaannya setiap bulan, kartu debit tidak menuntut perihal ini. Sebab, penggunaan kartu debit berasas saldo nan tersimpan di dalam rekening, nan murni milik sang pemegang kartu. Maka itu, Grameds tak perlu cemas saat melakukan transaksi.

Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit

Banyak orang nan memandang sebelah mata kartu angsuran akibat konsepnya nan meminjamkan dan membikin hutang. Padahal, jika digunakan dengan bijak, ada beragam untung nan bisa didapatkan, lho. Berikut penjelasannya:

1. Membantu dalam Keadaan Mendesak

Keuntungan pertama dari menggunakan kartu angsuran adalah kartu ini bisa menyelamatkan Grameds ketika menghadapi keadaan nan mendesak. Kartu angsuran bisa digunakan di saat nan penting, seperti ketika penghasilan Anda belum turun, tetapi ada kebutuhan pembayaran mendesak nan tidak bisa ditunda.

Kartu angsuran dapat dimanfaatkan saat Grameds perlu membeli kebutuhan tersier nan merupakan peralatan penting, akibat peralatan nan Grameds punya tiba-tiba rusak. Pada saat seperti ini, kartu angsuran bisa membantu Grameds melakukan pembayaran terlebih dahulu. Namun, jangan lupa untuk menyesuaikan budget juga, lantaran Grameds harus bayar tagihan kartu angsuran di akhir bulan.

2. Mendapatkan Produk Terlebih Dahulu dan Boleh Membayar Belakangan

Hal ini tetap mengenai dengan poin sebelumnya, di mana Grameds bisa menggunakan kartu angsuran Grameds untuk mendapatkan peralatan nan Grameds butuhkan, lampau bisa membayarnya di kemudian hari. Perlu diingat juga bahwa Anda tetap kudu bayar peralatan nan Anda beli dengan kartu angsuran di akhir bulan, jadi Grameds perlu pertimbangkan biaya nan kudu dibayarkan sebelum Grameds melakukan transaksi.

Namun, setidaknya Anda bakal dimudahkan juga, lantaran Anda bisa menggunakan metode angsuran nan tersedia. Cicilan nan diberikan juga banyak macannya. Grameds dapat memilih dari jatuh tempo maksimal pembayaran (tenor) tiga bulan, enam bulan, dua belas bulan, dan lain sebagainya. Akan lebih baik andaikan Grameds dapat melakukan pembayaran lebih sigap dari tenor nan Anda pilih, agar angsuran tidak bakal membebani Grameds lagi.

3. Reward Poin dalam Setiap Transaksi, nan Bisa Ditukarkan dengan Banyak Manfaat Menarik

Keuntungan selanjutnya dalam menggunakan kartu angsuran adalah keberadaan reward poin atas transaksi nan dilakukan, nan dapat ditukarkan dengan banyak hal. Selain dari mengumpulkan reward poin, Grameds juga bisa menikmati faedah menarik lain, seperti diskon, cashback, dan mendapat gratisan (freebies).

Keuntungan ini bisa diberikan, lantaran pihak bank penerbit kartu angsuran sudah bekerja sama dengan beragam macam vendor alias marketplace, seperti restoran, cafe, toko pakaian, dan beragam jenis toko lainnya nan melakukan partnership.

4. Transaksi dengan Mudah Kapan Saja dan di Mana Saja

Kartu angsuran menjadi salah satu perangkat pembayaran sah nan paling fleksibel, lantaran kartu angsuran bisa digunakan di nyaris seluruh tempat dan wilayah. Grameds dapat menggunakan kartu angsuran ketika berbelanja langsung di toko alias pusat perbelanjaan. Selain itu, Grameds juga bisa menggunakan kartu angsuran untuk berbelanja secara online.

Keuntungan nan paling dahsyat dan berfaedah dari kartu angsuran adalah memungkinkan penggunanya untuk berbelanja di luar negeri. Tak peduli di mana Grameds berada, seluruh transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit.

Nah, itu dia Grameds perbedaan kartu debit dan kartu angsuran nan perlu Anda ketahui. Semoga tulisan ini dapat memberikan info dan pengetahuan bagi Grameds. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu siap memberikan info baru bagi kamu.

Untuk Grameds nan tetap mau mencari info lebih banyak seputar kartu kredit, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com alias bisa memandang rekomendasi kitab di bawah ini, ya.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berbobot dan original agar Grameds mempunyai info #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku Terkait

Hemat Dengan Kartu Kredit

Hemat dengan Kartu Kredit

Kartu Kredit merupakan kartu nan bisa digunakan untuk melakukan beragam pembayaran, seperti transaksi pembelanjaan dan alias untuk melakukan penarikan tunai. Kartu angsuran adalah perangkat pembayaran non tunai dalam corak kartu, nan diterbitkan oleh bank. Kartu angsuran diterbitkan oleh pihak bank alias lembaga finansial sejenis untuk pemegang kartu, tanpa mengharuskan kepemilikan rekening tabungan alias giro.

Kemudahan menggunakan kartu angsuran dapat mengakibatkan pengeluaran menjadi tak terkendali. Bukannya bikin nyaman dan tentram, kerap kali kartu angsuran malah menjadi duri dalam daging. Jika Anda belum mengetahui langkah memanfaatkan kartu angsuran dengan baik, kitab berjudul Hemat dengan Kartu Kredit nan ditulis oleh Erry Kurniawati sangat direkomendasikan untuk Anda.

Buku Pintar Selamat Dari Jebakan Kartu Kredit

Buku Pintar Selamat dari Jebakan Kartu Kredit

Buku Pintar Selamat dari Jebakan Kartu Kredit ini bakal memaparkan penjelasan nan menunjukkan kita bahwa penggunaan kartu angsuran memang sesuai dengan perkembangan zaman, tetapi rupanya ada banyak jebakan di dalamnya. Buku ini menjadi pedoman bagi Anda untuk selamat dari jebakan itu.

Buku ini bakal memberikan banyak info dan pengetahuan mengenai seluk-beluk kartu angsuran secara komplit dan detail. Buku ini bakal memberikan banyak sekali pengetahuan bagi para pengguna kartu kredit, agar bisa mengenali, menyiasati, selamat, dan mendapatkan untung dari penggunaan kartu angsuran itu sendiri.

Penulis: Gabriel

Sumber:

https://bankraya.co.id/articles/insights/detail/7-perbedaan-antara-kartu-debit-dan-kredit

https://www.google.com/amp/s/katadata.co.id/amp/agung/finansial/6388321329645/beda-kartu-debit-dan-kredit-dan-keuntungan-menggunakan-kartu-debit

https://www.okbank.co.id/id/information/news/berbagai-keuntungan-menggunakan-kartu-kredit-yang-wajib-diketahui

ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ratih

Menekuni bumi SEO writing selama 6 tahun dengan minat terhadap bumi parenting, kuliner, dan style hidup. Berlatarbelakang pendidikan Ilmu Komunikasi, saya mendapatkan insight mengenai beragam jenis penulisan serta diperkaya dengan teknik SEO agar bisa mengembangkan tulisan ke arah digital.

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog