Mengenal Gaya Hidup Berkelanjutan: Pengertian, Contoh Dan Manfaat

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Tren style hidup berkepanjangan nan sekarang giat digaungkan membawa akibat positif pagi keseimbangan lingkungan. Saat ini sudah mulai banyak organisasi nan menerapkan style hidup ini sebagai upaya mengurangi sampah demi memelihara kelestarian alam. Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan style hidup berkelanjutan? Mari simak penjelasan berikut ini ya, Grameds!

Pengertian Gaya Hidup Berkelanjutan

Gaya hidup berkepanjangan (sustainable lifestyle)  adalah style hidup nan mempunyai tujuan dalam menyeimbangkan antara lingkungan dengan manusia nan menggunakannya. Gaya hidup berkepanjangan merujuk pada pola hidup nan mempertimbangkan akibat terhadap lingkungan, sosial, dan ekonomi untuk mendukung kesejahteraan jangka panjang.

Contoh Gaya Hidup Berkelanjutan

Setelah mengetahui arti dari style hidup berkelanjutan, kira-kira seperti apa ya contoh style hidup berkelanjutan? Berikut adalah contoh-contoh style hidup berkelanjutan:

  • Menggunakan transportasi nan ramah lingkungan seperti bersepeda, melangkah kaki, alias menggunakan transportasi umum.
  • Mengurangi penggunaan bahan kimia dan mulai beranjak ke produk organik, seperti mengganti sabun kimia menjadi sabun lerak, memproduksi eco enzym sebagai pembersih dan pemurni alami.
  • Memilih produk nan mendukung style hidup berkepanjangan dan ramah lingkungan, memilih produk lokal, dan mendukung turut serta menerapkan prinsip “Reduce-Reuse-Recycle”.
  • Menerapkan capsule wardrobe, ialah membeli baju model dan warna basic nan sifatnya timeless dan mudah dipadupadankan tanpa kudu mempunyai banyak pakaian. Gaya hidup ini bakal mengurangi limbah kain nan diakibatkan tren fast fashion.
  • Membawa tas belanja, botol minum dan perangkat makan dari rumah demi meminimalisir penggunaan plastik.
  • Memilih makanan nan diproduksi secara ramah lingkungan serta mendukung mendukung pertanian lokal.
  • Mendukung organisasi lokal dan berperan-serta dalam aktivitas sosial.
  • Memilih untuk bersepeda alias melangkah kaki sebagai pengganti transportasi mengurangi emisi gas rumah kaca.
  • Membeli barang-barang jejak alias secondhand untuk membantu mengurangi produksi limbah dan memperpanjang umur pakai produk.
  • Mengurangi konsumsi produk hewani dapat membantu mengurangi akibat lingkungan, seperti deforestasi dan emisi gas metana dari peternakan.
  • Praktik daur ulang dan pemilahan sampah membantu mengurangi jumlah sampah nan masuk ke tempat pembuangan akhir, mengoptimalkan pemanfaatan kembali bahan-bahan tertentu. Sampah daur ulang bisa dikirim ke bank sampah dan sampah organik bisa dibuat kompos di rumah.
  • Mendukung produk lokal membantu mengurangi jejak karbon nan dihasilkan oleh pengiriman dan transportasi jarak jauh, sekaligus memberdayakan ekonomi lokal.
  • Memilih transportasi umum daripada kendaraan pribadi dapat mengurangi emisi gas buang dan kemacetan lampau lintas, serta mengurangi kebutuhan bakal tempat parkir.
  • Praktik irit air, seperti memperbaiki kebocoran dan menggunakan peralatan irit air, membantu konservasi sumber daya air nan sangat penting.
  • Memilih produk nan mempunyai label ramah lingkungan alias sertifikasi organik dapat mendukung produksi nan lebih berkelanjutan.
  • Terus meningkatkan pengetahuan tentang isu-isu lingkungan dan berbagi info dengan orang lain dapat membantu menyebarkan kesadaran dan menginspirasi tindakan positif.
  • Menggunakan sumber daya terbarukan seperti tenaga surya alias tenaga angin untuk kebutuhan listrik dapat membantu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil nan dapat merugikan lingkungan.

Suistainable Me

Manfaat Gaya Hidup Berkelanjutan

(Sumber: www.pexels.com)

1. Konservasi Sumber Daya Alam

Gaya hidup berkepanjangan membantu mengurangi konsumsi sumber daya alam seperti air, energi, dan bahan baku, sehingga mendukung keberlanjutan lingkungan.

2. Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca

Penggunaan daya terbarukan dan praktik transportasi berkepanjangan membantu mengurangi emisi gas rumah kaca nan berkontribusi pada perubahan iklim.

3. Peningkatan Kualitas Udara dan Air

Penggunaan daya terbarukan dan transportasi berkepanjangan dapat mengurangi polusi udara dan air, menciptakan lingkungan nan lebih bersih dan sehat.

4. Pemberdayaan Ekonomi Lokal

Mendukung produk lokal dan upaya berkepanjangan membantu memperkuat ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan kemandirian ekonomi komunitas.

5. Peningkatan Kesehatan

Pilihan makanan nan lebih sehat dan aktivitas bentuk seperti bersepeda alias melangkah kaki dalam style hidup berkepanjangan dapat meningkatkan kesehatan individu.

6. Dukungan terhadap Keadilan Sosial

Gaya hidup berkepanjangan melibatkan keadilan sosial, termasuk support terhadap hak-hak pekerja, kesetaraan gender, dan inklusi masyarakat.

7. Mengurangi Sampah dan Pencemaran Lingkungan

Dengan mempraktikkan daur ulang, pemilahan sampah, dan pembelian produk nan ramah lingkungan, style hidup berkepanjangan dapat membantu mengurangi sampah dan pencemaran lingkungan.

8. Ketahanan Terhadap Perubahan Iklim

Tindakan berkepanjangan membantu membangun ketahanan terhadap perubahan suasana dengan meminimalkan kontribusi terhadap pemanasan dunia dan mengurangi akibat musibah alam.

9. Peningkatan Kualitas Hidup

Gaya hidup berkepanjangan dapat memberikan rasa kepuasan dan kebahagiaan, lantaran perseorangan merasa berkontribusi pada keberlanjutan planet dan kesejahteraan masyarakat.

10. Pelestarian Keanekaragaman Hayati

Dengan mengurangi akibat negatif terhadap lingkungan, style hidup berkepanjangan membantu dalam pelestarian keanekaragaman hayati dan ekosistem alam.

Living Clean

Cara Memulai Gaya Hidup Berkelanjutan

(Sumber: www.pexels.com)

1. Mencari Support System

Bergaul dengan kawan alias organisasi nan mempunyai visi nan sama bakal menambah wawasan tentang sustainable living. Menerapkan style hidup ini tentu tidak mudah pada awalnya, lantaran diperlukan tenaga dan upaya lebih. Oleh lantaran itu, support sangat krusial saat memulai style hidup berkelanjutan.

2. Mulai Memilah Sampah

Sediakan dua tempat sampah organik dan anorganik. Limbah dapur bisa dikumpulkan untuk menjadi pupuk kompos, sedangkan sampah anorganik bisa dikumpulkan untuk didaur ulang.

Banyak platform online atau organisasi nan bisa menerima pemilahan sampah anorganik, sehingga memudahkan Kamu untuk membuang sampah-sampah tersebut. Proses memilah sampah ini memerlukan ekstra waktu dan tenaga, jadi mulailah lakukan secara perlahan, namun berkesinambungan.

3. Mengurangi Penggunaan Plastik

Praktik mengurangi sampah dengan membawa tas shopping merupakan langkah nyata untuk mengurangi sampah plastik. Selalu bawa tas shopping portable kemanapun Kamu pergi.

4. Membeli Produk nan Berkualitas dan Tahan Lama

Jangan tergiur dengan promo nan mengakibatkan Kamu membeli peralatan nan belum tentu diperlukan, serta kualitasnya diragukan. Pakailah peralatan nan sifatnya esensial dan mempunyai kualitas baik, sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu nan lama.

5. Menerapkan Prinsip Reduce-Reuse-Recycle

Declutter atau keluarkan peralatan nan tak lagi dipakai di rumahmu. Sejatinya, peralatan nan sudah tidak Kamu gunakan dalam jangka waktu 1 bulan, berfaedah Anda tidak memerlukannya lagi. Kamu bisa menjual alias mendonasikan agar barangmu mempunyai nilai bagi orang lain, serta mengurangi potensi penimbunan di rumahmu.

Gunakan ulang baju alias tas lama. Siapa tau baju milik ibu alias baju lamamu bisa kembali menjadi tren. Kamu juga bisa berkarya dari limbah kain nan tak terpakai dan dibuat menjadi tas, taplak meja, dan lain-lain.

6. Beralih ke Produk Organik

Jika selama ini Kamu tetap memakai detergen alias sabun untuk kebutuhan mandi alias mencuci, Kamu bisa beranjak untuk membikin sabun sendiri. Kamu bisa mencoba membikin sabun dari buah lerak untuk mencuci baju, piring, mandi apalagi bisa menjadi sampo. Selain jauh lebih murah, sabun organik bisa mengurangi limbah dan tentu saja jauh lebih kondusif bagi penggunanya.

7. Memakai Transportasi Umum

Kamu sudah berkontribusi pada bumi saat memilih berjalan dengan transportasi umum. Selain lebih hemat, memakai transportasi umum jauh lebih praktis dan mengurangi emisi nan menimbulkan pengaruh rumah kaca.

8. Melakukan Jalan Kaki alias Bersepeda

Jika Kamu biasa menggunakan kendaraan bermotor saat ke supermarket dekat rumah, kali ini coba melangkah kaki alias bersepeda. Selain lebih sehat, Kamu juga menghemat bahan bakar.

9. Menghemat Penggunaan Listrik dan Air

Berhemat dalam penggunaan air di rumah saat aktivitas mandi alias mencuci. Matikan perangkat elektronik setiap tidak digunakan.

10. Membeli Produk Lokal

Mendukung kampanye “Go Local” berakibat positif pada perekonomian nasional dan kesejahteraan finansialmu. Banyak produk lokal nan mempunyai kualitas baik dan nilai lebih murah dari produk luar.

11. Menanam Tanaman Hidroponik

Menanam tanaman hidroponik seperti bayam, kangkung, tomat di rumah selain lebih sehat dan murah, Kamu Anda mengurangi penggunaan pestisida dan penghematan air.

Suistainable Tourism

Tokoh dan Organisasi nan Mendukung Gaya Hidup Berkelanjutan

Beberapa tokoh dan aktivitas nan telah berkedudukan dalam mempopulerkan konsep keberlanjutan meliputi:

1. Rachel Carson

Penulis dan mahir biologi nan dikenal atas bukunya “Silent Spring” pada tahun 1962, nan menggarisbawahi akibat negatif pestisida terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Carson dapat dianggap sebagai salah satu pionir aktivitas lingkungan.

2. Brundtland Commission

Juga dikenal sebagai World Commission on Environment and Development (WCED), komisi ini dipimpin oleh Mantan Perdana Menteri Norwegia, Gro Harlem Brundtland, dan merilis laporan tahun 1987 berjudul “Our Common Future” nan memperkenalkan konsep pembangunan berkelanjutan.

3. David Attenborough

Naturalis dan kreator movie dokumenter nan telah banyak berkontribusi dalam mengedukasi masyarakat tentang masalah lingkungan dan perubahan suasana melalui karyanya seperti serial dokumenter “Planet Earth” dan “Blue Planet”.

4. Greenpeace

Organisasi nirlaba ini telah aktif dalam mempromosikan keberlanjutan dan melibatkan diri dalam kampanye-kampanye lingkungan untuk melindungi lingkungan dan mendorong praktik-praktik berkelanjutan.

5. Organisasi Lingkungan Lainnya

: Selain Greenpeace, banyak organisasi lingkungan seperti World Wildlife Fund (WWF), Friends of the Earth, dan banyak lagi, nan telah berkedudukan krusial dalam membangun kesadaran dan pembelaan untuk style hidup berkelanjutan.

6. Yayasan IDEP Indonesia

IDEP Indonesia berfokus pada pembangunan berkepanjangan melalui program-program nan melibatkan masyarakat. Mereka terlibat dalam pendidikan lingkungan, pemberdayaan komunitas, dan perencanaan tata kelola lingkungan.

7. Walhi (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia)

Sebagai salah satu organisasi lingkungan terkemuka di Indonesia, Walhi berupaya untuk melindungi lingkungan hidup dan hak-hak masyarakat. Mereka terlibat dalam kampanye-kampanye mengenai pertanian berkelanjutan, kehutanan, dan daya terbarukan.

8. Greeneration Indonesia

Greeneration adalah organisasi non-pemerintah nan berfokus pada pembelaan dan pendidikan lingkungan. Mereka mengembangkan beragam program untuk mempromosikan style hidup berkepanjangan dan pembangunan berkelanjutan.

9. BaliFokus

Organisasi ini berfokus pada pembelaan dan pembangunan berkepanjangan di Bali. Mereka terlibat dalam kampanye perlindungan air, pengurangan limbah, dan pelestarian lingkungan laut.

10. BCCF (Bali Coral Conservation Foundation)

BCCF berfokus pada pelestarian terumbu karang di Indonesia, khususnya di sekitar Pulau Bali. Mereka terlibat dalam proyek-proyek rehabilitasi terumbu karang dan pendidikan lingkungan.

11. Rumah Energi (Yayasan Rumah Energi)

Organisasi ini berupaya untuk mempromosikan daya terbarukan dan efisiensi daya di Indonesia. Mereka memberikan training dan support teknis untuk masyarakat agar dapat mengakses dan memanfaatkan daya terbarukan.

12. Hijaukudus

Hijaukudus adalah organisasi di Kota Semarang nan berfokus pada pembangunan berkelanjutan. Mereka aktif dalam kampanye penanaman pohon, pengelolaan sampah, dan edukasi lingkungan.

13. Indonesia Plastic Bag Diet Movement

Gerakan ini bermaksud untuk mengurangi penggunaan kantong plastik di Indonesia. Mereka melakukan kampanye kesadaran dan edukasi mengenai akibat negatif penggunaan plastik sekali pakai.

Merek nan Menerapkan Gaya Hidup Berkelanjutan

Kini sudah banyak merek nasional maupun internasional nan menerapkan sustainable living alias style hidup berkelanjutan. Di antaranya adalah:

1. Tesla

Tesla dikenal sebagai produsen mobil listrik nan memimpin dalam penemuan teknologi dan berupaya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dari industri otomotif.

2. IKEA

IKEA telah berkomitmen untuk menjadi perusahaan berkepanjangan dengan tujuan menggunakan bahan daur ulang dan mengurangi emisi karbon. Mereka juga memperkenalkan produk-produk ramah lingkungan.

3. Adidas

Perusahaan busana dan dasar kaki ini telah berupaya untuk mengurangi limbah plastik di lautan dengan meluncurkan sepatu olahraga nan terbuat dari limbah plastik laut.

4. Google

Google telah mengumumkan komitmen untuk menjadi karbon netral dan menggunakan sumber daya terbarukan dalam operasional mereka.

5. Microsoft

Microsoft telah berkomitmen untuk menjadi perusahaan karbon negatif pada tahun 2030 dan mendukung penemuan teknologi untuk mengatasi perubahan iklim.

6. Tropicfeel Indonesia

Merek ini menawarkan produk-produk outdoor seperti sepatu dan tas nan terbuat dari bahan-bahan ramah lingkungan, dengan konsentrasi pada kreasi modular dan penggunaan materi daur ulang.

7. Greenhope Indonesia

Greenhope Indonesia adalah merek sosial nan memproduksi produk-produk ramah lingkungan, seperti tote bag nan terbuat dari bahan daur ulang. Sebagian dari penjualan mereka juga didonasikan untuk aktivitas konservasi lingkungan.

8. Paragon

Merek sepatu ini mempunyai program berjulukan “Paragon Earth Care” nan mengutamakan bahan-bahan ramah lingkungan dan meminimalkan akibat ekologis dalam produksi sepatu.

9. Sayurbox

Sayurbox adalah platform online nan menyediakan produk-produk pertanian organik dan lokal secara langsung dari petani. Mereka mendukung pertanian berkepanjangan dan memastikan produk-produknya berasal dari sumber nan terpercaya.

10. Bali Boo

Bali Boo adalah merek nan konsentrasi pada produk-produk rumah tangga dan hiasan nan terbuat dari bambu, bahan nan dapat diperbaharui dan ramah lingkungan.

11. Kopernik

Organisasi sosial ini, nan berkantor di Indonesia, berfokus pada penemuan dan solusi berkepanjangan untuk membantu masyarakat nan kurang beruntung.

12. Repro Indonesia

Repro menyediakan produk-produk berkepanjangan seperti tas dan dompet nan terbuat dari bahan daur ulang, termasuk kain sisa dan billboard bekas.

13. Dolanan Dakon

Merek ini memproduksi permainan tradisional dakon dengan kreasi dan bahan nan ramah lingkungan, mendukung pelestarian budaya dan lingkungan.

14. Bali Swim

Bali Swim adalah merek busana renang nan menggunakan bahan berkepanjangan seperti ECONYL, nan terbuat dari limbah plastik laut.

15. Nusa Indah Surfboards

Merek kreator papan selancar ini menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan seperti epoksi bio dan kayu lokal nan dikelola secara berkelanjutan.

16. The Body Shop

Merek ini berkomitmen untuk menggunakan bahan-bahan alami dan bahan daur ulang dalam produk-produknya. Mereka juga berupaya untuk mendukung perdagangan setara dan pembelian bahan dari sumber nan berkelanjutan.

Kesimpulan

Gaya hidup berkepanjangan adalah suatu pola hidup nan mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan, sosial, dan ekonomi untuk mendukung kesejahteraan jangka panjang. Ini mencakup pertimbangan terhadap ekologi, keadilan sosial, dan kesejahteraan ekonomi.

Gaya hidup berkepanjangan menekankan pada pemakaian sumber daya nan bijak, pertimbangan terhadap akibat lingkungan, mobilitas berkelanjutan, konsumsi nan bertanggung jawab, dan partisipasi dalam aktivitas sosial nan memperkuat kesejahteraan bersama.

Manfaatnya melibatkan konservasi sumber daya alam, pengurangan emisi gas rumah kaca, peningkatan kualitas udara dan air, pemberdayaan ekonomi lokal, peningkatan kesehatan individu, dan preservasi keanekaragaman hayati.

Penerapan style hidup berkepanjangan dalam sehari-hari melibatkan keputusan mini seperti pemilihan produk nan ramah lingkungan, penggunaan transportasi berkelanjutan, daur ulang, dan pemilihan makanan nan diproduksi secara berkelanjutan. Dengan tindakan-tindakan tersebut, kita  dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat, menciptakan perubahan menuju pola hidup nan lebih berkelanjutan.

Grameds bisa mempelajari lebih lanjut mengenai style hidup melalui kitab terbaik di Gramedia.com.

ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog