Menu Bakaran Angkringan: Sajian Sederhana Dengan Rasa Luar Biasa

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Halo, Grameds! Siapa di sini nan suka nongkrong di angkringan? Tempat makan sederhana nan satu ini memang punya daya tarik tersendiri, ya. Selain suasananya nan santai, menu makanannya juga nggak kalah lezat. Kali ini, kita bakal membahas tentang menu bakaran angkringan nan selalu bikin nagih. Dari sate usus sampai jagung bakar, semuanya punya rasa dan karakter tersendiri. Yuk, simak terus dan siap-siap lapar!

Sejarah Angkringan:  Dari Masa ke Masa

(Sumber foto: www.pexels.com)

Halo, teman-teman! Kali ini kita bakal telaah tentang sejarah angkringan, tempat makan nan sudah jadi favorit banyak orang di Indonesia. Angkringan memang identik dengan suasana santai, nilai murah, dan makanan lezat. Namun, tahukah Anda bahwa angkringan punya sejarah nan panjang dan menarik? Yuk, kita simak bersama!

Angkringan pertama kali muncul di Yogyakarta pada awal abad ke-20. Asal mula nama “angkringan” sendiri berasal dari kata “angkring” dalam bahasa Jawa, nan berfaedah duduk santuy alias nongkrong. Di masa itu, angkringan dikenal dengan nama “hik” alias “wedangan.”

Gerobak sederhana nan digunakan untuk berdagang makanan dan minuman ini jadi tempat favorit para pekerja dan pelajar nan mau makan murah meriah. Nasi kucing, nasi balut mini dengan lauk sederhana seperti sambal, tempe, alias teri, jadi salah satu menu andalannya.

Seiring berjalannya waktu, angkringan semakin terkenal dan menyebar ke beragam kota di Indonesia. Bukan hanya di Yogyakarta, tapi juga di Solo, Semarang, dan kota-kota lainnya.

Keunikan angkringan terletak pada konsepnya nan sederhana namun penuh keakraban. Para pengguna bisa duduk bersila di tikar nan digelar di sekitar gerobak, sembari menikmati makanan dan bercengkerama. Dari anak muda sampai orang tua, semua berkumpul di angkringan untuk menikmati suasana nan hangat dan bersahaja.

Hingga saat ini, angkringan tetap eksis dan terus berkembang. Menu nan ditawarkan pun semakin bervariasi, mulai dari sate-satean, gorengan, hingga jenis minuman tradisional seperti wedang jahe. Angkringan tidak hanya menjadi tempat makan, tetapi juga menjadi bagian dari budaya dan style hidup masyarakat Indonesia.

Jadi, nggak heran jika angkringan selalu ramai dikunjungi, terutama saat malam hari. Nah, sekarang kita jadi lebih tahu kan, sejarah di kembali angkringan nan kita cintai ini? Selamat menikmati malam di angkringan dan jangan lupa, tetap santai!

22 Rasa Nasi Kucing Ala Angkringan

button cek gramedia com

Apakah Anda pernah menemukan angkringan warung sederhana nan menyajikan makanan lauk nan enak? Padahal, menu di angkringan warung terlihat sangat sederhana dan mudah untuk dibuat, bukan?

Tenang saja, sekarang menu angkringan warung sederhana bisa Anda buat di rumah. Lauk pauk pendamping nasi kucing seperti jenis bacem: tahu dan tempe, paru, sate usus dan jerohannya. Ada juga lauk kering seperti tempe dan kentang ditambah jenis sambalnya bakal membikin selera makan Anda semakin bertambah. Menu utamanya nan berupa nasi kucing sekarang juga dapat divariasikan dengan nasi kuning alias nasi bakar. Semua dapat dipadukan dengan menu-menu pilihan nan kami berikan.

Buku resep “22 Rasa Nasi Kucing Ala Angkringan” bakal memberikan resep variatif menu angkringan nan sederhana namun tetap lezat untuk dikonsumsi. Buku ini memberikan masukan jika Anda jenuh dengan menu sehari-hari nan itu-itu saja. Selain hidangan untuk dirumah, menu ini juga bisa Anda sajikan untuk aktivitas spesial lainnya, seperti arisan family alias piknik sembari membawa nasi bakar beserta lauk pauknya. Bahkan, resep dalam kitab ini juga bisa Anda jadikan sebagai kesempatan untuk berdagang di aktivitas bazar.

Anda dapat memanfaatkan kombinasi menu nan kami tulis. Silahkan Anda sesuaikan resep angkringan dengan lauk pauk pendamping serta jenis sambalnya nan berbeda-beda sesuai selera Anda. Selamat mencoba!

Menu Bakaran Angkringan nan Menggugah Selera

Salah satu daya tarik utama dari angkringan adalah menu bakarannya. Siapa nan bisa nolak kelezatan menu bakaran angkringan nan sederhana tapi menggugah selera? Berbagai macam sate mulai dari sate usus, sate telur puyuh, sate kikil, sampai sate ati ampela, semuanya ada di sini. Bumbu-bumbunya nan unik meresap sempurna, bikin kita nggak bisa berakhir makan. Lalu, apa saja sih menu bakaran angkringan nan selalu membikin kita meneteskan air liur? Yuk, cek menu bakaran angkringan nan menggugah selera!

1. Nasi Kucing

Nasi kucing adalah menu bakaran angkringan nan sederhana tapi bikin nagih. Porsinya mini dengan lauk seperti tempe orek, sambal, dan ikan teri. Cocok untuk Anda nan pengen ngemil santuy sembari nongkrong bareng teman.

2. Nasi Bakar

Nasi bakar di angkringan ini punya aroma wangi nan menggoda. Dibungkus daun pisang dan dibakar hingga wangi, nasi bakar berisi ayam suwir alias teri medan ini pasti bikin Anda ketagihan.

3. Tempe dan Tahu Bacem Bakar

Untuk nan suka menu vegetarian, tempe dan tahu bacem bakar bisa jadi pilihan. Tempe dan tahu nan dibacem dengan ramuan unik Jawa lampau dibakar, memberikan rasa manis gurih nan pas di lidah.

4. Kepala Ayam Bakar

Kepala ayam bakar adalah menu favorit nan punya rasa gurih dan sedikit pedas. Bumbunya meresap sempurna, dan teksturnya nan lembek bikin Anda nggak bisa berakhir makan.

5. Jadah

Jadah adalah kue ketan nan dipanggang dengan aroma unik daun pisang. Rasanya manis dan legit, cocok buat kawan ngobrol sembari menikmati suasana malam di angkringan.

6. Sate Frozen Food

Sate frozen food adalah pilihan praktis di angkringan, dengan beragam macam bahan seperti sosis, bakso, dan nugget nan dibakar. Rasa gurih dan kemudahan penyajiannya bikin menu ini jadi favorit banyak orang.

7. Sate Usus

Sate usus di angkringan ini betul-betul juara. Teksturnya nan kenyal dipadu dengan ramuan manis pedas bikin kita ketagihan. Apalagi jika dibakar dengan api sedang, aroma wangi dari usus bakar ini bisa bikin siapa aja langsung lapar.

8. Sate Telur Puyuh

Telur puyuh nan dibakar dan dibumbui kecap manis serta bawang goreng adalah salah satu menu favorit di angkringan. Telurnya nan lembut dengan rasa manis gurih membuatnya sempurna untuk disantap kapan saja.

9. Sate Kikil

Sate kikil nan kenyal dan gurih ini juga wajib dicoba. Dengan ramuan nan meresap hingga ke dalam, kikil bakar ini pasti bikin lidah bergoyang. Memanggang kikil hingga matang merata bisa jadi tantangan, tapi hasilnya pasti sepadan dengan usaha.

10. Sate Ati Ampela

Bagi nan suka rasa gurih dan sedikit pahit, sate ati rempela adalah pilihan nan tepat. Dengan ramuan kecap dan bawang putih, ati rempela ini jadi hidangan nan nikmat dan bergizi.

11. Jagung Bakar

Selain jenis sate, jagung bakar juga jadi pilihan favorit di angkringan. Jagung manis nan dibakar dengan ramuan mentega dan kecap ini bikin malam di angkringan semakin hangat dan seru.

12. Sate Keong

Buat Anda nan suka tantangan, sate keong adalah menu bakaran angkringan nan wajib dicoba. Daging keong nan kenyal dan gurih, dibakar dengan ramuan kecap manis, bikin pengalaman makanmu jadi unik dan seru.

13. Kulit Ayam Bakar

Buat nan doyan rasa gurih dan tekstur renyah, kulit ayam bakar di angkringan pasti jadi favorit. Dibumbui dengan rempah-rempah unik dan dibakar hingga garing, kulit ayam ini selalu laku manis.

 Kasus Industri Pengolahan Makanan dan Ritel

button cek gramedia com

Manajemen upaya adalah salah satu aktivitas untuk mengatur segala perihal dalam menjalankan upaya sehingga tujuan-tujuan nan diharapkan dapat tercapai. Hal ini biasanya mencakup produksi bahan, mengelola keuangan, mengelola stok peralatan ataupun bahan baku, mengelola aset dan melibatkan strategi pemasaran. Para ahli nan disebut dengan manajemen bertanggung jawab atas perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya upaya sehingga mereka dapat memenuhi tujuan kebijakan.

Pengaruh multidimensi atas gelombang arus globalisasi saat ini telah mengakibatkan pola kehidupan masyarakat turut berubah secara progresif apalagi revolutif. Perubahan perilaku manusia nan demikian menyebabkan tingkat perilaku konsumtif nan sangat tinggi, sehingga menempatkan urgensi kegunaan manajemen pemasaran pada aktivitas usaha, termasuk upaya kecil. Masyarakat memahami bahwa upaya mini adalah upaya informal nan mencakup banyak sektor ekonomi nan berbeda dari perdagangan, pertanian, manufaktur, transportasi dan jasa lainnya, tetapi pemahaman tentang letak Strategi upaya mini umumnya tetap terbatas. Hal ini disebabkan kurangnya buku-buku nan menyajikan pembahasan komprehensif tentang manajemen upaya kecil.

Menu Tambahan Angkringan nan Sering Dijumpai

(Sumber foto: www.pexels.com)

Selain menu bakaran, angkringan juga punya menu lain nan tidak kalah menggugah selera. Mulai dari beragam jenis nasi, minuman hangat tradisional, hingga jenis gorengan, semua tersedia untuk memanjakan lidahmu. Jadi, nggak hanya puas dengan makanan bakaran, Anda juga bisa menikmati ragam menu lainnya nan nggak kalah lezat di angkringan.

1. Gorengan

Gorengan di angkringan selalu jadi primadona. Mulai dari tempe goreng, tahu isi, hingga bakwan, semua disajikan panas-panas dan renyah. Cocok banget buat jadi cemilan sembari menikmati menu bakaran angkringan nan lainnya.

2. Kopi Joss

Kopi joss adalah minuman unik angkringan nan unik, kopi hitam panas dicampur dengan arang membara. Sensasi rasa kopinya kuat, ditambah aroma arang nan bikin pengalaman ngopi jadi berbeda.

3. Wedang Seroja

Wedang seroja adalah minuman hangat dari campuran jahe, gula merah, dan serai. Pas banget buat menghangatkan badan di malam hari sembari menikmati menu bakaran angkringan.

4. Wedang Seruni

Wedang seruni terbuat dari kembang krisan nan diracik dengan rempah-rempah seperti jahe dan gula batu. Rasanya segar dan menenangkan, cocok untuk menemani obrolan santuy di angkringan.

5. Sekoteng

Sekoteng adalah minuman hangat nan terbuat dari jahe, kacang hijau, kolang-kaling, dan kacang tanah. Rasa manis dan hangatnya bikin tubuh jadi segar kembali, sempurna dinikmati berbareng menu bakaran angkringan.

6. Bir Pletok

Bir pletok adalah minuman tradisional Betawi nan terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, serai, dan pandan. Walaupun namanya bir, minuman ini bebas alkohol dan sangat menyegarkan.

7. Wedang Uwuh

Wedang uwuh adalah minuman herbal nan terdiri dari campuran rempah seperti jahe, kayu secang, dan daun pala. Rasanya manis pedas dan sangat menyehatkan, pas untuk dinikmati di malam nan dingin.

Dengan beragam pilihan menu bakaran dan minuman hangat unik angkringan nan lezat dan unik, nggak heran jika angkringan selalu jadi tempat favorit untuk makan dan nongkrong. Nggak hanya lantaran makanannya nan enak, tapi juga suasananya nan santuy dan penuh keakraban.

Jadi, buat Anda nan belum pernah coba alias mau bernostalgia, yuk mampir ke angkringan terdekat dan nikmati kelezatan menu bakaran angkringan nan bikin nagih!

 Seri Masak Femina Primarasa Dapur Indonesia

button cek gramedia com

Angkringan adalah sebuah gerobak sorong untuk menjual beragam macam makanan dan minuman di pinggir jalan di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Di Solo maupun Klaten angkringan dikenal sebagai warung hik alias wedangan. Gerobak angkringan biasa ditutupi dengan kain terpal plastik dan bisa memuat sekitar 8 orang pembeli. Beroperasi mulai sore hingga awal hari, dia mengandalkan penerangan tradisional ialah senthir dan juga dibantu oleh terangnya lampu jalan.

Makanan nan dijual meliputi nasi kucing, gorengan, sate usus (ayam), sate telur puyuh, keripik, dan lain-lain. Minuman nan dijual pun beraneka macam seperti teh, jeruk, kopi, tape, wedang jahe, susu, apalagi minuman serbuk dalam kemasan. Semua dijual dengan nilai nan sangat terjangkau.

Primarasa menghadirkan resep-resep jagoan nan telah teruji di Dapur Femina, selama lebih dari 40 tahun menghadirkan resep-resep pilihan baik lokal maupun mancanegara. Seri Masak Primarasa selalu menjadi sahabat bagi Anda nan mempunyai kegemaran memasak di setiap momen nan ada.

Kesimpulan

Nah, Grameds, setelah kita telaah beragam menu bakaran angkringan nan menggugah selera, nggak bisa dipungkiri bahwa angkringan memang punya daya tarik tersendiri. Dari sate usus nan kenyal, nasi bakar nan harum, hingga jagung bakar nan manis pedas, semuanya punya karakter dan kelezatan nan bikin kita selalu mau kembali. Suasana santuy dan nilai nan terjangkau juga jadi argumen kenapa angkringan selalu jadi tempat favorit untuk nongkrong dan menikmati malam.

Buat Anda nan belum pernah coba alias sudah lama nggak ke angkringan, yuk, ajak teman-teman alias family dan rasakan sendiri kelezatan menu bakaran angkringan. Jika susah menemukan angkringan di dekatmu, nggak perlu khawatir. Kamu bisa mencoba memasak sendiri di rumah dengan resep sederhana berikut ini. Dijamin, rasanya nggak kalah nikmat! Grameds, kamu juga bisa cek resep-resep menarik melalui kumpulan kitab resep nan tersedia di Gramedia.com. Akan tetapi sebelum itu, yuk, cek bingkisan resep ramuan bakar unik angkringan di bawah ini!

Bonus Resep: Bumbu Bakar Khas Angkringan

Bahan-bahan:

  • 5 sdm kecap manis
  • 2 sdm minyak goreng
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 2 siung bawang merah, haluskan
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • 1 sdm gula merah, serut halus
  • Garam dan merica secukupnya
  • 1 buah jeruk nipis

Langkah-langkah:

1. Membuat Bumbu Bakar:

Campurkan kecap manis, minyak goreng, bawang putih, bawang merah, ketumbar bubuk, gula merah, garam, dan merica dalam satu wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

2. Mempersiapkan Bahan:

Pilih bahan-bahan seperti sate usus, sate telur puyuh, sate kikil, alias pilihan favoritmu. Cuci bersih dan tusuk pada tusuk sate.

3. Marinasi:

Lumuri bahan-bahan nan sudah ditusuk dengan ramuan bakar. Diamkan selama 30 menit agar ramuan meresap sempurna.

4. Memanggang:

Panaskan panggangan alias grill. Panggang sate-sate tersebut di atas api sedang sembari sesekali dibalik dan diolesi sisa ramuan bakar hingga matang merata dan berwarna kecoklatan.

5. Penyajian:

Sajikan sate bakaran dengan perasan jeruk nipis di atasnya. Bisa juga dilengkapi dengan sambal kecap alias saus kacang sesuai selera.

Dengan resep sederhana ini, Anda bisa menghadirkan suasana angkringan di rumah. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, cobain menu bakaran angkringan dan rasakan sendiri kenikmatan dan keunikannya. Selamat mencoba dan menikmati!

Bisnis Laris Manis Frozen Food

button cek gramedia com

Suka kudu bangun pagi-pagi buta untuk siapin bekal anak? Kalau bangunnya telat jadi kudu buru-buru? Dapur malah jadi kapal pecah?

Nah sekarang para ibu tidak perlu cemas lagi nih! Anda dapat membikin sendiri makanan kaku namalain frozen food di rumah. Tidak susah kok! Berbagai macam resep frozen food dapat ditemukan dalam kitab resep Bisnis Laris Manis Frozen Food. Mulai dari resep Nugget Udang Pedas, Szechuan Meatballs, Breaded Pop Fish, Fillet Fish & Cheese, Beef Patty Burger, Smoked Beef Quiche, Siomay Ayam, Shrimp Egg Roll, dan tetap banyak lagi resep-resep menarik nan lainnya. Melalui kitab ini, Anda sekalian bakal dituntun untuk memasak dengan praktis. Setelah dibekukan dalam freezer, frozen food nan telah dibuat hanya perlu digoreng alias dikukus sebentar. Selain dapat menghemat waktu di pagi hari, Anda jadi bisa menghemat duit bulanan juga. Ada bingkisan resep saus cocolannya juga loh!

Buku resep Bisnis Laris Manis Frozen Food sendiri adalah karya dari Sufi S.Yahyono. Beliau telah keluar masuk dapur sejak tetap muda. Sampai saat ini, Ibu Sufi telah membikin banyak kitab resep seperti 200 Resep Homemade Cakes & Cookies, 210 Resep Masakan Pilihan, 150 Resep Menu Komplit untuk 1 Bulan, dan tetap banyak lagi. Salah satunya adalah kitab resep Bisnis Laris Manis Frozen Food ini. 

Sumber : theatlantamall

ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog