Muslihat Jin Kepada Manusia Di Era Nabi Sulaiman Yang Bertahan Hingga Kini

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Praktik sihir alias pengetahuan hitam (ilustrasi). Jin mengelabui kitab perdukunan nan dinisbatkan kepada Nabi Sulaiman

KINCAIMEDIA, JAKARTA—Dahulu, pengetahuan nan berasal dari keahlian hantu itu sudah mewarnai kehidupan manusia. Kisah tentang sihir pernah terjadi selepas Nabi Sulaiman AS wafat. 

Ketika itu, sesosok hantu pernah menjelma menjadi manusia. Dia manawarkan support kepada Bani Israil untuk menunjukkan kekayaan karun nan ada di singgasana Raja Sulaiman.

Bukannya menemukan kekayaan karun, Bani Israil hanya mendapatkan kitab-kitab lama. Kaum itu pun menemukan banyak catatan sihir di dalamnya. 

Jin nan licik lantas berbicara kepada Bani Israil bahwa Nabi Sulaiman sudah memperdaya mereka lewat sihir. Dengan catatan-catatan ini, kata jin, Nabi Sulaiman hendak mengendalikan mereka. Tuduhan hantu ini termaktub dalam Alquran surat al-Baqarah ayat 102. 

وَاتَّبَعُوا مَا تَتْلُو الشَّيَاطِينُ عَلَىٰ مُلْكِ سُلَيْمَانَ ۖ وَمَا كَفَرَ سُلَيْمَانُ وَلَٰكِنَّ الشَّيَاطِينَ كَفَرُوا يُعَلِّمُونَ النَّاسَ السِّحْرَ

"Dan mereka (Bani Israilpen) mengikuti apa nan dibaca oleh setan-setan (kitab sihirpen) pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya setan-setanlah nan kafir (mengerjakan sihir)."

Ibnu Katsir menafsirkan ayat ini dengan mengatakan bahwa setan-setan itu menyebarkan berita-berita bohong bahwa Nabi Sulaiman menyimpan lembaran-lembaran sihir. Padahal, lembaran pengetahuan sihir itu milik nenek moyang mereka nan ber kerjasama dengan jin.

Saat Nabi Sulaiman tetap hidup, baginda dikisahkan marah setelah menemukan banyak catatan sihir dari para dukun. Mereka mendapatkan info rahasia dari hantu nan sukses mencuri buletin langit. 

Zaman dahulu, sebelum diutusnya Rasulullah SAW, hantu jahat doyan bertandang ke langit untuk mencuri dengar buletin tentang masa depan. Mereka mendengarnya dari para malaikat nan ditugaskan Allah SWT.

Setelah sukses mencuri informasi, mereka turun ke bumi dan mendatangi para dukun dan tukang sihir. Kepada mereka, para hantu itu memberikan hasil curi dengar buletin langit. 

Semua catatan itu lantas diterima para peramal untuk kemudian dituliskannya. Tersebarlah kitab-kitab sihir di kalangan Bani Israil.

sumber : Harian Republika

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam