Nabi Muhammad Saw Sampaikan Wasiat Ini Berulang-ulang Jelang Wafat

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Umat Islam sholat di bawah Masjid Kubah Batu di kompleks Masjid Al-Aqsa untuk salat Jumat kedua di bulan suci Ramadhan di Kota Tua Yerusalem, Jumat, (22/3/2024).

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Ada kebaikan ibadah nan diwasiatkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk senantiasa dijaga oleh umat Muslim. Bahkan menjelang wafatnya, Nabi Muhammad SAW mengingatkan agar kebaikan ibadah ini kudu terus dijaga.

Dalam wasiat terakhirnya, Nabi Muhammad SAW menyampaikan kepada umatnya sampai berkali-kali untuk menjaga ibadah sholat. Hal ini sebagaimana hadits Ummu Salamah RA berikut.

عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ كَانَ مِنْ آخِرِ وَصِيَّةِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصَّلَاةَ الصَّلَاةَ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ حَتَّى جَعَلَ نَبِيُّ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُلَجْلِجُهَا فِي صَدْرِهِ وَمَا يَفِيصُ بِهَا لِسَانُهُ

Diriwayatkan dari Ummu Salamah RA, dia berkata: "Wasiat terakhir Rasulullah SAW adalah 'Jagalah sholat, jagalah sholat, dan apa nan ada di tangan kananmu (budak alias kekayaan benda).' Nabi SAW sampai mengulang-ulangnya di dalam dada, tetapi lisan beliau tidak bisa menyampaikannya secara jelas." (HR Ahmad)

BACA JUGA: Penyembelihan Sapi Merah, KNRP Minta Muslim Bersatu Jaga Masjid Al Aqsa dan Palestina

Sholat adalah salah satu rukun Islam dan masuk urutan kedua setelah kalimat syahadat. Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

بُني الإسلامُ على خمس: شهادة أن لا إله إلا الله وأن محمدًا رسول الله، وإقام الصلاة، وإيتاء الزكاة، والحج، وصوم رمضان

"Islam dibangun di atas lima dasar: (1) persaksian (syahadat) bahwa tidak ada sesembahan nan berkuasa disembah selain Allah subhanahu wa ta’ala dan Muhammad adalah utusan Allah, (2) menegakkan sholat, (3) menunaikan zakat, (4) haji (ke Baitullah) dan (5) puasa di bulan Ramadhan." (HR Bukhari dan Muslim)

Di Hari Kiamat kelak, sholat adalah...

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam