Nilai Persatuan Dalam Ibadah Haji

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

KINCAIMEDIA, TAIF – Dalam memenuhi rukun Islam yang ke-5, seluruh umat muslim diperintahkan untuk melaksanakan ibadah haji bila mampu. Ibadah tersebut kudu mengorbankan tenaga dan harta, lantaran ibadah tersebut tidak dapat dilaksanakan oleh semua orang. Ibadah haji juga mempunyai hikmah nan terkandung di dalamnya.

Hikmah diperintahkannya ibadah haji tidak ada perbedaan nan signifikan dengan ibadah lain pada umumnya seperti shalat berjamaah, shalat Jumat, dan shalat Id nan mengedepankan persatuan umat muslim. Islam mengatur sebuah ibadah nan dapat menghilangkan Batasan antara orang kaya, miskin, kulit hitam, putih, dan nan lainnya. Karena semua orang nan ada di alam semesta sama di mata Allah SWT. 

Menurut kitab karya Syekh Ali Ahmad Al Jarjawi nan berjudul Hikmatu Tasyri wa Falsafatuh menjelaskan bahwa Allah SWT memerintahkan ibadah haji agar umat Islam di seluruh bumi dapat berasosiasi dan berkumpul di satu tempat nan sama tanpa memandang perbedaan suku, budaya, negeri, madzhab, dan lainnya. 

Seperti nan dijelaskan pada surat Al Hajj ayat 27, Allah SWT berfirman,

وَاَذِّنْ فِى النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوْكَ رِجَالًا وَّعَلٰى كُلِّ ضَامِرٍ يَّأْتِيْنَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيْقٍ ۙ

Arab latin : Wa ażżin fin-nāsi bil-ḥajji ya'tūka rijālaw wa ‘alā kulli ḍāmiriy ya'tīna min kulli fajjin ‘amīq(in).

Artinya : “(Wahai Ibrahim, serulah manusia untuk (mengerjakan) haji, niscaya mereka bakal datang kepadamu dengan melangkah kaki dan mengendarai unta kurus nan datang dari segenap penjuru nan jauh.”

Ketika seluruh umat Islam nan ada di seluruh negara berkumpul di Makkah, maka bakal tercipta hubungan dan timbul kasih sayang antara perseorangan satu dengan nan lainnya. Orang – orang bakal saling mengenal tanpa memandang ras, suku, dan budaya melainkan memandang semua orang nan berkumpul adalah sesama umat muslim nan merupakan kerabat seiman.

Umat muslim di seluruh bumi mempunyai tujuan nan sama, ialah mengharapkan ridha dan memohon maaf kepada Allah SWT. Mereka juga dapat saling memberikan kisah – kisah inspiratif dari negara mereka masing – masing dan mencari tahu sejarah peradaban Islam dari negara lainnya. 

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam