Panduan Kampanye Performance Max Google Ads

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Performance Max merupakan salah satu jenis Google Ads nan diklaim bisa menghasilkan hasil nan sangat baik jika dibandingkan jenis Google ads nan lain. Apakah betul demikian? Meson Digital bakal mengulas dengan rinci serta dampaknya untuk upaya Anda. 

Apa itu Performance Max? 

Google Performance Max adalah jenis kampanye iklan di Google Ads nan dapat membikin satu kampanye iklan nan dapat menampilkan iklan Anda di semua platform Google seperti YouTube, Search, Display, Gmail, dan Maps. 

Anda cukup menyeting tujuan di awal. Lalu kemudian semua melangkah otomatis sesuai dengan sistem machine learning nan dikembangkan oleh Google. 

Cara Kerja Performance Max

Jika Anda menggunakan Google Performance Max, Anda hanya perlu input goals, budgeting, dan beberapa image dan text nan relevan dengan iklan. Nantinya iklan dilakukan berasas tujuan alias user goals. Misalkan, Anda dapat memilih tujuan untuk meningkatkan ROAS alias CPA. 

Selanjutnya, sistem machine learning bakal menentukan tempat dan langkah terbaik untuk menampilkan iklan Anda kepada audiences nan tepat. Teknologi machine learning ini secara kontinu terus belajar untuk mendapatkan hasil terbaik. 

Hasil campaign nan sudah melangkah dapat Anda lihat seberapa baik kinerjanya melalui laporan di akun Google Ads. Laporan turut menjelaskan placement iklan Anda ditampilkan dan berapa banyak cost iklan Anda.

Manfaat Menggunakan Performance Max

Sekilas memang menggunakan Performance Max sangatlah mudah. Namun begitu, ada beberapa faedah lain nan dapat Anda rasakan: 

1. Otomatisasi dengan Bantuan Google AI 

Campaign nan mengandalkan Performance Max dirancang agar mudah di-launch. Saat kampanye Anda sedang berjalan, kampanye tersebut bakal dioptimalkan oleh Google AI untuk mendorong performa terbaik.

2. Meningkatkan Konversi

Seperti nan disebutkan, peranan kepintaran buatan dari Google dapat mengoptimalisasi budget dari beragam platform untuk mendapatkan konversi terbaik secara real time.

3. Mudah Menemukan Konsumen Baru

Lewat Performance Max, Anda juga dapat memelajari user intent serta  behavior mereka nan relevan dengan iklan. Sehingga info bisa digunakan demi kepentingan campaign berikutnya. 

4. Insight Lebih Mendalam

Kampanye Performance Max sekarang menjadi bagian dari laman “Insights” untuk membantu Anda memahami langkah kerja AI saat ini dan gimana Anda dapat meningkatkan kampanye Anda. 

Dengan menggunakan laporan “Combinations”, Anda dapat mempelajari gimana aset-aset terbaik Anda digabungkan untuk membikin iklan kreatif. 

Kapan Perlu Menggunakan Performance Max? 

Tidak ada patokan resmi kapan Anda perlu menggunakan Performance Max. Akan tetapi, ada baiknya Anda dapat mempertimbangkan menggunakan jenis Google ads nan satu ini jika: 

  1. Memiliki tujuan periklanan alias konversi nan sudah jelas.
  2. Hendak memaksimalkan performa campaign, tetapi tidak terbatas hanya dalam satu channel saja
  3. Ingin mengakses kanal beriklan Google lewat satu campaign 
  4. Butuh meningkatkan reach dan konversi di luar penelusuran berbasis keyword search 

Cara Menerapkan Performance Max 

Untuk implementasi Performance Max, Anda dapat melakukan beberapa tahap berikut: 

1. Tambahkan Aset  

Tambahkan aset iklan untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan interaksi. Aset ini bisa berupa lokasi, tautan tambahan, harga, dan lainnya, nan memberikan info lebih kepada pengguna dan mengundang mereka untuk berinteraksi lebih jauh dengan upaya Anda.

2. Penyuntingan Campaign 

Di bagian “Pengaturan Lebih lanjut”, Anda dapat menyesuaikan beragam pengaturan kampanye untuk menyesuaikan kampanye dengan kebutuhan dan tujuan upaya Anda.

Gunakan penjadwalan iklan untuk menentukan hari dan jam kapan iklan Anda bakal ditampilkan. Anda pun bisa membikin iklan hanya ditampilkan selama jam kerja alias saat Anda available untuk menangani pertanyaan pelanggan.

3. Pilih Audience 

Di bagian “Audience Signal”, sistem bakal menampilkan jenis audiens seperti apa nan paling berpotensi untuk melakukan konversi. Informasi nan ditampilkan mencakup info pemasaran ulang, daftar pelanggan, alias segmen unik nan bakal membantu iklan untuk menemukan audiens baru dengan niat serupa.

4. Pilih Bidding Strategy 

Tentukan strategi penawaran berasas tujuan keahlian Anda. Gunakan strategi “Maximize Conversion Values” jika Anda melacak nilai konversi.  Apabila Anda tidak mau melakukan tracking dan hanya mau mendapatkan hasil konversi, sebaiknya gunakan  “Maximize Conversions”. 

5. Pilih Budgeting 

Tetapkan anggaran harian rata-rata untuk kampanye Anda. Google Ads bakal menampilkan iklan Anda sampai anggaran harian tercapai. Nantinya Anda bayar saat audiens berinteraksi dengan iklan Anda. Pastikan anggaran mencukupi untuk hasil nan optimal, dan tinjau rekomendasi nan Google berikan untuk meningkatkan keahlian kampanye.

Kesimpulan 

Performance Max adalah jenis kampanye iklan di Google Ads nan memanfaatkan otomatisasi dan teknologi AI untuk menampilkan iklan di semua platform Google, seperti YouTube, Search, Display, Gmail, dan Maps. Tak hanya itu, iklan ini juga menggunakan machine learning untuk menempatkan iklan Anda di tempat dan waktu nan tepat demi mencapai hasil terbaik.  

Meson Digital Agency dapat membantu Anda untuk menerapkan kampanye Performance Max maupun jenis Google Ads lainnya lewat jasa Google Ads. Sebagai agency resmi Google Partner, kami dapat memberikan hasil terbaik untuk pengguna dan meningkatkan penjualan mereka. Hubungi Meson Digital untuk berkonsultasi lebih lanjut! 

Selengkapnya
Sumber Digital Marketing Agency
Digital Marketing Agency