Panduan Mudik Lebaran Tahun 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Panduan Mudik Lebaran Tahun 2024

Panduan Mudik Lebaran Tahun 2024. Mudik adalah tradisi tahunan nan dilakukan jelang hari besar keagamaan, salah satunya Idul Fitri. Mudik merupakan julukan untuk aktivitas pulang ke kampung halaman nan biasanya dilakukan oleh orang nan merantau. Kata mudik berasal dari Bahasa Jawa nan merupakan singkatan dari Mulih Dilik, nan artinya pulang sebentar. Sumber lain juga menyebut kata Mudik berasal dari Bahasa Betawi yakni menuju udik (menuju kampung).

Sejarah mudik dimulai jauh sebelum era Kerajaan Majapahit. Mudik lebih dulu menjadi tradisi para petani Jawa untuk kembali ke kampung tinggalnya. Para perantau kembali ke kampung laman untuk membersihkan makam leluhur. Momen mudik juga digunakan untuk bermohon memohon rezeki dan keselamatan. Hingga kini, tradisi mudik di Indonesia dilakukan kebanyakan masyarakat Indonesia menjelang hari raya keagamaan ataupun hari libur panjang, seperti Idul Fitri, Idul Adha, hingga Natal dan Tahun Baru.

Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mudik Lebaran 2024

Agar penjalanan mudik tetap kondusif dan nyaman, Anda perlu memperhatikan enam hal berikut ini:

1. Makanan

Sebelum melakukan perjalanan mudik Anda kudu memperhatikan asupan makanan untuk menjaga kesehatan dan stamina. Bagi nan mempunyai riwayat tertentu sebaiknya konsultasikan dengan master sebelum Anda melakukan perjalanan jauh ke kampung halaman.

Perjalanan jauh umumnya bakal menguras daya baik bagi pengendara maupun penumpang. Oleh karena itu, menjaga asupan makanan dan gizi sangat diperlukan untuk menjaga stamina, terlebih bagi pengendara.

Hindari meminum kafein dalam jumlah banyak sebelum mudik. Kadar glukosa pada tubuh juga patut diperhatikan, lantaran kadar glukosa nan cukup tinggi dalam tubuh bakal membuat Anda sigap letih. Disarankan Anda membikin sendiri racikan minuman berenergi seperti air dengan perasan lemon lantaran lemon berkasiat membantu menyerap bahan kimia pada tubuh.

Tubuh membutuhkan asupan karbohidrat nan teratur. Maka dari itu usahakan Anda makan camilan setiap 2 jam sekali untuk menjaga tingkat konsentrasi tubuh.

Selain itu, mengingat arus mudik bertepatan dengan ibadah bulan puasa, diharapkan agar pemudik untuk menyiapkan dan membawa perbekalan sejak dari rumah alias sebelum berangkat. Persiapkan makanan dan minuman di dalam mobil untuk buka puasa. Sebab tidak menutup kemungkinan rest area penuh.

2. Istirahat

Sebelum memulai perjalanan mudik sangat disarankan untuk beristirahat dan tidur cukup untuk menjaga kebugaran selama dalam pejalanan.

Aktivitas ini seringkali diabaikan oleh pemudik. Jangan berkendara lebih dari 4 jam dalam satu hari alias lebih dari 150 km. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga tingkat konsentrasi ketika mengemudikan kendaraan.

Jangan memaksa berkendara melampaui keahlian daya tahan Anda. Istirahatlah sejenak untuk menghilangkan capek dan jenuh, dan usahakan keluar dari kendaraan untuk mendapatkan suasana baru. Jika terlalu lelah, ada baiknya untuk memejamkan mata atau tidur sejenak untuk memulihkan tenaga.

3. Cek Kendaraan

Faktor nan satu ini juga tidak kalah penting. Lakukan pemeriksaan kendaraan terlebih dulu sebelum memulai perjalanan mudik. Cek tekanan angin ban kendaraan dan sesuaikan dengan standard nan direkomendasikan oleh pabrikan mobil.

Perhatikan juga ketebalan ban, jika terlihat sudah tipis maka lakukan penggantian. Lakukan pengecekan radiator, tambahkan air coolant jika volumenya terlihat kurang.

Oli mesin dan minyak rem juga wajib diperhatikan. Pastikan kondisi keduanya tetap prima. Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan pengecekan sendiri, maka serahkan pada ahlinya.

4. Teknik mengemudi

Mengendarai kendaraan bermotor merupakan pekerjaan utama (main job), sehingga ketika berkendara pastikan Anda tidak melakukan aktivitas lain. Fokus terhadap kondisi sekitar Anda dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, bakal berhadapan dengan kendaraan nan ukurannya jauh lebih besar seperti truk dan bus. Kondisi ini tentunya bakal membatasi jarak pandang, oleh lantaran itu jaga jarak ideal kendaraan dengan objek di depannya.

Patuhi semua rambu-rambu lampau lintas agar terhindar dari kejadian nan tidak diinginkan. Kenali tanda-tanda alias isyarat dalam berkendara. Berkendara dengan bijak dan bersifat melindungi niscaya bakal membikin perjalanan Anda kondusif dan nyaman.

5. Muatan

Pastikan beban barang-barang bawaan Anda tidak melampaui pemisah alias kapabilitas angkut kendaraan. Beban berlebih bakal mengurangi handling kendaraan, dan jangan memaksakan diri membawa terlalu banyak peralatan bawaan. Jika ada peralatan nan memang kudu dibawa ke kampung halaman, sementara kendaraan sudah penuh, manfaatkan jasa pengiriman barang.

6. Posisi

Sebelum memulai perjalanan, pastikan posisi duduk alias sandaran jok cukup tegak alias nyaman bagi Anda. Parameternya adalah seluruh bagian punggung kudu bergesekan dengan jok.

Hal itu krusial untuk mencegah pengendara tidak mudah lelah. Atur posisi spion samping maupun dalam kendaraan sebelum memulai perjalanan. Ingat, mengemudi adalah pekerjaan utama! Singkirkan aksesori nan terlihat menarik namun sebenarnya mengundang bahaya.

Singkirkan aksesori seperti tuas forklift di setir, bantal sandaran kepala, alas seatbelt dan mainan di atas dasboard. Beberapa aksesori tersebut terbukti dapat meningkatkan potensi cedera ketika Anda mengalami kecelakaan.

7. Ada tiga aspek nan perlu dipethatikan sebelum mudik, ialah Aman, Nyaman dan Efisien. 'Aspek AMAN adalah kondisi pengemudi, ban, kendaraan kudu dalam keadaan sehat dan baik, serta meletakkan barang-barang jangan di atas atap mobil. Aspek berikutnya, NYAMAN, di sini seorang navigator sangat berperan membuat pengemudi nyaman. Bantulah pengemudi, misalkan mengambil dan membukakan tutup botol minuman, mengajurkan untuk beristirahat jika pengemudi sudah lelah atau mengantuk alias setiap 2-3 jam sekali, dan lain-lain. Faktor berikutnya adalah Efisien. Kita kudu pandai kapan berangkat dan carilah jalan-jalan alternatif. Kumpulkan banyak info sebelum kita berangkat mengenai rute yang bakal ditempuh. Jika rute nan bakal dilewati macet alias padat sekali, lebih baik kita cari jalur alternatif.

Peralatan Elektronik Yang Wajib Dibawa Saat Mudik Lbaran 2024

1. Praktis tanpa duit tunai

Saat ini pemerintah dan Bank Indonesia sedang gencar menggalakkan transaksi non-tunai atau cashless. Berbagai akomodasi disiapkan untuk mendukung kampanye tersebut.

Mulai dari voucher, kartu pembayaran tunai hingga duit elektronik sekarang sudah tersedia. Semua perangkat tersebut memudahkan Anda saat bertransaksi, lantaran tidak lagi mencari uang pas dan pastinya lebih praktis. Beberapa operator telah bekerja sama dengan beragam toko untuk memudahkan Anda melakukan pembayaran dengan uang elektronik.

2. Powerbank

Tidak lengkap perjalanan jauh tanpa membawa smartphone. Namun, salah satu kendalanya adalah semakin banyak aktivitas dilakukan dengan smartphone untuk mengusir kebosanan, maka semakin terkuras baterai nan ada.

Karenanya, powerbank menjadi salah satu peralatan elektronik nan wajib dibawa saat berjalan terutama bepergian jauh seperti mudik. Setidaknya, pastikan powerbank dengan daya minimal 10000 mAh alias pilihlah powerbank dengan teknologi solar charger, yang dapat diisi dayanya hanya dengan menggunakan support panas matahari.

3. Hiburan dalam genggaman

Tidak banyak yang dapat dilakukan di dalam kendaraan selama perjalanan mudik. Karena itu, membawa headset dan memutar musik kesukaan dapat menjadi alternatif. Untuk itu, sebelum melakukan perjalanan, hendaknya unduh lagu-lagu nan favorit untuk menghapus kejenuhan.

Selain itu, buat gamers, jangan lupa membawa Nintendo portable alias mengunduh beragam game favorit pada smartphone alias tablet, nan tidak memerlukan jaringan saat memainkannya. Sehingga Anda bisa tetap bisa terhibur meski berada di area yang sulit terjangkau dengan jaringan.

4. Aplikasi peta (Google Map, Waze, dll)

Aplikasi ini sangat penting untuk membantu Anda mencari jalan, terutama jika di tengah jalan mengalami pengalihan arus dan berada di letak nan minim petunjuk jalan. Kini ada beragam aplikasi peta tersedia, pilihlah sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda.

Jadwal Rekayasa Lalu Lintas Pada Mudik Tahun 2024

Salah satu Panduan Mudik Lebaran Tahun 2024 yang harus diketahui pemudik adalah mengenai dengan Rekayasa Lalu Lintas. Rekayasa lalu lintas bakal dilakukan Ditjen Perhubungan Darat dan Korlantas Polri sesuai kondisi lapangan, antara lain:

Jalan Tol

• Contra Flow & One Way

• Manajemen Rest Area

• Ganjil Genap

• Pembatasan Pengoperasian Mobil Barang Pada Hari Dan Jam Tertentu

Jalan Non Tol

• Contra Flow

• One Way di Kawasan Khusus

Yang dimaksud Sistem Ganjil Genap adalah a) Setiap pengendara Mobil Penumpang, Mobil Bus, dan Angkutan Barang dengan tanda nomor kendaraan bermotor bernomor ganjil dilarang melntasi pada tanggal genap; b) Setiap pengendara Mobil Penumpang, Mobil Bus, dan Angkutan Barang dengan tanda nomor kendaraan bermotor bernomor genap dilarang untuk melintasi pada tanggal ganjil..

Rencana Rekayasa Lalu Lintas pada mudik tahun 2024

a) Jumat, 5 April 2024 pukul 14.00 waktu setempat sampai dengan hari Minggu, 7 April 2024 pukul 24.00 waktu setempat mulai dari KM 72 ruas Jalan Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) sampai dengan KM 414 ruas Jalan Tol Semarang - Batang;

b) Senin dan Selasa , 8 dan 9 April 2024 masing-masing pukul 08.00 waktu setempat sampai dengan pukul 24.00 waktu setempat mulai dari KM 72 ruas Jalan Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) sampai dengan KM 414 ruas Jalan Tol Semarang – Batang

c) Penutupan jalan masuk, pembersihan jalur dan rest area mulai dari KM 414 B ruas Jalan Tol Semarang - Batang sampai dengan KM 72 B ruas Jalan Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) dengan ketentuan:

1) Jumat, 5 April 2024 pukul 12.00 waktu setempat sampai dengan pukul 14.00 waktu setempat;

2) Senin dan Selasa, 8 dan 9 April 2024 masing-masing pukul 06.00 waktu setempat sampai dengan pukul 08.00 waktu setempat;

d) Normalisasi kondisi lampau lintas dan pembukaan jalan masuk mulai dari KM 414 B ruas Jalan Tol Semarang - Batang sampai dengan KM 72 B ruas Jalan Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) pada hari Senin - Rabu, 8 - 10 April 2024 masing-masing pukul 00.00 waktu setempat sampai dengan pukul 02.00 waktu setempat.

Jadwal Sistem Satu Arah alias One Way Arus Balik Tahun 2024 adalah sebagai berikut

a) Jumat, 12 April 2024 pukul 14.00 waktu setempat sampai dengan pukul 24.00 waktu setempat mulai dari KM 414 ruas Jalan Tol Semarang - Batang sampai dengan KM 72 ruas Jalan Tol Cikopo - Palimanan (Cipali);

b) Sabtu, 13 April 2024 pukul 08.00 waktu setempat sampai dengan pukul 24.00 waktu setempat mulai dari KM 414 ruas Jalan Tol Semarang - Batang sampai dengan KM 72 ruas Jalan Tol Cikopo - Palimanan (Cipali);

c) Minggu, 14 April 2024 pukul 14.00 waktu setempat sampai dengan hari Selasa, 16 April 2024 pukul 08.00 waktu setempat mulai dari KM 414 ruas Jalan Tol Semarang - Batang sampai dengan KM 72 ruas Jalan Tol Cikopo - Palimanan (Cipali).

d) Penutupan jalan masuk, pembersihan jalur dan rest area mulai dari KM 72 A ruas Jalan Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) sampai dengan KM 414 A ruas Jalan Tol Semarang - Batang dengan ketentuan:

1) Jumat, 12 April 2024 pukul 12.00 waktu setempat sampai dengan pukul 14.00 waktu setempat

2)  Sabtu, 13 April 2024 pukul 06.00 waktu setempat sampai dengan pukul 08.00 waktu setempat

3)  Minggu, 14 April 2024 pukul 12.00 waktu setempat sampai dengan pukul 14.00 waktu setempat

e) Normalisasi kondisi lampau lintas dan pembukaan jalan masuk mulai dari KM 72 Aruas Jalan Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) sampai dengan KM 414 Aruas Jalan Tol Semarang - Batang:

1) Sabtu dan Minggu, 13 dan 14 April 2024 masing-masing pukul 00.00 waktu setempat sampai dengan pukul 02.00 waktu setempat

2) Selasa, 16 April 2024 pukul 08.00 waktu setempat sampai dengan pukul 10.00 waktu setempat

Ini Jadwal Sistem Ganjil-Genap pada masa Mudik Lebaran 2024

a) Jadwal Sistem Ganjil-Genap Arus Mudik

1) Jumat, 5 April 2024 pukul 14.00 waktu setempat sampai dengan hari Minggu, 7 April 2024 pukul 24.00 waktu setempat mulai dari KM 0 Jalan Tol Ruas Dalam Kota Jakarta sampai dengan KM 414 ruas Jalan Tol Semarang - Batang;

2) Senin dan Selasa, 8 dan 9 April 2024 masing-masing pukul 08.00 waktu setempat sampai dengan pukul 24.00 waktu setempat mulai dari KM 0 Jalan Tol Ruas Dalam Kota Jakarta sampai dengan KM 414 ruas Jalan Tol Semarang - Batang.

b) Jadwal Sistem Ganjil-Genap Arus Balik

1) Jumat, 12 April 2024 pukul 14.00 waktu setempat sampai dengan pukul 24.00 waktu setempat mulai dari KM 414 ruas Jalan Tol Semarang - Batang sampai dengan KM 0 Jalan Tol Ruas Dalam Kota Jakarta;

2) Sabtu, 13 April 2024 pukul 08.00 waktu setempat sampai dengan pukul 24.00 waktu setempat KM 414 ruas Jalan Tol Semarang - Batang sampai dengan KM 0 Jalan Tol Ruas Dalam Kota Jakarta; dan

3) Minggu, 14 April 2024 pukul 14.00 waktu setempat sampai dengan hari Selasa tanggal 16 April 2024 pukul 08.00 waktu setempat KM 414 ruas Jalan Tol Semarang - Batang sampai dengan KM 0 Jalan Tol Ruas Dalam Kota Jakarta.

Tips Mudik Bagi pengguna Kendaraan Roda Dua

1. Fisik kudu dipersiapkan dengan matang

Jangan minta bisa selamat sampai ke kampung laman jika bentuk Anda tidak fit. Perjalanan jauh akan menguras tenaga dan juga pikiran. Tak hanya membahayakan pengemudinya, namun ‘boncengers’ juga bakal merima dampaknya. Ukur juga keahlian Anda apakah tetap bisa menjalankan ibadah puasa alias tidak.

Beberapa persiapan fisik itu di antaranya rehat nan cukup sebelum mudik dan berolahraga. Penting bagi Anda untuk rehat seharian satu hari sebelum berangkat. Banyak makan nan sehat terutama karbohidrat dan buah-buahan.

Hindari makanan protein dan lemak tinggi lantaran usus Anda bakal bekerja keras mencerna dan juga bisa mudah mengantuk saat mengendarai motor.

Selain itu, Anda juga disarankan banyak minum air putih lantaran dalam perjalanan bakal mudah diserang dehidrasi, terutama saat cuaca panas.

2. Mudik Motor Lebih Asik konvoi

Lebih dianjurkan jika pemudik menggunakan motor berkonvoi lantaran selama perjalanan bisa saling bekerja sama saat menemui kesulitan, misalnya komponen motor ada nan rusak. Selain itu, berkonvoi bisa saling mengingatkan jika ada perihal nan membahayakan.

3. Tertib Membawa Barang Bawaan

Pikir-pikir dua kali bila sampai kelebihan beban membawa peralatan di motor. Itu sangat beresiko mengantarkan Anda kepada kecelakaan. Apalagi roda dua menuntut pengendara harus konsentrasi penuh selama di jalan. Lihat juga tanda pada ban motor, maksimum beban nan bisa dingkut.

Jika Anda membawa motor bebek alias matic, barang-barang bisa ditempatkan di depan, namun perhatikan juga jangan sampai setang tak bisa berbelok lantaran peralatan bawaan terlalu menumpuk dan melebar.

4. Boncenger duduk dengan baik

Untuk bonceger tidak disarankan duduk menyamping seperti dilakukan perempuan. Itu sangat beresiko bagi pemudik nan melakukan perjalanan jauh. Posisi itu bakal mengganggu manuver dan motor tidak seimbang.

Posisi boncenger yang baik nempel dan memeluk pengemudi, tidak ada sela di antara pengendara sehingga nyaman untuk bermanuver.

5. Istirahat setiap dua jam perjalanan

Ini krusial agar pengendara bisa memulihkan vitalitas tubuh maupun konsentrasi. Perjalanan jauh menggunakan motor menuntut pengendara kudu lebih banyak rehat dibanding pengendara mobil.

Sepanjang perjalanan, kita bisa menemui mini market, pom bensin, musala alias masjid nan bisa dijadikan tempat rehat selama 15-20 menit.

6. Pakai helm Standar SNI

Jika helm sudah ada tanda SNI bisa lebih meyakinkan untuk diajak perjalanan jauh dengan melewati banyak rintangan. Pastikan helm nan Anda pakai tidak terlalu lenggang atau terlalu sempit lantaran bakal mengurangi keselamatan dan juga konsentrasi.

Selain itu, Pastikan kaca helm tetap berfaedah dengan baik, tidak banyak goresan nan bisa menghalangi penglihatan Anda. Selain itu, perhatikan juga kegunaan kaca yang menghalangi hembusan angin kencang ke wajah. Jika sudah sangat terasa, lebih baik Anda tidak menggunakan helm tersebut, alias tukar kaca helm dengan nan baru.

7. Selalu nyalakan lampu

Nyala lampu di malam hari mapun siang hari bisa membantu mata pengendara lain lebih hati-hati terhadap keberadaan motor kita.

8. Lebih baik matikan ponsel selama berkendara

Bunyi ponsel biasanya menggoda kita untuk menerima penelepon meskipun sedang berkendara. Masih bisa kita jumpai para motoris memainkan ponsel sementara tangan satunya memegang stang motor agar bisa terus melaju.

Berikut ini Panduan Lengkap Mudik Lebaran 2024

icon

Pantau Lalu Lintas

Mudik Gratis

Pesan Tiket

icon

icon

Informasi Lainnya

icon

icon

Demikian informasi tentang Panduan Mudik Lebaran Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya.


Selengkapnya
Sumber Jelajah Informasi
Jelajah Informasi