Pekerjaan Sederhana, Tapi Diganjar Limpahan Pahala

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Ilustrasi memelihara hewan.

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Untuk meraih pahala berlimpah tak selalu kudu mengeluarkan kekayaan alias bersusah payah tirakat. Ada pekerjaan sederhana nan jika dikerjakan, bakal berbobot pahala.

Berikut perilaku baik nan bisa dilakukan untuk menambah kebaikan.

Pertama, menyayangi hewan

Islam memandang hewan sebagai makhluk Allah nan layak untuk diperlakukan dengan kasih sayang, belas kasihan, dan penuh perhatian. Salah satu corak kasih sayang terhadap hewan adalah dengan memberi makanan dan minuman, tidak melakukan kekerasan, menyediakan tempat nan layak, dan lain sebagainya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melewati seekor unta nan punggungnya menempel dengan perutnya (artinya: terlihat begitu kurus lantaran tidak terurus). Beliau bersabda:

اتَّقُوا اللَّهَ فِى هَذِهِ الْبَهَائِمِ الْمُعْجَمَةِ فَارْكَبُوهَا صَالِحَةً وَكُلُوهَا صَالِحَةً

Bertakwalah kalian kepada Allah pada binatang-binatang ternak nan tak bisa berbincang ini. Tunggangilah dia dengan baik-baik, makanlah pula dengan langkah nan baik. (HR. Abu Daud).

Kedua, membantu orang kurang mampu

Islam tidak hanya memandang support kepada sesama sebagai tindakan mulia, tetapi juga sebagai tanggungjawab moral nan kudu dipenuhi oleh setiap Muslim, terutama membantu orang nan kurang mampu.

Dalam Alquran maupun sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam terdapat banyak perintah dan contoh nan menggarisbawahi pentingnya kepedulian dan keterbagian dalam membantu orang-orang nan membutuhkan. Salah satunya dalam Surat Al-Baqarah ayat 273 Allah ta’ala berfirman:

لِلْفُقَرَاءِ الَّذِينَ أُحْصِرُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ لَا يَسْتَطِيعُونَ ضَرْبًا فِي الْأَرْضِ يَحْسَبُهُمُ الْجَاهِلُ أَغْنِيَاءَ مِنَ التَّعَفُّفِ تَعْرِفُهُمْ بِسِيمَاهُمْ لَا يَسْأَلُونَ النَّاسَ إِلْحَافًا ۗ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

(Berinfaklah) kepada orang-orang fakir nan terikat (oleh jihad) di jalan Allah; mereka tidak dapat (berusaha) di bumi; orang nan tidak tahu menyangka mereka orang kaya lantaran memelihara diri dari meminta-minta. Kamu kenal mereka dengan memandang sifat-sifatnya, mereka tidak meminta kepada orang secara mendesak. Dan apa saja kekayaan nan baik nan Anda nafkahkan (di jalan Allah), maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui. (QS. Al-Baqarah: 273)

KETIGA...Lihat laman berikutnya >>>

sumber : Republika

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam