Pentingnya Memohon Ampunan Dengan Mengucapkan Astaghfirullah

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Istighfar merupakan tindakan memohon pembebasan kepada Allah SWT. Biasanya umat Muslim mengucapkan istighfar ketika sedang sakit, sedang dalam kesulitan, berdzikir, alias diucapkan secara spontan ketika melakukan kesalahan. 

Tapi ternyata, mengucapkan istighfar itu ada manfaatnya, di antaranya: 

Pertama, istighfar bisa meningkatkan kekayaan

Ini sesuai dengan Alquran Surat Nuh ayat 10-12:

فَقُلْتُ ٱسْتَغْفِرُوا۟ رَبَّكُمْ إِنَّهُۥ كَانَ غَفَّارًا,  يُرْسِلِ ٱلسَّمَآءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا, وَيُمْدِدْكُم بِأَمْوَٰلٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّٰتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَٰرًا

Terjemah:

Maka saya katakan kepada mereka: 'Mohonlah maaf kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia bakal mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. Dan membanyakkan kekayaan dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai. (QS. Nuh: 10-12). 

Kedua, memberikan kelegaan dari setiap kegelisahan

Sebagaimana diriwayatkan dalam sabda riwayat Daud, yaitu:

Barangsiapa membiasakan diri untuk beristighfar, Allah bakal memberikan jalan keluar baginya dari setiap kesulitan, bakal memberikan kebahagiaan dari setiap kesusahan, dan bakal memberi rezeki dari arah nan tidak disangka-sangka.” (HR Abu Daud dan Ibnu Majah).

Ketiga, memberikan perlindungan dari siksa Allah

Sesuai ayat Alquran nan berbunyi:

وَمَا كَانَ ٱللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنتَ فِيهِمْ ۚ وَمَا كَانَ ٱللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Allah sekali-kali tidak bakal mengazab mereka, sedang Anda berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah bakal mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun. (QS. Al-Anfal: 33). 

Keempat, membikin seseorang dipermudah masuk surga

وَالَّذِيۡنَ اِذَا فَعَلُوۡا فَاحِشَةً اَوۡ ظَلَمُوۡۤا اَنۡفُسَهُمۡ ذَكَرُوا اللّٰهَ فَاسۡتَغۡفَرُوۡا لِذُنُوۡبِهِمۡ وَمَنۡ يَّغۡفِرُ الذُّنُوۡبَ اِلَّا اللّٰهُ  وَلَمۡ يُصِرُّوۡا عَلٰى مَا فَعَلُوۡا وَهُمۡ يَعۡلَمُوۡنَ‏, اُولٰٓٮِٕكَ جَزَآؤُهُمۡ مَّغۡفِرَةٌ مِّنۡ رَّبِّهِمۡ وَ جَنّٰتٌ تَجۡرِىۡ مِنۡ تَحۡتِهَا الۡاَنۡهٰرُ خٰلِدِيۡنَ فِيۡهَا​ ؕ وَنِعۡمَ اَجۡرُ الۡعٰمِلِيۡنَؕ‏ .

Orang-orang nan andaikan mengerjakan perbuatan biadab alias menzalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lampau memohon maaf atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) nan dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui. 

Balasan bagi mereka adalah pembebasan dari Tuhan mereka dan surga-surga nan mengalir dibawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Dan (itulah) sebaik-baik pahala bagi orang-orang nan beramal. (QS. Ali Imran: 135-136). 

Dengan demikian, beberapa firman Allah dan sabda Rasulullah menjelaskan tentang keistimewaan mengucapkan beristighfar. Hanya dengan mengucap astaghfirullah, seseorang bisa mendapatkan pahala dari Allah sesuai dengan nan disebutkan pada ayat dan sabda di atas. 

Setiap umat Muslim, pasti tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan. Tapi, selagi dia tetap mengingat Allah dan sigap memohon pembebasan dengan mengucapkan astaghfirullah, maka orang tersebut bakal diampuni oleh Allah SWT. 

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam