Penyesalan Manusia Di Alam Barzakh Dan Doa Untuk Mereka Yang Sudah Wafat

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Kematian bukanlah akhir kehidupan. Setelah wafat, seseorang tetap menjalani fase kehidupan selanjutnya di alam berbeda. Di sana dia bisa menyaksikan kerabat dan beragam jenis makhluk nan tetap hidup di dunia.

Pakar Tafsir Alquran Quraish Shihab dalam chanel Youtubenya menjelaskan orang nan sudah wafat akan memasuki bumi nan baru, disebut alam Barzakh. Firman Allah SWT:

مَرَجَ الْبَحْرَيْنِ يَلْتَقِيٰنِۙ , بَيْنَهُمَا بَرْزَخٌ لَّا يَبْغِيٰنِۚ

Dia membiarkan dua laut (tawar dan asin) bertemu. Di antara keduanya ada pembatas nan tidak dilampaui oleh masing-masing. (Q.S ar-Rahman: 19-20)

Selanjutnya, firman Allah dalam Surat al-Muminun ayat 99-100

حَتّٰٓى اِذَا جَآءَ اَحَدَهُمُ الۡمَوۡتُ قَالَ رَبِّ ارۡجِعُوۡنِۙ‏ ٩٩ لَعَلِّىۡۤ اَعۡمَلُ صَالِحًـا فِيۡمَا تَرَكۡتُ​ؕ كَلَّا​ ؕ اِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَآٮِٕلُهَا​ؕ وَمِنۡ وَّرَآٮِٕهِمۡ بَرۡزَخٌ اِلٰى يَوۡمِ يُبۡعَثُوۡنَ‏ ١٠٠

(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga andaikan datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata, “Ya Tuhanku, kembalikanlah saya (ke dunia). Agar saya dapat melakukan kebaikan nan telah saya tinggalkan. “Sekali-kali tidak! Sungguh itu adalah dalih nan diucapkannya saja. Dan dihadapan mereka ada barzakh sampai pada hari mereka dibangkitkan. 

Maka, dalam firman Allah ini dijelaskan setiap orang nan sudah memasuki alam barzakh, mereka meminta untuk dikembalikan lagi ke dunia. Mereka menyesal atas perbuatan terlarang nan dilakukan semasa hidupnya.

Bahkan, mereka memandang bumi seperti berlian. Sehingga setiap orang bakal merasa menyesal tidak mengambil permata itu. 

Dengan demikian, dianjurkan kepada setiap orang nan tetap hidup untuk mendoakan orang nan sudah meninggal. Karena mendoakan orang nan meninggal adalah langkah untuk menghormati dan mengingat mereka, serta memberikan support bagi family dan teman-teman nan ditinggalkannya. 

Berikut beberapa angan untuk orang nan sudah meninggal, di antaranya:

Pertama, angan ketika mendengar berita orang meninggal

إنَّا ِللهِ وإنَّا إلَيْهِ رَاجِعُوْن وَإِنَّا إليَ رَبِّنِا َلمُنْقَلِبُون الَلهُمَّ اكْتُبْهُ عِنْدَكَ ِفي اُلمحِسنِينِ وِاجْعَلْ ِكتابَهُ ِفي ِعلّيِّين وَاْخلُفْهُ في أَهْلِهِ في الغَابِرين وَلا تحَرِْمْنا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ

Sesungguhnya Anda milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali. Dan sesungguhnya kepada Tuhan kami kembali. Ya Allah, tuliskanlah dia di sisi-Mu termasuk golongan orang-orang nan baik. Jadikanlah catatannya di illiyyin. Gantilah dia di keluarganya dari orang-orang nan meninggalkan. Janganlah Engkau haramkan bagi kami pahalanya dan janganlah Engkau beri tuduhan kepada kami sesudahnya.

Lihat laman berikutnya >>>

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam