Peranan Ai Dalam Pembuatan Konten Media Sosial

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Istilah artificial intelligence (AI) alias kepintaran buatan cukup terkenal belakangan ini dan diklaim bisa mempermudah beragam pekerjaan di ranah digital marketing, salah satunya dalam pembuatan konten untuk media sosial. 

Meski begitu, pemanfaatan AI juga menuai pro dan kontra. Bahkan ada pula dugaan jika AI dapat menggantikan peranan manusia dalam proses pembuatan konten. 

Apakah perihal tersebut betul demikian? Pada kesempatan kali ini, Meson Digital bakal mengulasnya tuntas untuk Anda. 

Sekilas Mengenal AI

Kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI), adalah bagian pengetahuan komputer nan berfokus pada pembuatan mesin alias program nan bisa melakukan tugas-tugas nan biasanya memerlukan pola pikir manusia. Contoh dari keahlian AI nan paling umum adalah memberikan opini alias ide, menginterpretasi bahasa, memecahkan masalah, hingga mengenali pola alias objek.

Kepopuleran AI sendiri mulai mencuat sejak peluncuran ChatGPT dari OpenAI sekitar tahun 2022. Sejak itu pula, semakin banyak nan menggunakan support AI untuk mengembangkan strategi digital marketing. 
Beberapa perusahaan pun akhirnya juga mulai merilis sistem kepintaran buatannya masing-masing, seperti Google Gemini (awal rilis berjulukan Bard) dan Microsoft Copilot. 

Keuntungan Pemanfaatan AI untuk Konten Media Sosial

Popularitas teknologi kepintaran buatan dalam bagian pemasaran digital bukan tanpa alasan. Dengan penggunaan AI, beragam pekerjaan nan dianggap menyantap waktu cukup lama dapat dipangkas menjadi lebih efisien dan praktis. 

Berikut ini adalah beberapa contohnya: 

1. Sumber Ide 

AI dapat membantu Anda untuk menemukan perspektif pandang baru alias langkah inovatif dalam menceritakan suatu cerita. Kemampuan ini dapat memudahkan Anda untuk menciptakan buahpikiran alias konsep nan bakal diolah kembali dalam brainstorming berbareng tim Anda.

2. Memudahkan Proses Riset

Pembuatan konten, baik dalam corak image tetap maupun short video tentu memerlukan riset nan mendalam. 

AI dapat mempersingkat waktu riset Anda secara signifikan dengan memindai konten web dalam hitungan detik. Anda tinggal memutuskan mana hasil nan paling relevan dan sah dengan kebutuhan. 

3. Meningkatkan Kualitas Konten 

Masalah nan sangat umum terjadi dalam pembuatan konten adalah merasa kekurangan buahpikiran dan susah menentukan aspek mana nan perlu dikembangkan. 

Kendala tersebut bisa diselesaikan dengan sigap dengan memasukkan sebagian isi konten Anda ke dalam generator AI, lampau memintanya untuk mengoreksi dan meningkatkan kualitas dari konten nan sudah Anda buat.  

4. Memperbanyak Kuantitas 

Sudah bukan rahasia umum jika proses pembuatan konten sangatlah panjang, mulai dari pengembangan ide, eksekusi, sampai penyuntingan video alias gambar. Berkat support AI, proses ini bisa melangkah lebih cepat. Sehingga jumlah konten nan diproduksi juga bisa meningkat.  

5. Mempercepat Proses Produksi 

AI bisa mempercepat proses produksi dengan mengotomasi beberapa tugas nan biasanya memerlukan waktu nan lama jika dilakukan secara manual. Alhasil, siklus produksi konten bakal melangkah lebih sigap andaikan dibandingkan dengan tanpa support AI sama sekali.

Apakah AI Akan Menggantikan Manusia dalam Pembuatan Konten?

Melihat kelebihan dan maraknya penggunaan AI di masa kini, banyak orang nan bertanya-tanya mengenai akibat AI terhadap manusia. Apakah AI dapat menggantikan posisi manusia di kemudian hari?  

Jawabannya adalah tidak. Untuk sejauh ini, sistem algoritma dan wawasan nan dimiliki AI sebenarnya tetap sangat terbatas. Tak heran jika banyak hasil info dan info nan dihasilkan bisa saja memuat misinformasi alias bias. 

Anda wajib mengevaluasi secara kritis sumber dan melengkapi konten nan dihasilkan AI dengan expertise nan Anda miliki. Bagaimana pun juga, pada akhirnya peran manusia tetap untuk menganalisis apakah info dan info nan ditampilkan memang betul sesuai alias tidak. 

Di samping itu, dalam beberapa jenis kasus, gambar alias image nan diproduksi dengan support AI terkadang mempunyai proporsi nan kurang baik. AI kurang bisa memberikan sentuhan seni nan autentik pada visual nan dihasilkannya. Maka, lagi-lagi peranan manusia tetap sangatlah dibutuhkan. 

5 Contoh AI Tools untuk Pembuatan Konten Media Sosial 

Ada banyak macam platform nan menyediakan AI untuk membantu pekerjaan Anda, berikut contoh-contohnya nan paling umum:

1. ChatGPT

Contoh nan pertama datang dari ChatGPT nan dikembangkan oleh OpenAI. ChatGPT dilatih menggunakan teknik nan disebut “deep learning” untuk memahami dan menghasilkan teks nan mirip dengan langkah manusia berkomunikasi. ChatGPT dapat menjawab pertanyaan, menulis teks dan menghasilkan info nan relevan dan kontekstual dalam corak percakapan.

2. Hemingway Editor

Hemingway Editor dirancang untuk membantu meningkatkan kualitas teks. Alat nan satu ini sangat berfaedah untuk Anda nan mau membikin tulisan nan lebih engaging di mata audiens. Hemingway Editor dapat digunakan secara online lewat website alias melalui jenis desktop.

3. MarketMuse

Selanjutnya, ada MarketMuse nan merupakan platform dengan kegunaan utama mengoptimalkan konten untuk search engine. MarketMuse memberikan kajian mendalam tentang topik dan kata kunci sampai membantu pembuatan strategi agar konten Anda bisa bersaing dalam hasil pencarian. 

4. Jasper.ai

Jasper.ai adalah platform berbasis kepintaran buatan nan dirancang untuk membantu dalam pembuatan konten. Kemampuan paling unggul dari Jasper.ai ialah menghasilkan teks nan berbobot tinggi dan SEO-friendly dalam beragam format. 

5. Descript

Descript mempunyai fitur editing video dengan tampilan nan sangat mudah dipahami. mengedit file media mereka seolah-olah mereka sedang mengedit teks dalam dokumen. Anda dapat menjalankan transkripsi otomatis, edit text sekali klik, dan dubbing suara.  

Kesimpulan 

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kehadiran AI dalam ranah digital marketing, khususnya pembuatan konten sangat berfaedah untuk pengembangan buahpikiran sampai eksekusinya. Meski begitu, manusia tetap dibutuhkan ketika hendak menjalankan AI. 

Meson Digital siap membantu Anda untuk menjalankan strategi digital marketing terbaik. Dengan tim expert dan tools nan dimiliki oleh Meson Digital, kami siap membantu Anda lewat jasa social media. Hubungi kami untuk berkonsultasi lebih lanjut.  

Selengkapnya
Sumber Digital Marketing Agency
Digital Marketing Agency