Perayaan Hari Raya Idul Fitri Di Kota Tomsk, Rusia

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Kincaimedia– Makna Idul Fitri di Rusia merujuk pada tradisi dan seremoni Idul Fitri nan berbeda di negara tersebut. Idul Fitri adalah hari krusial dalam Islam nan merupakan akhir dari bulan Ramadhan, bulan panjang puasa.

Di Rusia, sebagai negara nan mempunyai populasi Muslim nan signifikan, seremoni ini juga diadakan dengan kegembiraan. Namun, seremoni Idul Fitri di Rusia mungkin berbeda dari seremoni di negara-negara lain lantaran konteks budaya dan sejarah nan unik.

Tomsk, nan merupakan salah satu kota terbesar di Siberia, mempunyai karakter nan signifikan dalam konteks keberadaannya sebagai pusat Islam di Rusia. Kota ini mempunyai sejarah panjang dalam budaya dan sejarah Islam, nan mencerminkan perpaduan antara tradisi lokal dan agama.

Tomsk menunjukkan gimana Islam dapat menjadi bagian integral dari kehidupan sosial, budaya, dan sejarah di suatu kota. Kota ini mencerminkan gimana Islam dapat beradaptasi dan berkembang dalam beragam konteks budaya, menciptakan karakter nan unik dalam kehidupan keagamaan di Rusia.

Rabu, 10 April 2024 telah berjalan Kegiatan  Ibadah dan  Sholat Idul Fitri 1445 H di Kota Tomsk, Rusia dengan pada Pukul 07.30-09.15 WITA di Halaman Masjid Putih, kota Tomsk, Rusia.

Foto Kegiatan Mahasiswa Indonesia setelah melaksanakan Ibadah Sholat Idul Fitri dan saling maaf-memaafkan. Rabu, 10 April 2024 di depan Masjid Putih Kota Tomsk.

Pesan dan hikmah krusial dari Idul Fitri 1445 H mencakup beragam aspek, termasuk penghormatan terhadap keberagaman, kebersamaan, dan kebaikan.  Dalam sebuah hadits nan diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَامَ لَيْلَتَي الْعِيدَيْنِ مُحْتَسِبًا لِللَّهِ لَمْ يَمْتَ قَلْبُهُ يَوْمَ تَمُوتُ الْقُلُوبُ

Artinya: “Barangsiapa menghidupkan dua malam hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha) tulus lantaran Allah maka hatinya tidak bakal meninggal pada hari banyak hati nan mati.” (HR. Ibnu Majah)

Berikut adalah beberapa pesan krusial nan sering diangkat dari seremoni Idul Fitri:

  • Penghormatan terhadap Allah

Idul Fitri adalah waktu untuk merenung dan menghormati kebesaran Allah. Ini mencakup penghormatan terhadap keajaiban dan kebesaran Allah dalam memberikan kemenangan atas kesulitan dan menyediakan kebahagiaan dan kesejahteraan. (“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Tiada tuhan selain Allah.  Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Segala puji bagi-Nya.” “Allah Maha Besar, Segala puji nan banyak bagi Allah, Maha suci Allah pagi dan sore.”)

  • Penghormatan terhadap Keberagaman 

Idul Fitri mengingatkan kita tentang pentingnya menghormati keberagaman dalam kehidupan. Dalam konteks agama, ini mencakup penghormatan terhadap beragam tradisi dan kepercayaan nan ada di dunia. Surah al-Hujurat [49]: 13, nan isinya adalah sebagai berikut,

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Artinya; Wahai manusia! Sesungguhnya kami telah menciptakan kalian menjadi laki-laki dan perempuan, dan (dengan menciptakan manusia berpasangan) kami telah jadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kalian saling mengenal. Sesungguhnya nan paling bertakwa diantara kalian di sisi Allah adalah nan paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui, Maha Teliti.

  • Kebersamaan 

Hari ini mengingatkan kita tentang pentingnya kebersamaan dan kekeluargaan. Setelah bulan panjang puasa, Idul Fitri adalah waktu untuk berkumpul dengan family dan teman-teman, berbagi kebahagiaan, dan merayakan kemenangan atas kesulitan. Ayat Al Quran surat Ali Imran Ayat 103

واَعْتصِمُواْ بِحَبْلِ الله جَمِيْعًا وَلاَ تَفَـرَّقوُا وَاذْ كـُرُو نِعْمَتَ الله عَلَيْكُمْ إٍذْكُنْتُمْ أَعْـدَاءً  فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلـُوبِكُمْ  فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَاناً وَكُنْتُمْ عَلىَ شَفاَ خُـفْرَةٍ  مِنَ النَّاِر فَأَنْقـَدَكُمْ مِنْهَا كَذَالِكَ يُبَبِّنُ اللهُ لَكُمْ اَيَاتِهِ لَعَلـَّكُمْ تَهْـتَدُون – ال عـمران 

Artinya : “Dan berpegang teguhlah Anda sekalian dengan tali Allah dan janganlah Anda sekalian berpecah belah, dan ingatlah nikmat Allah atas Anda semua ketika Anda bermusuh-musuhan maka Dia (Allah) menjinakkan antara hati-hati Anda maka Anda menjadi berkerabat sedangkan Anda di atas tepi lembah api neraka, maka Allah mendamaikan antara hati kamu. Demikianlah Allah menjelaskan ayat ayatnya agar Anda mendapat petunjuk” (Q.S. Al Imran ayat 103)

  • Kebaikan 

Idul Fitri juga mengingatkan kita tentang pentingnya kebaikan dan kebaikan sholeh. Setelah menyelesaikan puasa, orang-orang diarahkan untuk melakukan kebaikan sholeh, nan merupakan corak kebaikan nan diharapkan dapat membawa kebahagiaan dan kesejahteraan bagi diri mereka sendiri dan orang lain.

فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ

Artinya: “Barangsiapa nan mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia bakal memandang (balasan)nya. Dan barangsiapa nan mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia bakal memandang (balasan)nya pula.” (QS Al Zalzalah : 7-8)

  • Penghormatan terhadap Orang Lain 

Hari ini mengingatkan kita untuk selalu menghormati orang lain, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam perayaan. Ini mencakup penghormatan terhadap orang nan lebih miskin, orang nan memerlukan bantuan, dan orang nan telah menunjukkan kasih sayang kepada kita.

لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يُجِلَّ كَبِيْرَنَا وَيَرْحَمْ صَغِيْرَنَا

Artinya; “Bukan termasuk golongan kami orang nan tidak menghormati nan tua dan tidak menyayangi nan muda dari kami.”

  • Pengingat tentang Kesucian

Setelah bulan panjang puasa, Idul Fitri juga mengingatkan kita tentang pentingnya kesucian dan kebersihan, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam perayaan. Al Quran Surat Asy-Syams ayat 9-10:

قَدْ اَفْلَحَ مَنْ زَكّٰىهَاۖ وَقَدْ خَابَ مَنْ دَسّٰىهَاۗ

Artinya; “Sungguh beruntung orang nan menyucikannya (jiwa itu), dan sungguh rugi orang nan mengotorinya”.

Marilah kita manfaatkan momen Idul Fitri 1445 H ini dengan penuh makna. Menggemakan takbir, zikir, melestarikan pesan dari bulan suci Ramadhan 1445 H dan doa, serta mempererat tali silaturahmi dengan family dan sahabat. Semoga momen ini menjadi momen nan berbobot spesial, penuh berkah dan pembebasan serta pahala dari Allah SWT. (*)

Selengkapnya
Sumber Bincang Syariah
Bincang Syariah