Pesan Allah Buat Para Istri Terkait Suami

Sedang Trending 6 hari yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA — Kaum wanita nan sudah menjadi istri mempunyai tanggungjawab terhadap suaminya. Tidak main-main, perihal itu dijelaskan langsung dalam sejumlah dalil Alquran dan hadis. Berikut ini adalah beberapa poin nan di dalamnya terdapat dalil tanggungjawab istri.

1. Taat kepada suami

Wajib hukumnya bagi istri menaati apa nan diperintahkan suaminya. Tentu saja perintah, arahan, dan pengarahan si suami haruslah berupa kebaikan, nan sesuai dengan tradisi dan kearifan Islam. Hal tersebut dijelaskan dalam Surah An-Nisa ayat 34 sebagai berikut:

اَلرِّجَالُ قَوّٰمُوْنَ عَلَى النِّسَآءِ بِمَا فَضَّلَ اللّٰهُ بَعْضَهُمْ عَلٰى بَعْضٍ وَّ بِمَاۤ اَنْفَقُوْا مِنْ اَمْوَالِهِمْؕ-فَالصّٰلِحٰتُ قٰنِتٰتٌ حٰفِظٰتٌ لِّلْغَییْبِ بِمَا حَفِظَ اللّٰهُؕ-وَ الّٰتِیْ تَخَافُوْنَ نُشُوْزَهُنَّ فَعِظُوْهُنَّ وَ اهْجُرُوْهُنَّ فِی الْمَضَاجِعِ وَ اضْرِبُوْهُنَّۚ-فَاِنْ اَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوْا عَلَیْهِنَّ سَبِیْلًاؕ-اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلِیًّا كَبِیْرًا

Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh lantaran Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian nan lain (wanita), dan lantaran mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari kekayaan mereka. Sebab itu maka wanita nan salehah adalah nan alim kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh lantaran Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita nan Anda khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah Anda mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Menurut Ibnu Abbas dalam tafsir Ibnu Katsir, nan dimaksud dari اَلرِّجَالُ قَوّٰمُوْنَ عَلَى النِّسَآءِ adalah kaum laki-laki merupakan pemimpin bagi kaum wanita. Artinya dalam rumah tangga seorang suami adalah kepala rumah tangga nan kudu didengar dan ditaati perintahnya

Menurut Ibnu Abbas maksud kata قٰنِتٰتٌ adalah para istri nan alim kepada suami. Artinya wanita sholeh itu salah satu tandanya adalah alim kepada suami selama perintahnya tidak menyelisihi Allah dan Rasulnya.

2. Mengikuti tempat tinggal suami

Setelah menikah, suami dan istri bakal membangun mahligai rumah tangga. Mereka biasanya bakal berupaya mempunyai tempat tinggal. Dalam perihal ini seorang istri kudu mengikuti dimana suami bertempat tinggal, entah itu di rumah orang tuanya alias di wilayah nan menjadi area kerjanya.

Karena...Lihat laman berikutnya >>>

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam