Pulau Kanawa: Surga Tersembunyi Di Ntt Dengan Keindahan Alam Luar Biasa

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Haii, Grameds! Siapa nan hobinya menjelajahi keelokan alam Indonesia kaya Gramin? Indonesia nan terbentang dari Sabang sampai Merauke menyimpan sejuta keelokan alam nan mungkin belum pernah Anda tahu sebelumnya, termasuk pulau elok satu ini! Yap, pulau Kanawa! Pulau nan terletak di Nusa Tenggara Timur ini menawarkan keelokan alam nan begitu menakjubkan. Penasaran nggak sih secantik apa? Yuk kita jelajahi bersama!

Sejarah Singkat Pulau Kanawa

Grameds, sebelum mengetahui keelokan alam pulau satu ini, kita telaah sejarahnya secara singkat yuk! Penamaan pulau ‘Kanawa’ dipercaya berasal dari nama sebuah tumbuhan nan dulu banyak tumbuh di pulau ini. Tumbuhan ini mempunyai karakter unik dan menjadi salah satu kekayaan tanaman lokal. Selain itu, ada juga cerita rakyat setempat nan mengaitkan nama Kanawa dengan legenda alias mitos nan berkembang di kalangan masyarakat sekitar. Bukti historis nan mendukung asal usul nama ini tetap terbatas dan lebih banyak diwariskan melalui cerita turun-temurun.

Pulau Kanawa awalnya tidak begitu dikenal luas dan hanya menjadi tempat persinggahan bagi nelayan lokal. Seiring berjalannya waktu, keelokan alamnya mulai menarik perhatian wisatawan, baik domestik maupun internasional. Pada awal tahun 2000-an, pulau ini mulai dikembangkan sebagai destinasi wisata. Beberapa penanammodal dan pengelola lokal memandang potensi besar dari pulau Kanawa dan mulai membangun prasarana dasar seperti penginapan, restoran, dan akomodasi wisata lainnya. Pengembangan ini dilakukan dengan tetap mempertahankan keaslian dan kelestarian alam pulau, sehingga visitor dapat menikmati keelokan alam nan tetap alami dan terjaga.

Saat ini, pulau Kanawa telah menjadi salah satu destinasi unggulan di Nusa Tenggara Timur, menawarkan pengalaman wisata nan unik dan tak terlupakan. Perkembangan ini juga memberikan akibat positif bagi ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Keindahan Alam Pulau Kanawa

sumber: inspiretravel

Dari sekian banyaknya keelokan alam nan dapat kita nikmati jika berjamu ke pulau Kanawa, tiga keelokan alam ini nan menjadi destinasi wajib Anda nan tidak boleh dilewati. Berikut tiga keelokan alam pulau Kanawa nan wajib Anda coba:

1.     Pantai dan Laut

Pulau Kanawa terkenal dengan pantainya nan berpasir putih bersih dan air laut nan bening dengan nuansa warna biru nan memesona. Pantai-pantai di pulau ini sangat ideal untuk berjemur, bermain pasir, alias sekadar bersantai menikmati pemandangan laut. Air laut nan tenang dan bening memungkinkan visitor untuk memandang langsung kehidupan bawah laut apalagi tanpa kudu menyelam.

Di sekitar pantai, terdapat banyak spot snorkeling nan menawarkan pemandangan terumbu karang nan tetap sangat terjaga. Terumbu karang di perairan sekitar pulau Kanawa penuh dengan beragam jenis ikan berwarna-warni, bintang laut, dan organisme laut lainnya nan menjadikannya surga bagi para penyelam dan fans snorkeling.

2.     Flora dan Fauna

Pulau Kanawa tidak hanya menawarkan keelokan bawah laut, tetapi juga kekayaan tanaman dan hewan di darat. Vegetasi di pulau ini didominasi oleh pohon kelapa, bakau, dan beberapa jenis tumbuhan tropis lainnya nan memberikan kesan eksotis dan alami. Beberapa area juga ditumbuhi oleh semak belukar dan padang rumput nan menjadi kediaman bagi beragam satwa.

Pulau ini juga merupakan rumah bagi beberapa jenis burung laut dan hewan mini lainnya. Pengunjung sering kali dapat memandang burung-burung berkicau di pagi hari alias saat senja, menambah suasana alami dan tenteram di pulau ini. Di beberapa bagian pulau, terutama nan lebih jarang dijamah oleh manusia, kadang-kadang dapat ditemukan biawak alias reptil mini lainnya.

3.     Kehidupan Bawah Laut

Salah satu daya tarik utama pulau Kanawa adalah keelokan terumbu karangnya. Terumbu karang di sekitar pulau ini tetap sangat sehat dan menjadi rumah bagi ratusan jenis ikan dan organisme laut lainnya. Wisatawan nan menyelam alias snorkeling di perairan pulau Kanawa sering kali berjumpa dengan ikan badut, ikan pari, penyu, dan apalagi kadang-kadang hiu karang nan tidak berbahaya.

Keanekaragaman hayati di bawah laut pulau Kanawa membuatnya menjadi destinasi favorit bagi para penyelam dari beragam bagian dunia. Penyelaman di sini tidak hanya menawarkan pemandangan nan menakjubkan, tetapi juga pengalaman belajar tentang ekosistem laut nan kaya dan beragam.

Dengan kombinasi pantai nan indah, tanaman dan hewan nan beragam, serta kehidupan bawah laut nan memesona, pulau Kanawa betul-betul menjadi lokasi wisata nan menawarkan pengalaman alam nan komplit dan tak terlupakan.

Aktivitas Wisata di Pulau Kanawa

sumber: Bali Star Island

Pulau Kanawa menawarkan beragam aktivitas wisata nan dapat menjadi core memories Anda loh Grameds! Berikut beberapa aktivitas wisata nan dapat Anda lakukan di Pulau Kanawa:

1.     Snorkeling

Pulau Kanawa dikenal sebagai surga bagi para fans snorkeling. Air laut nan bening memungkinkan para visitor menikmati keelokan terumbu karang dan kehidupan laut nan beraneka ragam. Beberapa spot snorkeling terbaik di sekitar pulau ini menawarkan pemandangan terumbu karang nan tetap sangat sehat dan dihuni oleh beragam jenis ikan tropis berwarna-warni, penyu, dan apalagi ikan pari.

2.     Diving

Bagi para penyelam, pulau Kanawa menawarkan pengalaman diving nan luar biasa. Ada beberapa letak penyelaman nan terkenal di sekitar pulau ini, masing-masing dengan karakter dan keelokan tersendiri. Beberapa spot terkenal termasuk Kanawa Wall nan merupakan tembok karang dengan keanekaragaman hayati nan luar biasa dan Manta Point, tempat di mana penyelam dapat berenang berbareng ikan pari manta. Diving di pulau Kanawa juga kondusif bagi penyelam pemula maupun nan sudah berpengalaman, lantaran terdapat pemandu lokal nan berpengalaman.

3.     Hiking dan Trekking

Pulau Kanawa tidak hanya menawarkan wisata bawah lautnya, aktivitas seperti hiking dan trekking juga dapat dilakukan di pulau ini. Pulau ini mempunyai beberapa jalur nan membawa visitor ke puncak bukit, di mana mereka dapat menikmati pemandangan nan menakjubkan dari atas pulau. Pendakian ini biasanya tidak terlalu susah dan dapat diselesaikan dalam waktu singkat, namun menawarkan bingkisan pemandangan pemandangan laut dan pulau-pulau sekitarnya nan sangat indah.

4.     Menikmati Sunset

Menikmati sunset di Pulau Kanawa adalah pengalaman nan tidak boleh dilewatkan. Pemandangan mentari terbenam dari pantai alias puncak bukit sangat memukau dan memberikan momen nan sempurna untuk bersantai setelah seharian beraktivitas.

5.     Berjemur di Tepi Pantai

Aktivitas terakhir nan mungkin Grameds tidak boleh lewatkan adalah berjemur dan menikmati keelokan pantai nan begitu memesona. Berjemur di tepi pantai pulau ini begitu menyenangkan lantaran terdapat banyak spot nan memanjakan mata.

Dengan beragam pilihan aktivitas nan ditawarkan pulau Kanawa, Anda dipastikan merasakan pengalaman wisata nan menyenangkan dan tak pernah terlupakan.

Cara Menuju Pulau Kanawa

sumber: Hello Flores

Grameds nan mau mencoba mengunjungi pulau elok satu ini, Anda bisa ikuti langkah nan Gramin kasih ya! Berikut langkah menuju ke pulau Kanawa:

1.     Penerbangan ke Labuan Bajo

Langkah pertama nan Anda kudu lakukan adalah mengambil penerbangan domestik ke Labuan Bajo dari beberapa kota besar nan ada di Indonesia, seperti Jakarta, Bali, dan kota besar lainnya untuk menuju Bandara Komodo nan ada di Labuan Bajo.

2.     Menuju Pelabuhan Bajo

Setelah Anda tiba di Bandara Komodo, Anda bisa menggunakan taksi alias ojek lokal nan tersedia untuk menuju ke pelabuhan tersebut. Estimasi perjalanan ini memerlukan waktu sekitar 15 menit.

3.     Transportasi Laut ke Pulau Kanawa

Dari pelabuhan, Anda dapat melanjutkan perjalanan Anda menuju pulau Kanawa dengan menyewa perahu alias menggunakan jasa boat trip nan ditawarkan oleh pemasok perjalanan nan terdapat di sana. Perjalanan laut ini menyantap waktu hingga 1 jam separuh tergantung kondisi cuaca dan perjalanan nan digunakan.

Setelah tiba di pulau Kanawa, transportasi nan tersedia di dalam pulau sangat terbatas lantaran pulau Kanawa sendiri sangat kecil. Kamu dapat melangkah kaki untuk menjelajah sembari menikmati pesona keelokan nan ditawarkan pulau Kanawa.

Tips Perjalanan Saat Ingin Berkunjung ke Pulau Kanawa

Oh ya Grameds, Anda perlu perhatikan perihal ini agar liburanmu melangkah dengan baik dan menyenangkan ya! Berikut beberapa tips perjalanan saat mau berjamu ke Pulau Kanawa:

1.     Persiapkan Akomodasi

Pastikan Grameds memesan penerbangan dan penginapan jauh-jauh hari ya! Terutama jika Anda pergi pada musim liburan. Banyak visitor nan mengunjungi Labuan Bajo dan pulau Kanawa ini, sehingga krusial untuk menghindari tidak kebagian tempat.

2.     Membawa Perlengkapan nan Dibutuhkan

Pulau Kanawa merupakan pulau nan mini dengan akomodasi nan terbatas, sangat disarankan untuk membawa perlengkapan pribadi nan cukup seperti obat-obatan, sunblock, busana renang, dan makanan ringan.

3.     Perhatikan Cuaca

Sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke pulau Kanawa dari Labuan Bajo, Anda perlu pastikan kondisi cuaca nan baik untuk memastikan perjalanan laut nan kondusif dan nyaman. Hindari musim hujan agar perjalanan Anda lebih menyenangkan.

4.     Pastikan Budget Cukup Selama Liburan

Tips terakhir nan tidak boleh dilewatkan adalah pastikan budget Anda cukup ya Grameds! Perjalanan dari kota besar hingga sampai ke pulau Kanawa saja perlu merogoh kocek nan lumayan dalam, terlebih jika ditambah dengan akomodasi dan oleh-oleh nan mau Anda beli untuk orang di rumah.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menikmati perjalanan ke pulau Kanawa dengan nyaman dan menyenangkan. Kamu juga dapat memaksimalkan waktu liburanmu di surga tropis nan bagus ini.

Penutup

Keindahan alam pulau Kanawa nan memukau dan beragam aktivitas menarik nan ditawarkan, pulau ini menjadi lokasi wisata nan sempurna untuk dikunjungi. Keindahan bawah lautnya nan memukau, pantai pasir putihnya nan menawan, dan suasana tenangnya menjadikan pulau ini tempat nan sempurna untuk Grameds nan mau bersantai dan menikmati keelokan alam nan begitu memesona. Jangan ragu untuk explore lebih jauh keelokan alam Indonesia ya Grameds! Semoga tulisan ini dapat membantu kamu. Sampai jumpa!

Gramin juga sudah menyiapkan buku-buku mengenai di bawah ini, lho. Yuk langsung saja dapatkan bukunya hanya di Gramedia.com! Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan info dan produk terbaik untuk kamu.

Penulis: Hafizh

Rekomendasi Buku

NTT Hidden Paradise: Kupang, Soe, Rote, Alor

 Kupang, Soe, Rote, Alor

button cek gramedia com

Banyak traveler nan belum menyadari keelokan alam Indonesia, khususnya Indonesia bagian timur. Minimnya info menghalang para traveler untuk mencoba mengunjungi wilayah Indonesia Timur. Buku pedoman ini bermaksud untuk memperkenalkan keelokan alam dan budaya di Indonesia Timur khususnya di wilayah Kupang, Soe, Rote, dan Alor. Buku pedoman ini juga bakal memberi info nan diperlukan untuk berpetualang ke daerah-daerah tersebut. Informasi nan ada dalam kitab pedoman ini mencakup info antara lain mengenai transportasi, akomodasi, tempat wisata, tempat belanja, dan juga tip perjalanan. Mari tinggalkan sejenak rutinitas Anda dan gunakan kitab ini untuk berkenalan dengan keelokan alam dan kekayaan budaya di Kupang, Soe, Rote, dan Alor. Eksplorasi tempat-tempat tersebut dan recharge diri Anda.

Verge on Voyage Lombok Flores

 Lombok & Flores

button cek gramedia com

Nusa Tenggara Timur menyimpan banyak keelokan nan belum banyak diketahui orang. Nusa Tenggara Timur mungkin lebih berkawan di telinga kita dengan julukan Flores. Tahukah Anda kenapa disebut Flores? Dulu wilayah ini dipenuhi dengan kembang elok nan indah. Bangsa Portugis nan menjajah wilayah ini pun menyebutnya sebagai kota flower, dari situlah kata Flores muncul.Flores nan merupakan kepulauan mempunyai keelokan alam nan tetap tersembunyi. Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat Merupakan salah satu pulau nan mempunyai ragam wisata terkhusus dengan kekayaan alamnya nan mengagumkan, mulai dari wisata ekstrim seperti wisata Gunung Rinjani, hingga wisata legal nan terkenal religi seperti wisata masjid Islamic Center. Alasan utama kenapa kudu ke Lombok adalah pantai di Lombok nan alami dan cantik. Lombok adalah surga pantai di Indonesia, apalagi bumi dan sering dikunjungi visitor mancanegara. Pantainya unik tropis dengan pasir putih, air laut berwarna biru tosca gradasi, dan jernih. Verge on berfaedah “di ambang” alias “hampir” dan voyage berfaedah “berlayar” dan “travel by water”. Lombok dan Flores merupakan pulau nan letaknya saling berdekatan dan tidak jauh (ditengahi oleh pulau Sumbawa Besar). Lombok dan Flores dapat dinikmati berseberangan dan dapat diseberangi dengan mudah. Pengalaman menjelajahi Lombok dan Flores dengan beragam cerita dan tip serta foto-foto menakjubkan dalam kitab ini nan bakal membikin Anda tak sabar untuk melakukan perjalanan serupa di Lombok dan Flores.

Kepariwisataan NTT Menuju Kelas Dunia

Kepariwisataan NTT Menuju Kelas Dunia

button cek gramedia com

Nusa Tenggara Timur tentu layak tampil menjadi destinasi dunia di kepariwisataan lantaran mempunyai sumber daya alam dan nilai luhur warisarik budaya nan begitu beragam. Dengan semua kelebihan itu, a patut sekali lagi bertanya: mau dibawa kemana kepariwisataan NTT? kepariwisataan berkepanjangan nan berpihak pada masyarakat di kebutuhan agar ekonomi bertumbuh, lingkungan lestari, dan budaya loka senantiasa hidup. Beragam tantangan mewarnai perjalanan membawa NTT menjadi destinasi kelas dunia. Dr. H. Sapta Nirwandar, S.E , DESS. dan Dr. Frans Teguh, M.A. menjawab tantangan-tantangan tersebut dengan membedah langkah-langkah strategis dalam mengelola potensi pariwisata, mengembangkan kualitas sumber daya manusia, memasarkan dengan efektif, sekaligus beradaptasi di era normal baru.

ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog